Jawa Timur

Air Terjun Lawean

Pinterest LinkedIn Tumblr

Lokasi air terjun lawean Blitar memang agak tersembunyi, yakni berada di tengah hutan dan perkebunan kopi. Tapi itulah seninya, sambil menikmati keindahan alam, kamu bisa bertualang menyusuri rindangnya pepohonan dan menghirup udara yang sangat segar.

Rata-rata wisatawan yang datang berkunjung ke sini sependapat bahwa lokasi ini memiliki pemandangan yang eksotis. Pertama, view-nya masih sangat alami. Kedua, air terjunnya memiliki pesona dan memancarkan auranya sendiri.

Kalau kamu mau ke destinasi wisata Blitar ini, yuk kita kupas detail lokasinya dalam artikel berikut.

Buat foto petualangan menakjubkan via gmapsimage
Buat foto petualangan menakjubkan via gmapsimage

Daya tarik wisata air terjun lawean di Blitar

Nama destinasi wisata ini adalah Lawean. Oleh masyarakat kadang ditulis Laweyan mengikuti pengucapannya yang memang sekilas menggunakan huruf Y.

Seperti yang disinggung di awal, tempat wisata ini ada di tengah hutan perkebunan kopi dengan view yang luar biasa, berikut ulasannya:

Rute menuju lokasi air terjun Blitar dengan akses jalan menantang

Rute menuju lokasi wisata memang cukup terjal. Bahkan mungkin kamu akan merasakannya saat masih di atas kendaraan. Sebab jalan beraspal yang menuju lokasi sudah banyak yang terkikis air hujan hingga mengakibatkannya berlubang-lubang dan kurang mulus.

Turun dari kendaraan, kamu masih perlu berjalan kaki untuk sampai di titik utama dengan view niagara. Jalannya pun lumayan terjal jadi sebaiknya kamu memakai sepatu dan outfit yang sesuai.

Destinasi wisata di Blitar ini lokasinya dekat dengan perkebunan kopi Kawisari. Bahkan tak sedikit orang yang menyebutnya Air Terjun Kawisari.

Selama perjalanan, kamu bisa menikmati hijaunya daun dan rindangnya pohon-pohon. Rasakan kesegaran udara dan ketenangan suasananya. Sambil berjalan, kamu bisa mencari spot-spot terbaik untuk foto sebelum sampai di lokasi utama.

Pemandangan yang bikin takjub

Begitu sampai di titik utama lokasi wisata kamu akan dibuat takjub dengan pemandangan yang ada. Suara gemericik air yang menabrak bebatuan dan dedaunan hijau yang tertiup angin melambai-lambai. Semua kombinasi itu menciptakan rasa tenang dan nyaman.

Buang rasa stres, lupakan beban hidup sementara, dan menyatulah dengan alam. Jangan dulu berpikir untuk memotret. Cukup rasakan betapa indah alam ini.

Pemandangan Air Terjun Lawean Blitar via instagram @arii.aka
Pemandangan Air Terjun Lawean Blitar via instagram @arii.aka

Spot pelangi di waktu khusus

Puas dengan menikmati pemandangannya yang indah, kamu bisa mulai mencari spot untuk berfoto. Bila kamu datang di waktu yang tepat, air yang jatuh ke bawah itu biasanya akan membiaskan cahaya matahari.

Hasilnya, akan terlihat pelangi yang sangat indah dan tidak bisa dijumpai setiap waktu. Hanya di waktu-waktu khusus. Tentunya bila ini kamu alami, kameramu harus siap mengabadikannya.

Sering ada pelangi muncul via googlemaps
Sering ada pelangi muncul via googlemaps

Sumber air minum warga sekitar

Tak hanya jadi tempat wisata di Blitar yang cukup nge-trend. Air yang ada di sini juga jadi salah satu sumber air buat minum untuk warga sekitar. Maka dari itu, para pengunjung diharapkan untuk turut menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Fasilitas

Tempat ini masih belum banyak dirombak. Belum ada toilet dan warung juga masih di ada di area perkampungan. Jadi, bawalah makanan sendiri dan tetap berhati-hati.

Harga tiket masuk air terjun lawean, alamat, dan jam buka

Untuk masuk dan melihat langsung air terjunnya, para wisatawan tak perlu membayar sebab memang belum resmi dikelola.

Tempat ini buka selama 24 jam dan beralamat di Perkebunan Kawisari, Pht. Pijiombo, Semen, Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Silakan arahkan kendaraanmu langsung ke sana. Kamu bisa lewat dari pertigaan PT Green Fields menuju lokasi dengan melewati rumah warga. Jalannya mulai dari mulus, berlubang, hingga makadam. Jadi, persiapkan dirimu.

Silakan ikuti petunjuk berupa kayu bertuliskan arah menuju destinasi wisata. Kayunya kecil, jadi perlu teliti saat membaca.

Terakhir, selama di lokasi kamu disarankan untuk hati-hati dan menjaga diri. Juga tetap menjaga kearifan lokal dan sopan.

Featured Image Air Terjun Lawean Blitar via instagram @arlot_sanam

Peta Lokasi