Kunjungilah air terjun tegenungan bila kamu berlibur ke Bali. Wisata alam dengan nuansa yang masih sangat alami dan indah. Aksesnya mudah, HTM-nya murah!

Alih-alih ke pantai, kamu bisa menikmati wisata alam lain saat berada di Pulau Dewata. Salah satunya adalah Tegenungan Waterfall ini. Bila dihitung perjalanan menggunakan kendaraan bermotor, hanya perlu waktu setengah jam dari Pusat Kota Ubud.

Silakan tentukan mau pakai kendaraan mobil atau motor. Lalu jelajahi indahnya sisi lain dari Pulau Dewata!

Berwisata di Tegenungan Waterfall

Ini merupakan salah satu tempat wisata di Gianyar yang disenangi oleh para turis karena masih alami. Saat ini, pengelola destinasi wisata ini adalah warga desa. Maka dari itu, biaya masuknya sangat murah.

Pemandangan yang ditawarkan masih sangat asri. Keindahan air terjun berpadu dengan dedaunan yang rimbun. Ditambah dengan bunga-bunga indah yang tersebar di beberapa titik. Mempercantik nuansa alam dan liburan kian berkesan.

Gambar Pemandangan Menakjubkan Air Terjun Tegenungan
Pemandangan Menakjubkan via googlemaps @pergidulu

Ada banyak hal yang menjadikan lokasi wisata ini istimewa, di antaranya adalah:

Pesona alam tiada dua

Keindahan alam yang ada di sini sangat unik. Tak akan bisa ditemukan di tempat lain. Meski tinggi air terjunnya tidak terlalu tinggi, namun debit airnya sangat banyak. Cocok sekali untuk berenang dan bermain air.

Udaranya yang sejuk karena dikelilingi oleh rimbunnya daun. Hal ini menjadikan tempat ini sangat tenang dan bisa menyegarkan pikiran. Berlibur jadi sangat mengasyikkan.

Sudah ada tangga lengkap menuju lokasi

Pihak desa sudah mengelolanya dengan sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya tangga menuju lokasi yang memudahkan pelancong menyusuri jalan yang cukup curam.

Di samping kanan dan kiri tangga juga sudah ada tanaman hijau yang siap membuatmu merasa berada di alam. Memastikan udara tetap teduh dan nyaman.

Kamu cukup menyiapkan sandal dan sepatu yang nyaman selama menyusuri jalanan ini. Selain itu, sebaiknya ikutilah jalan utama karena akses sudah bagus. Kalau lewat jalan yang tidak dianjurkan oleh pengelola, beberapa pengunjung melihat ada jalan yang mengalami longsor saat musim hujan.

Anak tangga lengkap menuju Air Terjun Tegenungan
Anak tangga lengkap menuju Air Terjun Tegenungan via instagram @okasurya86

Dekat pasar sukawati

Alasan lain yang membuat tempat wisata ini ramai adalah aksesnya yang mudah dan dekat dengan pasar Sukawati. Setelah berbelanja, biasanya para turis atau pelancong lokal akan mampir ke sini.

Beli suvenir

Kamu juga bisa beli suvenir di sini sebagai oleh-oleh.

Warung yang makin banyak

Tak perlu khawatir soal makanan, di sini ada banyak warung yang dikelola oleh warga setempat.

Bule lagi makan di warung sekitar Air Terjun Tegenungan
Bule lagi makan di warung sekitar via instagram @warungumabatuh

Ayunan di tebing

Jika berada di sini, maka kamu tak hanya bisa menikmati pemandangan. Lebih dari itu, kamu juga bisa menguji adrenalin dengan berfoto di ayunan yang ada di tebing.

Dulu sebenarnya ada buggie jumping juga, saat olahraga ini populer. Tapi sekarang, sudah tidak ada. Mungkin karena dianggap terlalu ekstrem dan membahayakan.

Berfoto-foto

Aktivitas foto yang dilakukan di sini lumayan fleksibel karena terdapat banyak sekali spot yang bisa dieksplorasi. Mulai dari berfoto di tangga, dekat air terjun tegenungan, tempat duduk di sekitar lokasi, bebatuan raksasa, dekat lumut, hingga pohon-pohon yang rindang dan teduh.

Gambar Foto dekat air terjun
Foto dekat air terjun via instagram @jenytisna78

Air terjun Tegenungan Angker

Di balik kealamiannya, tempat wisata ini memiliki kisah mistis tersendiri. Berikut adalah beberapa di antara kisah itu:

Pendeta penunggu air terjun

Konon ada pengunjung yang berfoto di sekitar lokasi dan melihat hasilnya, ada seorang pendeta Bali (pendada) laki-laki dengan baju berwarna putih. Pendada ini duduk di bawah air terjun dengan posisi bersila.

Griya niskala

Masyarakat setempat mempercayai bahwa lokasi wisata ini adalah griya niskala atau tempat berdiamnya (rumah) pendada ghaib. Hal ini diperkuat dengan adanya Pura Beji Tirta Merta Jiwa yang letaknya dekat dengan lokasi wisata ini.

Tumbal

Beberapa kecelakaan seperti korban tenggelam saat berenang sempat terjadi di sini. Warga setempat juga ada yang percaya bahwa ini akibat adanya makhluk lain yang menghuni bagian grojogan (tempat jatuhnya air terjun). Mereka meminta tumbal berupa jiwa manusia.

Soal kisah ini, mau percaya atau tidak itu terserah kamu ya? Yang jelas, bisa dijadikan pelajaran bahwa kalau berada di sini tetap harus jaga sopan santun dan berhati-hati.

Harga tiket masuk air terjun tegenungan, jam buka, dan alamat

Untuk masuk ke sini, kamu cukup membayar Rp 20.000,- per orang. Baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Jam bukanya adalah dari jam 06.30 WITA – 18.30 WITA. Lokasi parkirnya sangat luas dan cukup membayar Rp 2.000,- untuk motor.

Alamatnya ada di Jl. Ir. Sutami, tepatnya di Kecamatan Sukawati, Gianyar, Pulau Dewata Bali.

Gambar Spot foto sarang burung Air Terjun Tegenungan yang instagrammable
Spot foto sarang burung yang instagrammable via instagram @tirainy_piters

Kalau ke air terjun tegenungan sebaiknya pagi atau sore, biar tidak terlalu panas. Selamat mengatur jadwal berlibur!

Featured Image Tempat Wisata Air Terjun Tegenungan via googlemaps @Armand Heymans