Air terjun kakek bodo selalu ramai pengunjung. Hawanya yang sejuk terasa merasuk sampai ke dalam relung. Hal ini tak lepas dari cerita mistis yang menyertainya.

Ya, selain keindahan alam, tempat wisata ini memang memiliki daya tarik tersendiri dari segi cerita. Meski ceritanya mistis, tapi ada hal positif yang bisa diambil hikmahnya. Jadi, di situlah daya magis itu berasal.

Bila kamu penasaran, yuk simak ulasan tentang tempat wisata di Pasuruan ini sama-sama!

Cerita mistis air terjun kakek bodo

Nama tempat wisata di pasuruan ini diambil dari kisah yang melatarbelakanginya. Apakah itu?

Menurut ceritanya, ada seorang kakek tua yang mengabdikan dirinya pada keluarga Belanda selama berpuluh-puluh tahun.

Pada suatu hari, saat usianya sudah semakin senja, sang kakek memutuskan untuk meninggalkan keluarga itu, meletakkan semua hal-hal berbau duniawi.

Sang kakek yang dikenal sangat jujur dan baik hati ini memilih bertapa. Beliau memilih air terjun yang letaknya ada di tengah hutan, di lereng Gunung Arjuno.

Setelah bertapa lama, sang kakek dikaruniai kekuatan yang digunakannya untuk membantu dan menolong orang. Warga setempat yang butuh pertolongan, ditolongnya dengan ikhlas.

Oleh keluarga Belanda yang ditinggalkan, beliau dipanggil Kakek Bodo (Kakek yang Bodoh) karena sudah meninggalkan mereka.

Sebutan inilah yang kemudian dipakai untuk menamai air terjun tempat sang Kakek Bertapa. Terlebih, sang kakek juga memutuskan bertapa terus di lokasi sampai ajal menjemput.

Berwisata di curug kakek bodo

Sebutan lain untuk destinasi wisata ini adalah curug kakek bodo. Saat berkunjung ke sini, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan hutan hijau dan suasana yang sejuk. Sebab memang lokasinya di lereng gunung.

Suasana sejuk ini bahkan akan kamu rasakan sebelum sampai di lokasi. Jadi, sepanjang perjalanan sudah amat terasa keasrian dan kealamiannya.

Mendaki sebentar

Untuk masuk ke lokasi, kamu harus mendaki sebentar. Menyusuri jalanan yang agak menanjak. Memang agak melelahkan, tapi karena jalanan tracking sudah bagus, hal ini tak akan terasa.

Apalagi bila sudah sampai di lokasi wisata. Selain rasa senang dan takjub, kamu juga akan merasakan haru.

Menyusuri Jalanan Menanjak Air Terjun Kakek Bodo
Menyusuri Jalanan Menanjak Air Terjun Kakek Bodo via instagram @maulidha22

Makam sang kakek

Sebelum masuk ke tempat wisata utama, yakni air terjun. Kamu akan disambut dengan bangunan tua berbentuk persegi dengan atap berbentuk limas. Inilah tempat peristirahatan terakhir dari kakek yang bertapa di lokasi tersebut.

Jarak makam dari curug hanya sekitar 100 meter. Namun perlu diketahui bahwa yang bisa masuk ke sini hanya orang khusus saja.

Makam sang kakek Bodo
Makam sang kakek Bodo via instagram @eyang_sambung_jagat

Mandi dan bermain air di kolam alami

Curug ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Sumber airnya adalah sungai kaligetik. Di bagian bawah air terjun terdapat kolam alami yang bisa digunakan untuk mandi dan bermain air bersama keluarga.

Kedalamannya dari 1 sampai 5 meter. Kalau mengajak anak, lebih baik cari yang dangkal agar lebih aman. Sambil main air, sesekali pengunjung bisa duduk di batuan cadas dan menikmati kesejukan udara di sana.

Mandi dan bermain air di kolam alami
Mandi dan bermain air di kolam alami via instagram @fachrizal_a

Kolam renang

Di sini juga sudah ada tambahan fasilitas kolam renang.

Kolam renang dan Taman bermain anak
Kolam renang dan Taman bermain anak via instagram @rumah_libob

Taman bermain anak

Bila mengajak anak, jangan lupa mampir ke taman anak. Kamu dan keluarga juga bisa berfoto di taman bunga yang sudah ditata dengan baik oleh pihak pengelola.

Fasilitas yang memadai

Untuk membuat pengunjung betah. Pihak pengelola sudah menghadirkan fasilitas yang memadai seperti musala, area parkir, toilet, tempat duduk, hingga warung makan.

Gambar Penunjuak Arah Fasilitas Air Terjun Kakek Bodo
Penunjuak Arah Fasilitas Air Terjun Kakek Bodo via instagram @aak_obedz

Harga tiket masuk air terjun kakek bodo, alamat, dan jam buka

Untuk warga setempat atau lokal, tiket masuknya adalah Rp 20.000,- per orang. Sementara untuk pengunjung dari luar daerah yang masih domestik bayarnya Rp 25.000,-. Parkir motor tarifnya Rp 5.000,- sekali parkir.

Tempat wisata ini buka dari jam 07.00 WIB sampai 15.30 WIB dan terletak di jalan Taman Wisata No. 541. Tepatnya di area sawah atau kebun, Prigen, Pasuruan. Kalau ke sini, baiknya pagi. Biar tidak antre.

Featured Image Air Terjun Kakek Bodo via instagram @wulandari_ayuu