Alamat
Negri Gugung, Kec. Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20357
Harga
Gratis
Jam Buka
24 Jam

Air terjun Sampuren Putih tawarkan keindahan 7 tingkat setinggi 150 meter. Lokasinya sangat tenang dan cocok buat refreshing.

Bila mau ke sini, kamu harus menyiapkan fisik dengan baik dan perbekalan yang cukup. Sebab jalannya berliku, penuh bebatuan, dan curam. Bila ingin mencari lokasi yang adventuring, destinasi wisata di Medan akan memberikannya.

Mau tahu lebih jauh mengenai tempat wisata di Medan ini? Simak ulasannya sampai selesai.

Misteri air terjun sampuren putih

Sebelum berangkat ke lokasi, kamu harus tahu dulu soal kisah tragis sekaligus misteri yang membalut keindahan lokasinya.

Ialah tentang kisah kakak beradik yang sama-sama menyukai satu gadis. Sang kakak yang iri terhadap adiknya mengajak sang adik mendaki gunung. Begitu sampai di bagian atas gunung, ia meminta adiknya untuk turun menggunakan tali.

Belum sampai di bagian terbawah, kakaknya memutus tali tersebut dari atas hingga adiknya jatuh dan meninggal.

Bekas posisi jatuhnya sang adik inilah yang kemudian membentuk 7 tingkatan curug yang mengalirkan air dengan ketinggian total 150 meter.

Selain legenda tersebut, dalam dunia nyata, air terjun ini memang sudah menelan banyak korban. Banyak sekali kabar orang hilang di sini saat mereka nekat mandi atau bermain air di dekat tempat jatuhnya air.

Hal ini karena arus airnya memang sangat deras dan kolamnya juga dalam. Maka dari itu, para wisatawan yang datang ke sini diharapkan berhati-hati. Sebaiknya tidak bermain air atau hanya main di pinggir muara saja.

Daya tarik wisata air terjun putih di Medan

Nama tempat wisata di Medan ini diambil dari buih putih yang terlihat pada saat air terjatuh. Selain dikenal dengan nama Sampuren, banyak yang menyebutnya dengan sebutan pendek air terjun putih.

Obyek wisata ini memiliki daya tarik yang memesona dengan sejumlah fasilitas pendukung yang memadai. Apa saja?

Panorama alam yang masih natural dengan treking yang menantang

Panorama Yang Masih Natural di Air Terjun Sampuren Putih via instagram @fikapikavika
Panorama Yang Masih Natural di Air Terjun Sampuren Putih via instagram @fikapikavika

Pertama, pemandangan di lokasi memang masih sangat alami. Kamu bisa melihat air yang terjun dari atas tebing. Begitu keren dilihat dari bawah.

Di samping kanan dan kiri airnya terdapat dedaunan dan pepohonan rimbun yang membuat kesan sejuk makin terasa.

Saat jatuh di bawah, air yang mengandung belerang ini memunculkan buih putih yang begitu menyegarkan.

Ada banyak wisatawan yang datang ke sini sekedar untuk bermain air dan menikmati kandungan belerang dari curug. Air belerang ini diklaim mampu menyembuhkan penyakit-penyakit kulit.

Bagian curug yang terlihat hanya tingkat terbawah saja. Di situ ada goa dengan diameter sekitar 10 meter. Sementara ketinggiannya adalah 3 meter. Keberadaan goa ini membuat tampilan destinasi wisata ini kian unik.

Bila pengunjung mau menaiki gunung dan melihat bagian teratasnya, maka perlu menyiapkan bekal dan fisik yang kuat karena trekking terjal dan cukup licin.

Fasilitas pendukung

Selama berada di sini, kamu tetap bisa membeli makanan di sekitar rumah warga, sholat di perkampungan yang ada di sekitar lokasi, dan mencari penginapan di sana. Sementara di lokasinya sendiri memang mayoritas masih sangat natural.

Bisa Kemah Di Air Terjun Sampuren Putih Kalau Mau via googlemaps
Bisa Kemah Kalau Mau via googlemaps

Harga tiket masuk, jam buka, dan lokasi air terjun sampuren putih

Untuk masuk ke sini, tiket masuknya belum dibanderol dengan pasti. Kebanyakan masih masuk secara gratis.

Jam buka

Jam bukanya sebenarnya adalah 24 jam. Tapi sangat disarankan bila masuk ke sini pas pagi atau siang hari saja agar suasananya masih terang dan lebih aman buat pengunjung.

Lokasi

Plang Air Terjun Sampuren Putih via googlemaps
Plang Selamat Datang via googlemaps

Alamatnya di jalan Negri Gugung, kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara.

Kamu bisa lewat darat, udara, atau laut. Kalau lewat darat, dari kota Medan silakan lewat Jl. Guru Patimpus ke Gatot Subroto. Kemudian masuk ke Iskandar Muda dan Jamin Ginting. Lanjut lagi ke jalan Deleng Tinjau sampai ke tujuan, yakni air terjun putih.

Featured Image via instagram @putrihafizah18

Peta Lokasi