Bukit cumbri adalah salah satu gunung yang cocok untuk didaki oleh pemula. Hanya dalam waktu kurang dari 1 jam, pendakian bisa selesai dan berbuah manis.

Pemandangan yang tak tergambarkan dengan kata akan segera didapatkan begitu kamu sampai di puncaknya. Mau coba ke sana? Datanglah ke Wonogiri dan baca dulu ulasannya berikut ini:

Ketinggian gunung cumbri

Wonogiri merupakan salah satu daerah yang cukup terkenal di daerah Jawa Tengah. Kabupaten ini memiliki hawa yang sejuk karena sebagian besar daerahnya terletak di pegunungan atau perbukitan.

Udara di sini juga sangat segar karena di lokasi masih banyak hutan yang merupakan produsen oksigen terbaik.

Buat para pendaki, pegunungan di daerah Wonogiri memiliki satu kelebihan dari gunung lainnya. Sebab rata-rata pegunungan di sini hanya setinggi kurang dari 1.000 mdpl. Tentu saja angka ini membuat pegunungan di sana sangat cocok untuk para pemula.

Salah satu yang paling sering dikunjungi adalah gunung cumbri. Ketinggiannya hanya 638 mdpl dan rute pendakiannya cepat. Letaknya berada di perbatasan antara Ponorogo dan Wonogiri, tepatnya di daerah Purwantoro.

Rute perjalanan menuju gunung cumbri

Karena letaknya di perbatasan Wonogiri dan Ponorogo, bukit cumbri juga dikenal sebagai salah satu tempat wisata di Ponorogo yang sangat populer. Kamu bisa ke sini dari 3 titik, yakni melalui:

  1. Desa Jatisari ke arah Desa Biting, Kecamatan Purwantoro.
  2. Dari Dusun Sumber, Desa Biting, atau
  3. Dusun Kepyar.

Untuk sampai di puncak, kamu cukup berjalan kaki selama kurang dari 1 jam. Rata-rata pendaki membutuhkan waktu sekitar 50 menit saja untuk sampai di puncak.

Tapi durasi ini tergantung pada masing-masing fisik dan ketahanan pendaki, ada yang menempuhnya lebih dari 1 jam. Sekitar 1,5 sampai 2 jam bila lewat jalur Biting.

Lantas, apa yang bisa dilihat saat sudah sampai di puncak?

Pesona gunung cumbri

Bukit cumbri memiliki pesona yang tak tergambarkan begitu kamu sampai di puncaknya. Apa saja?

Sunset dan sunrise yang indah

Spot matahari terbenam dan terbit di sini menjadi buruan para pendaki. Dari puncak cumbri, kamu bisa melihat cahaya keemasan itu tergambar jelas di langit. Lengkap dengan awan putih yang membuat puncak ini seperti berada di negeri atas awan.

Sunset sunrise yang indah
Sunset sunrise yang indah via instagram @yogaxt9

Hamparan hutan dari berbagai daerah

Lokasinya yang berada di perbatasan benar-benar menjadi satu kelebihan. Para pendaki bisa melihat hamparan hutan dari berbagai daerah, yakni Ponorogo, Wonogiri, Magetan, Ngawi, Karanganyar, Pacitan, dan Madiun.

Artinya, dari sini kamu bisa melihat secara menyeluruh suasana pedesaan dan gemerlapnya cahaya lampu bila malam hari. Begitu indah.

Hamparan hutan di Gunung Cumbri
Hamparan hutan di Gunung Cumbri via instagram @mantri_tembak

Spot foto yang instagrammable

Di bukit cumbri ada banyak spot instagrammable. Mulai dari bebatuan hingga perbukitan hijau bak lukisan. Manfaatkan dengan baik mumpung kamu berada di sini.

Spot foto Bukit Cumbri yang instagrammable
Spot foto Bukit Cumbri yang instagrammable via instagram @ntun_1004

Mendirikan camp atau berkemah

Mendaki bersama teman bisa menjadi pilihan yang sangat pas, biar ramai dan ada yang mengambil foto saat berada di puncak. Terlebih, kamu dan rombongan bisa mendirikan kemah di sana.

Momen ini akan makin berkesan dengan gemerlapnya bintang di langit dan lampu-lampu kota.

Bisa camp berkemah di puncak
Bisa camp berkemah di puncak via googlemaps @Agoes Arie

Biaya masuk bukit cumbri, alamat, dan jam buka

Untuk masuk ke sini cukup siapkan uang Rp 5.000,- untuk motor sekaligus biaya masuk. Tempat wisata ini buka 24 jam. Alamatnya berada di Kepyar, Purwantoro, Ngudal, Pagerukir, Sampung, Kabupaten Wonogiri.

Sebelum ke bukit cumbri, pastikan kamu mengecek perkiraan cuaca. Siapkan perlengkapan makan dan minum dengan lengkap. Juga pakaian, khususnya sandal atau sepatu gunung.

Featured Image Bukit Cumbri Wonogiri-Ponorogo via googlemaps @Ahmad Ikhlas