Jawa Barat

Curug Cipurut

Pinterest LinkedIn Tumblr

Curug cipurut memang eksotis, alami, dan sejuk. Sangat cocok didatangi bareng sahabat, keluarga, atau pacar. Kamu bisa asyik main air dan mendapatkan suasana yang menyegarkan. Pasti refresh.

Kalau mau ke sini, simak informasi lengkapnya dulu mulai dari sejarah, potensi wisata, dan tiketnya supaya liburanmu makin bermakna. Kami akan membahas semuanya di sini. Selamat menyimak.

Sejarah curug cipurut

Tempat wisata di Purwakarta ini terletak di kaki Gunung Burangrang. Artinya, destinasi ini termasuk salah satu cagar alam Gunung Burangrang.

Secara umum, pengelolaannya diserahkan pada Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jabar I. Tapi soal hal-hal yang berkenaan dengan operasional yang ada di lapangan, semuanya ditangani oleh desa Sumurugul dan Wanayasa.

Menurut ceritanya, tempat wisata yang hadir di atas lahan seluas 4 hektar ini memiliki 7 air terjun yang mengalir dalam satu curug. Namun, hingga kini hanya ditemukan 3 air terjun. Yang utama memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan dua lainnya agak landai.

Oleh para pengunjung, dua curug yang landai digunakan untuk seluncuran. Jadi, lebih aman dan pasti asyiknya.

Pemberian nama konon didasarkan pada cerita bahwa di sini tumbuh pohon purut. Pohon ini memiliki banyak getah sehingga tidak bisa dimakan. Sayangnya, pohon buah purut ini sudah tidak bisa ditemukan lagi dekat lokasi.

Cerita misteri lainnya yang berkembang di masyarakat adalah tentang kera berukuran kecil dengan bulu berwarna putih. Hewan ini merupakan endemik di daerah tersebut. Konon hewan ini sering membunyikan suara tawanya yang nyaring.

Dari sini, masyarakat setempat menamainya Surili yang diambil dari kata Seuri yang artinya tertawa dalam bahasa sunda.

Kera Putih
Ilustrasi Kera Putih

Berwisata di Curug Cipurut, tempat wisata di Purwakarta yang alami

Bila kamu tertarik untuk melihat keindahan tempat wisata ini, maka perlu diketahui bahwa salah satu ciri khasnya adalah alami.

Tempat ini berada di pegunungan, jadi hawanya sangat sejuk dan nuansa alaminya masih kental. Di kanan kiri ada banyak sekali dedaunan hijau yang memanjakan mata dan pikiran.

Lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan selama berlibur di air terjun Cipurut Purwakarta ini:

Merasakan kesegaran air

Kondisi daerah yang masih alami dan letaknya yang ada di kaki gunung membuat air yang terjun di sini sangat jernih dan segar.

Para pengunjung biasanya main air, berenang di bagian tertentu, dan melakukan aktivitas lainnya. Salah satu yang paling sering adalah seluncuran di dua curug landai dengan air yang deras dan jernih.

Segarnya Air Terjun Curug Cipurut
Segarnya Air Terjun Curug Cipurut via googlemaps

Berfoto atau selfie

Aktivitas yang tak boleh ketinggalan selama di sini adalah mengabadikan momen. Bagaimana pun, air yang segar dengan latar pegunungan dan pepohonan rindang adalah satu lanskap yang sangat indah. Kamu harus mencari spot terbaik untuk berfoto.

Spot-spot pilihan pengunjung ada di dekat air terjun utama, batu-batu besar yang dibasahi oleh air, dan beberapa spot lain. Pastikan bahwa spot yang kamu pilih aman buat foto dan tidak membahayakan. Apalagi jika berniat berfoto bersama. Pastikan posisinya pas dan tidak ada yang akan jatuh.

Ayo Selfie Dulu
Ayo Selfie Dulu via instagram @joleneemarie

Tips berlibur

Bila berlibur ke sini, usahakan untuk membawa pakaian ganti. Apalagi kalau memang niatnya mau main air. Pakailah alas kaki yang nyaman untuk menghindari area-area yang licin.

Gambar Serunya Liburan sambil camping di Air Terjun Cipurut Purwakarta
Serunya Liburan sambil camping di Air Terjun Cipurut Purwakarta via instagram @aawahyusutisna

Harga tiket masuk curug cipurut, alamat, dan jam bukanya

Harga tiket masuknya adalah Rp 5.000,- per orang. Parkirnya Rp 2.000,- untuk motor dan Rp 5.000,- untuk mobil.

Alamatnya di Sumurugul, Wanayasa, Purwakarta. Jam bukanya dari 08.00 WIB sampai 17.00 WIB.

Foto Area Parkir Mobil Curug Cipurut
Foto Area Parkir Mobil Curug Cipurut via googlemaps

Terakhir, jika kamu mencari tempat berlibur yang benar-benar alami. Curug Cipurut ini sangat direkomendasikan. Meski beberapa pengunjung bilang kalau area ini agak kurang terawat. Tapi seperti itulah rasanya berlibur di tempat yang masih mengedepankan kesan natural.

Featured Image Tempat Wisata Curug Cipurut Purwakarta via googlemaps

Peta Lokasi