Asrinya suasana pedesaan, rimbunnya dedaunan, dan sejuknya air terjun Surodadu memiliki daya magis tersendiri buat para pengunjung. Tak hanya bisa buat wisata, salah satu destinasi wisata di lereng gunung Welirang di wilayah Mojokerto ini juga bisa digunakan sebagai marea camping dan pre wedding.

Yang bikin lokasi ini makin digandrungi adalah harga tiket masuknya yang sangat murah. Selain itu, akses menuju lokasi wisata juga sudah makin mudah dengan fasilitas yang cukup memadai.

Penasaran dengan informasi lengkap tentang destinasi wisata satu ini? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Satu lokasi wisata, dua nuansa, sejuta cerita

Gambar Air Terjun Surodadu Satu lokasi wisata, dua nuansa, sejuta cerita
Via IDNTimes

Ada banyak hal yang membuat air terjun satu ini jadi istimewa. Salah satunya adalah lanskap dua air terjun di tengah rerimbunnya daun. Dua air terjun ini sering disebut dengan nama air terjun mini dan air terjun utama.

Sesuai dengan namanya, air terjun mini memiliki ketinggian 3 meter dan terletak di bagian lereng bukit. Sedangkan air terjun utama setinggi 15 meter letaknya berada di atas bukit.

Dari lokasi parkir, Anda perlu waktu kurang lebih 10 menit untuk mencapai air terjun ini. Sambil berjalan menyusuri bukit, Anda bisa ber-selfie dengan spot-spot tercantik berlatar rimbunnya pohon bambu.

Selain bisa berwisata, Anda juga bisa piknik, camping, outbond, bahkan foto pre wedding di sini. Jika Anda berniat berkemah, pastikan untuk lapor ke penjaga. Sebab kendaraan yang diparkir akan dimasukkan dalam rumah karang taruna agar lebih aman.

Untuk menuju lokasi camping, Anda butuh menyusuri bukit lebih jauh, melewati jembatan kayu, dll. Jangan khawatir soal aksesnya, sebab jalannya sudah dibuat dengan baik agar mudah dilewati. Anda hanya perlu memakai sepatu untuk menghindari area-area licin saat musim hujan.

Jika niatnya adalah pre wedding, maka carilah spot-spot yang indah. Anda juga bisa membuat video pernikahan di sini sebagai kenang-kenangan.

Asal usul air terjun Surodadu

Gambar Asal Susul Air Terjun Surodadu
@Dimas Arindra via Google Maps

Banyak orang yang penasaran dengan asal usul nama Surodadu. Konon, menurut penduduk setempat, air terjun ini memiliki nilai sejarah yang tinggi. Di mana di area perbukitan Welirang dulunya dipakai tempat bersembunyinya para serdadu Jepang.

Nama destinasi wisata ini diambil dari kata serdadu yang kemudian dipelesetkan menjadi Surodadu.

Harga tiket masuk air terjun Surodadu, jam buka, dan lokasinya

Tempat wisata ini buka dari hari Senin sampai Minggu. Berikut detail jam bukanya:

  1. Senin sampai kamis, buka jam 8 pagi sampai jam 4 sore.
  2. Jumat, buka dari jam 8 pagi sampai setengah 5 sore.
  3. Sabtu, buka jam setengah 8 pagi sampai 5 sore.
  4. Minggu, buka jam setengah 7 pagi sampai 5 sore.
Gambar Harga Tiket Masuk Air Terjun Surodadu
@Nobel Rizkiyono via Google Maps

Tempat wisata ini tak pernah sepi pengunjung, selalu ramai apalagi saat weekend. Hal ini karena harga tiket masuk lokasi wisata sangat murah, yakni Rp 5.000,-. Parkirnya juga hanya Rp 5.000,- saja.

Beneran murah, bukan? Tertarik mengunjungi lokasi wisata ini? Ini alamatnya:

Dusun Mligi, Desa Claket, Kec. Pacet, Mojokerto, Jawa timur, Indonesia.

Rute menuju ke tempat wisata ini juga sangat mudah dengan jalan yang sudah dilengkapi dengan papan petunjuk ke arah lokasi.

Fasilitas dan review dari pengunjung

Harga tiket air terjun surodadu memang murah, tapi ini tak mempengaruhi kelengkapan fasilitas di dalamnya. Buktinya, sudah ada ponten, tempat makan, dan fasilitas lain. Sangat cocok untuk berwisata bareng keluarga.

Review dari para pengunjung juga sangat bagus. Di Google Maps, lokasi wisata ini mendapatkan bintang 4,4 dari total 373 pengunjung yang memberikan ulasan.

Dengan testimoni air terjun di kecamatan Pacet yang bagus ini, rasanya sayang banget kalau gak mampir ke sini pas main di Mojokerto.

Detail

Alamat

Dusun mligi, desa claket, Pacet, Hutan, Pacet, Mojokerto, East Java 61374

Jam buka

Selasa 08.00–16.00, Rabu 08.00–16.00, Kamis 08.00–16.00, Jumat 08.00–16.30, Sabtu 07.30–17.00, Minggu 07.00–17.00, Senin 08.00–16.00

Telepon

0812-3462-3242