Alamat
Kalibentak, Panggungrejo, Blitar, Jawa Timur 66174
Harga
Gratis
Jam Buka
24 Jam

Air terjun Grenjeng Blitar cukup tersembunyi dan menantang untuk dikunjungi. Destinasi wisata ini sangat sunyi dengan pesona alam tak terbantahkan.

Kalau mau ke sini, pengunjung harus melewati perkebunan dan perumahan warga. Kamu juga harus berjalan kaki sekian ratus meter karena lokasinya yang tidak bisa dijangkau langsung dengan kendaraan. Baik roda dua maupun roda empat.

Jadi, siapkan outfit-mu dan simak ulasan ini sebelum berangkat!

Berwisata di air terjun Grenjeng

Begitu sampai di lokasi, kesan lembah yang alami dan sejuk begitu terasa. Betapa tidak, curug ini dikelilingi oleh bebatuan tinggi.

Dia mengalir langsung ke bebatuan di depannya. Menyibak bebatuan kecil dengan pesonanya yang magis. Menghasilkan pola aliran yang sangat keren.

Foto Bareng di Air Terjun Grenjeng via googlemaps
Foto Bareng di Air Terjun Grenjeng via googlemaps

Tempat wisata di Blitar ini memiliki daya tarik yang tidak bisa diabaikan, berikut ini di antaranya:

Ketinggian air terjun dan sumbernya

Air ini terjun dari ketinggian sekitar 20 meter. Cukup tinggi dan sangat deras saat musim hujan tiba. Hal ini karena sumber airnya bukanlah mata air murni. Jadi, biasanya malah meluap pada saat musim hujan.

Maka dari itu, para pengunjung diharap hati-hati pada saat berkunjung di musim hujan. Bahkan, ada yang melarang kunjungan saat musim hujan demi keamanan.

Di saat normal (bukan musim hujan), debit airnya tak terlalu besar tapi juga sekecil saat kemarau. Di bawahnya ada kolam alami yang kedalamannya sekitar 2 meter.

Biasanya, para pengunjung datang untuk sekedar bermain air di kolam alami atau duduk di bebatuan dekat aliran airnya untuk mengambil foto.

Air biru kehijauan yang indah

Tebing atau bebatuan yang kokoh ditumbuhi rumput dan dedaunan hijau. Begitulah pemandangan di sekitar air terjun yang bak di negeri dongeng.

Pantulan dari pemandangan ini membuat air jernih yang ada di bawahnya terlihat biru kehijauan. Sangat memanjakan mata dan hati saat dilihat dan dinikmati.

Semilir angin dan kesejukan udaranya membuat suasana kian syahdu dan romantis. Sangat menenangkan berada di sini.

Warna Air Terjun ini Khas via googlemaps
Warna Air Terjun ini Khas via googlemaps

Rute ke lokasi yang tersembunyi menjadi tantangan tersendiri

Sebagaimana diulas di atas, lokasi ini cukup tersembunyi. Namun begitu, tetap ada rute yang bisa kamu lewati.

Pertama, silakan lewat Balerejo. Arahkan kendaraan menuju Balerejo sampai di percabangan beringin. Ambil kiri menuju jalan yang sudah cor-coran.

Ikuti terus jalan, sesekali tanya pada penduduk sekitar mengenai jalan menuju lokasi agar tidak kesasar.

Kedua, kamu bisa lewat Blitar Panggungrejo. Arahkan kendaraan ke pasar Panggungrejo. Dari percabangan beringin di pasar tersebut, silakan lurus terus menuju pantai pehpulo.

Dari percabangan tersebut sekitar 500 meter kamu akan melihat papan penunjuk menuju lokasi. Belok kiri dan ikuti jalan cor-coran yang menurun dan lumayan bagus. Ikuti terus jalan dan parkir kendaraanmu saat kondisi jalan sudah tidak bisa dilewati.

Siapkan staminamu untuk berjalan kaki ke lokasi ya? Berhati-hatilah karena treknya memang tidak begitu bagus.

Fasilitas

Sampai kini fasilitasnya masih kurang memadai. Jadi kalau mau ke sini baiknya membawa bekal dan peralatan sendiri.

Selain itu, kamu juga harus pakai pakaian dan alas kaki yang sesuai karena untuk sampai di lokasi kamu perlu bertualang sejenak.

Jalan Air Terjun Grenjeng Blitar Masih Alami Guys via googlemaps
Jalan Air Terjun Grenjeng Blitar Masih Alami Guys via googlemaps

Harga tiket masuk air terjun Grenjeng blitar Jawa Timur

Untuk masuk ke lokasi, kamu tak perlu membayar tiket alias gratis.

Alamat

Tempat ini berada di Kalibentak, Panggungrejo, Blitar, Jawa Timur.

Lokasinya cukup dekat dengan pantai pehpulo yang ada di Blitar Selatan. Jadi saat membuat jadwal ke air terjun Grenjeng, kamu bisa sekalian bikin jadwal ke pantainya. Apalagi keduanya sama-sama masih belum banyak terjamah oleh wisatawan. Alami dan menenangkan.

Featured Image Tempat Wisata Air Terjun Grenjeng Blitar via instagram @denbaguznh