Alamat
Bandar Baru, Kec. Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20354
Harga
Rp 25.000
Jam Buka
24 Jam

Sempat tutup, kini air terjun dwi warna kembali jadi wisata alam primadona di Deli Serdang, Sumatera Utara. Keindahan alamnya begitu sempurna buat menjernihkan pikiran.

Kalau kamu ke Medan, mampir ke destinasi wisata ini harus dijadwalkan. Biar liburanmu benar-benar fresh dan dapat energi baru.

Kami akan mengulas detail lokasi wisatanya dalam artikel ini. Jadi, selamat menyimak.

Kisah dan kejadian air terjun dua warna

Untuk sampai ke destinasi wisata di Medan ini memang butuh perjuangan. Lokasinya berada di tengah hutan dengan trekking yang menantang.

Tempat wisata ini sempat mengalami longsor saat ada banjir bandang di area Sumatera Utara. Banjir ini mengakibatkan beberapa orang hilang dan meninggal. Jumlahnya bahkan mencapai puluhan orang.

Karena kejadian tersebut, air terjun di Medan ini sempat ditutup hingga akhirnya sekarang dibuka kembali untuk umum dengan pengawasan yang cukup ketat.

Air Terjun Dwi Warna Setelah Longsor via googlemaps
Air Terjun Dwi Warna Setelah Longsor via googlemaps

Keindahan air terjun dua warna

Obyek wisata ini memiliki keindahan yang sangat memesona. Letaknya di ketinggian di atas 1.200 meter di atas permukaan laut. Hal ini membuat hawa di sekitar lokasi sangat sejuk.

Air terjunnya memiliki ketinggian total sekitar seratus meter dengan pesona yang luar biasa. Apa saja?

Dua warna air yang indah

Sesuai dengan namanya, obyek wisata di Medan ini memiliki dua warna yang berbeda. Air biru muda di bagian yang jatuh dan putih keabuan di penampungan yang ada di bawahnya.

Suhu kedua air ini berbeda, air yang jatuh memiliki suhu yang dingin. Sementara di bagian bawahnya suhunya hangat dan menenangkan.

Kehangatan dan warna air yang berbeda ini disebabkan oleh kandungan fosfor dan belerang alami di lokasi yang cukup banyak.

Karena kandungan ini, para pengunjung tidak disarankan untuk meminum airnya. Sekedar bermain air boleh-boleh saja. Bahkan bebas. Tapi untuk minum, dilarang. Air terjunnya berjumlah 3 dengan keindahan yang fenomenal.

Air Terjun Dwi Warna Sebelum Longsor via instagram @tyler.arnestad
Sebelum Longsor via instagram @tyler.arnestad

Keamanan yang harus diutamakan oleh pengunjung

Karena sempat ada kejadian yang merugikan dan tragis, kini pengunjung diharapkan berhati-hati saat hendak berlibur ke sini.

Bila datang ke lokasi, kamu disarankan menyewa dan mengikuti petunjuk para guide. Tujuannya adalah agar keamanannya bisa terjamin.

Bila tidak membawa guide, maka dikhawatirkan akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan karena trekking di lokasi memang sangat sulit.

Untuk menyewa guide, biaya yang perlu dikeluarkan adalah sekitar 100 sampai 300-an ribu rupiah.

Fasilitas yang ada di lokasi

Hal yang harus kamu tahu adalah tempat wisata ini mengedepankan unsur kealamian. Jadi, kalau kamu mencari fasilitas seperti warung, gazebo, toilet, atau yang lain, memang belum tersedia banyak di lokasi.

Adanya justru di lokasi terdekat (di sekitarnya). Jadi, tidak benar-benar pas di lokasi wisatanya.

Maka dari itu, bila berkunjung kamu sebaiknya membawa makanan dan minuman agar tidak kelaparan di lokasi. Bekal ini juga penting saat kamu trekking.

Para pengunjung juga bebas bermalam di sini bila memang mau. Silakan bawa tenda, karpet, atau peralatan untuk bermalam. Tapi tetap utamakan keselamatan.

Bisa Camping di Air Terjun Dwi Warna via instagram @area_camp
Bisa Camping via instagram @area_camp

Harga tiket masuk air terjun dwi warna, alamat, dan jam buka

Harga tiket masuk di lokasi wisata ini adalah Rp 25.000,-. Biaya ini sudah termasuk harga retribusi perawatan area.

Alamatnya di Bancar Baru, kecamatan Sibolangit, kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Jam buka lokasinya adalah 24 jam sehingga cukup mudah mengatur jadwal ke sana.

Terakhir, yang terpenting sebelum ke sini kamu harus persiapkan fisik dan bahan makanan. Pastikan outfitmu nyaman sehingga tidak akan mengganggu selama perjalanan.

Featured Image via instagram @paramiswari

Peta Lokasi