Jawa Tengah

Candi Kethek

Pinterest LinkedIn Tumblr

Mampirlah ke Candi Kethek bila kamu berlibur ke situs Cetho yang ada di Gunung Lawu. Lokasinya dekat tapi suasananya lebih tenang dan damai.

Jarak tempat wisata ini dari Candi Cetho adalah sekitar 300 meter, tepatnya di arah timur lautnya. Untuk menuju ke lokasi, kamu harus berjalan kaki dan melewati jalur pendakian Gunung Lawu. Maka dari itu, butuh persiapan fisik yang kuat, makanan, dan kendaraan yang memadai.

Agar lebih jelas, silakan simak ulasan berikut ini.

Lokasi wisata ditempuh dari Candi Cetho

Sebagaimana disebutkan di atas, untuk ke sini, kamu harus ke situs Cetho dulu. Dari kota Solo atau Surakarta, kamu membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk sampai di lokasi yang jaraknya sekitar 44 km.

Dari sini, bila ingin ke kompleks situs kethek, kamu harus berjalan kaki ke arah timur laut sejauh kurang lebih 300 meter. Kamu akan melalui jalanan yang menurun dan melewati sungai yang mengering. Kemudian jalanan agak sedikit menanjak dan sampai di lokasi wisata saat sudah sampai di ujung tanjakan.

Selama perjalanan, kamu mungkin akan bertemu dengan para pendaki yang sedang mendaki Gunung Lawu. Hal ini karena jalurnya memang digunakan sebagai jalur pendakian resmi.

Penunjuk Jalan Menuju Candi Kethek
Penunjuk Jalan Menuju Candi Kethek via instagram @aji_aldaer_

Berwisata ke candi kethek

Bila ingin berwisata ke sini, berikut adalah beberapa hal yang harus kamu tahu dan siapkan:

Ketinggian

Salah satu tempat wisata di Karanganyar ini terletak di ketinggian sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut. Hawa yang sejuk akan kamu rasakan setibanya di sana.

Sejarah Candi Kethek

Melihat bangunannya, situs ini ditengarai dibangun pada abad ke 15 atau 16 Masehi, sama seperti Cetho dan Sukuh.

Selain itu, pada tahun 2005 silam, di sini ditemukan sebuah arca kura-kura pada saat penggalian. Arca ini merupakan perwujudan dari Dewa Wisnu dalam Agama Hindu. Oleh karena itu, bangunan ini disebut sebagai salah satu peninggalan agama Hindu pada masa lampau.

Proses penamaannya sendiri didasarkan pada kondisi di sekitar situs yang banyak keranya. Kera dalam bahasa Jawa disebut kethek. Dari sinilah nama candi itu berasal, candi kera. Apalagi di bagian atas candi juga ada Mahkota Hanuman, yakni sosok kera dalam bahasa Jawa.

Cagar Budaya Candi Kethek
Cagar Budaya Candi Kethek via instagram @aditio_lesmana

Suasana sejuk dan tenang

Dibandingkan dua situs terdekat, yakni Cetho dan Sukuh. Candi ini memiliki daya magis dan nilai mistis yang kuat. Hal ini karena kondisinya masih alami dan tenang.

Bahkan, penggalian masih terus dibutuhkan untuk menemukan artefak-artefak penting yang akan jadi sumber sejarah atau riwayat bangunan tersebut.

Candi ini berada di tengah hutan dengan suasana yang sangat sepi. Dibandingkan dua candi lainnya, Kethek juga tak banyak pengunjungnya. Jadi, suasananya sangat tenang dan damai. Apalagi udaranya adem semilir bikin mengantuk.

Tak jarang, para pendaki Lawu yang turun gunung mampir untuk sekedar istirahat sampai ketiduran.

Bentuk candi

Ukuran candi ini hanya sekitar 20 x 30 meter persegi saja. Mayoritas bangunannya masih tertutup tanah.

Candi yang menghadap ke barat ini berbentuk seperti teras berundak dengan total 5 tingkatan. Pada tingkatan pertama hingga ketiga, tak ada bangunannya. Hanya terlihat tanah yang berundak dengan pembatas yang dibuat dari susunan batu kali.

Sementara pada tingkatan keempat ada pohon besar dengan balutan kain putih. Selanjutnya di tingkat kelima ada bangunan kecil yang dipakai untuk upacara.

Tempat ini masih aktif dipakai upacara sehingga harus steril pada jam 5 sore.

Salah Satu Sudut Candi Kethek
Salah Satu Sudut Candi Kethek via instagram @suryadi7141

Harga tiket masuk Candi Kethek, jam buka, dan alamat

Untuk masuk ke sini, kamu perlu membayar Rp 5.000,- per orang. Jam bukanya adalah dari 09.00 WIB sampai 17.00 WIB.

Alamatnya di Lereng Lawu, Anggrasmanis, Gumeng, Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Terakhir, kalau ke Candi Kethek siapkan kendaraan dengan baik agar kuat menanjak. Selain itu, tubuhmu juga harus fit biar mampu mendaki ke atas bukit.

Featured Image Tempat Wisata Candi Kethek via googlemaps @Ari Wibowo

Peta Lokasi