Keren banget! Decak kagum tak akan berhenti bila berkunjung ke Bukit Campuhan. Udara sejuk dan bersih. Rerumputan hijau dan segar. Juga pemandangan sekitar yang memanjakan mata. Tak bisa dideskripsikan menggunakan kata.

Destinasi wisata ini memang “hanya” berupa bukit. Meski begitu, banyak pengunjung yang puas saat berkunjung. Rata-rata senang dengan sunset dan sunrise-nya yang indah. Juga lanskap yang elok bak lukisan.

Kalau mau ke salah satu tempat wisata di Gianyar ini, yuk jelajahi dulu informasi lengkapnya dalam ulasan berikut.

Keindahan Bukit Campuhan

Sesuai dengan namanya, lokasi wisata ini adalah sebuah bukit dengan hamparan rumput menghijau. Di samping kanan dan kiri begitu banyak pepohonan yang segar dipandang mata.

Karena letaknya di area perbukitan, jangan heran bila udara di sini sangat sejuk. Ditambah dengan kabut saat pagi hari, membuat tampilan destinasi ini makin menarik.

Pengelola sudah membuatkan track sendiri untuk para pengunjung. Jadi, jangan khawatir terpeleset, kena lumpur kotor, atau semacamnya. Jalanan ber-paving sepanjang tracking akan memudahkanmu dalam melakukan penjelajahan.

Jalanannya juga cukup lebar yakni sekitar 1,5 meter, bisa dipakai berpapasan dengan leluasa. Jadi, buat kamu yang tidak suka ketinggian. Jangan khawatir jatuh.

Dengan deskripsi bukit campuhan di atas, sudah jelas bahwa dengan berkunjung ke sini kamu akan mendapatkan kembali energimu yang terkuras akibat pekerjaan. Kamu bisa segar kembali dan siap menghadapi target-target baru dalam kehidupanmu.

Aktivitas di Bukit Campuhan Ridge Walk

Meski hanya sebuah bukit, bukan berarti kamu tidak bisa melakukan eksplorasi. Sebab faktanya banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini asal kreatif dan inovatif. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Jogging dan jalan kaki

Hal pertama yang bisa dilakukan sudah pasti menyusuri jalanan perbukitan. Sepanjang jalan Anda bisa jogging sambil mendengarkan musik kesukaan. Sesekali bisa berhenti untuk sekedar istirahat atau mencari spot bagus untuk berfoto.

Positifnya, karena jauh dari pemukiman dan letaknya cukup tinggi. Udara di sini bersih tanpa polusi.

Bule Lagi Jogging jalan kaki Bukit Campuhan
Bule Lagi Jogging / jalan kaki Bareng di Bukit Campuhanvia instagram @jerwahyu

 

Pre wedding

Foto prewedding di sini juga bisa, lho! Ada banyak orang yang memanfaatkan lanskap alami berwarna hijau dan kabut-kabut tipis di pagi hari sebagai tempat untuk berfoto pranikah.

Keindahan latar foto kontras dengan pakaian ala pengantin modern dan kebaya. Berpadu dengan sempurna indahnya.

Bisa Foto Prewedding
Bisa Foto Prewedding di Bukit Campuhan via instagram @viikkkii46

Sunset dan Sunrise

Bila ke sini, tak akan lengkap rasanya apabila tidak berhenti dulu menikmati keindahan mentari pagi yang baru muncul. Juga melihat keindahan matahari tenggelam.

Terlebih, saat pagi masih banyak orang yang belum datang atau masih sepi. Kamu bisa leluasa menikmati pemandangan dan mendapatkan keheningan alam yang begitu menenangkan.

Jika bermaksud melihat matahari terbit, datanglah sebelum jam 6 pagi. Lebih pagi lebih bagus. Karena semakin siang di sini semakin ramai orang.

Kalau melihat matahari terbenam. Usahakan datang 2 jam sebelum jam sunset. Tujuannya adalah agar bisa lebih santai berjalan dan menikmati pemandangan yang ada di sana.

Bersepeda dan trekking

Kamu juga bisa membawa sepeda sambil berolahraga santai di sana. Cocok buat yang hobi bersepeda sambil adventure.

Lakukan trekking dari titik awal sampai selesai secara aman dengan menggunakan sepatu atau sandal yang paling nyaman.

Serunya Bersepeda Bukit Campuhan
Serunya Bersepeda via instagram @rudirud84

Swing / ayunan

Kamu juga bisa swing dengan membayar Rp 50.000,-  per orang.

Fasilitas yang tersedia

Di sepanjang jalan terdapat penjual makanan dan minuman. Jadi, jangan khawatir kehabisan bekal. Tersedia juga lahan parkir, tapi luasnya tidak terlalu memadai.

Larangan di bukit campuhan

Nama lain dari destinasi wisata di Bali ini adalah Bukit Cinta. Meski begitu, ada peraturan ketat yang tidak boleh dilanggar pengunjung.

Yakni khusus untuk pengunjung yang masih pacaran dan datang sampai larut malam akan dikenakan 3 sanksi. Mulai dari denda, jiwa, hingga upacara. Bahkan sampai ke upacara pernikahan bila melanggar.

Hal ini karena destinasi wisata ini dekat dengan Pura Gunung Lebah yang konon sangat suci dan sakral. Keberadaannya sangat erat dengan sejarah lahirnya Ubud.

Harga tiket masuk, jam buka, dan lokasi bukit campuhan

Untuk masuk ke sini, biayanya gratis. Jam bukanya 24 jam (yang tertulis). Tapi pada kenyataannya, setiap jam 18.30 WITA lokasi ini sudah ditutup untuk menjaga kesuciannya.

Bukit ini terletak di Jl. Bangkiang Sidem, Ubud, Gianyar. Sekitar satu jam dari pusat Kuta. Letaknya berada di belakang Hotel Campuhan Ubud.

Kalau ke sini, sebaiknya bawa air minum dan tas kresek untuk menyimpan sampah agar tempat wisata Bukit Campuhan tetap bersih dan asri.

Featured Image Destinasi Wisata Bukit Campuhan via googlemaps @Christian Indrajaya

Peta Lokasi