Instagrammable, itulah kesan utama yang dirasakan para pengunjung bukit Panenjoan. Kalau mau ke sini, kamu wajib menyiapkan kamera dan outfit terbaik!

Nah, agar bisa mendapatkan spot-spot keren dan berwisata dengan seru, simak dulu ulasan kami dalam artikel ini. Kami akan membahasnya lengkap meliputi wisata, rute, lokasi, hingga harga tiket masuk. Selamat membaca.

Bukit Panenjoan, wisata Purwakarta yang instagrammable dan murah

Tempat wisata di Purwakarta ini cukup fenomenal. Sudah banyak pengunjung yang datang ke sini dan rata-rata memberikan ulasan positif. Khususnya dalam hal foto.

Ya, bukit yang ada di Purwakarta ini memiliki spot foto yang bagus. Yang menarik, kamu tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk bisa mendapatkan gambar terbaik di destinasi wisata ini.

Berikut ini adalah beberapa potensi wisata yang bisa kamu rasakan saat berkunjung:

Tempat terbaik melihat pemandangan alam

Nama Panenjoan diambil dari bahasa sunda yang artinya adalah penglihatan. Artinya, tempat ini adalah spot terbaik buat para wisatawan yang ingin melihat keindahan alam.

Mulai dari bukit atau gunung, hingga hamparan pepohonan yang menghijau, langit yang megah, dan awan-awan yang menutupinya dengan anggun.

Hawa sejuk lokasi seolah menjadi penyempurna suasana. Kamu bisa ke sini bersama keluarga, sahabat, atau pacar. Muda mudi, anak-anak dan dewasa, semua cocok berkunjung ke sini.

Pemandangan di Bukit Panenjoan Indahh Sekali
Pemandangan di Bukit Panenjoan Indahh Sekali via instagram @mantrasukabumi

Spot-spot terbaik

Selain pemandangan alam yang menjadi hal paling menonjol dari destinasi wisata ini, pihak pengelola juga sudah membangun lokasi ini dengan sangat detail dan cantik.

Hal ini dibuktikan dengan adanya spot foto instagrammable di beberapa titik, di antaranya adalah:

  1. Jembatan.
  2. Gardu pandang.
  3. Saung, dan yang lainnya.

Selain bisa dijadikan sebagai spot foto, area-area yang disebutkan di atas juga mendukung aktivitas selama kamu berada di lokasi. Sangat fungsional.

Jembatan Panenjoan
Jembatan Panenjoan via instagram @nievayunieta18

Saung misalnya, bisa sekalian digunakan untuk menikmati pemandangan dan beristirahat. Kamu juga bisa mendapatkan gambar berada di atas saung yang sejuk di ketinggian tertentu. Pasti sangat kece kalau hasil gambarnya di-posting di sosial media.

Sementara gardu pandang bisa membantu kamu untuk melihat pemandangan secara lebih detail dari ketinggian dan di titik yang paling sempurna untuk melihat keseluruhan view.

Gambar Foto bareng keluarga
Foto bareng keluarga via instagram @firasadewi

Sekalian berwisata religi

Di area wisata ini juga ada makam Syaikh Daka. Jadi, selain untuk melihat pemandangan yang kece, para pengunjung biasanya juga sekalian berwisata religi dengan ziarah ke makam Sang Syaikh. Wisata religi ini biasanya ramai di malam Jumat.

Fasilitas yang ada di lokasi

Berikut ini adalah beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung:

  1. Toilet.
  2. Tempat ibadah.
  3. Gazebo.
  4. Spot foto.
  5. Warung makan.
  6. Area parkir.
Gambar Hewan peliharaan Bukit Panenjoan yang lucu
Hewan peliharaan Bukit Panenjoan yang lucu via instagram @mbakyurini

Rute dan lokasi bukit Panenjoan Purwakarta

Alamatnya di Kampung Cinangka, Desa Sindang Panon, Kecamatan Bojong, Purwakarta.

Bila kamu berangkat dari kota Purwakarta, jarak tempuhnya hanya sekitar 17 km. Kamu bisa mengarahkan kendaraan menuju Wanayasa kemudian ke Pondok Salam. Setelah melewati pintu masuk Desa Salem (Gapura Indung Rahayu), silakan belok kanan.

Selanjutnya, ikuti jalan sejauh sekitar 10 km dan perhatikan penunjuk jalan yang akan membawa kamu ke Kampung Cinangka.

Waktu tempuh dari kota Purwakarta adalah sekitar 30 menit. Hal ini karena jalannya tak terlalu luas meski medannya sudah cukup bagus.

Gambar Amphitheater Panenjoan
Amphitheater Panenjoan via instagram @elfansyahad

Harga tiket masuk bukit Panenjoan Purwakarta dan jam bukanya

Untuk masuk ke sini, silakan siapkan uang Rp 5.000,- per orang. Kamu tidak perlu membayar biaya tambahan untuk foto-foto. Jadi, sangat murah!

Parkirnya bertarif Rp 3.000,- untuk motor dan Rp 5.000,- untuk mobil dengan jam buka dari pukul 08.00 sampai 17.00 WIB.

Sebelum ke bukit Panenjoan, pastikan stamina tubuhmu bagus sehingga kuat menapaki bukit. Gunakan alas kaki yang nyaman, bawalah bekal, dan isi penuh baterai kamera atau HP-mu!

Featured Image Bukit Panenjoan Purwakarta via instagram @madeinpurwakarta

Peta Lokasi