Sumatra

Danau Buatan Lembah Sari

Pinterest LinkedIn Tumblr

Berkunjung ke kota Pekanbaru tak lengkap rasanya jika belum mengunjungi danau buatan danau lembah sari pekanbaru riau yang cukup terkenal di Pekanbaru. Danau ini setiap harinya ramai di kunjungi oleh para wisatawan baik wisatawan domestik maupun mancanegara, keindahan alam yang di sajikan membuat para pengunjung merasa takjub dan kagum.

Banyak wisatawan yang berkunjung ke Danau Buatan Lembah Sari hanya untuk sekedar melepaskan penat dan stres akibat rutinitas harian. Setiap pengunjung yang datang selalu merasa lebih tenang dan damai saat berada di danau ini.

danau buatan lembah sari pekanbarau

Sejarah Danau Buatan lembah Sari

Danau ini awalnya merupakan sebuah bendungan irigasi, namun semakin lama tempat ini di jadikan sebagai objek wisata. Itulah mengapa danau ini sering di sebut oleh masyarakat sekitar sebagai danau buatan.

Danau lembah sari memiliki luas wilayah 14 hektar. Di danau lembah sari mempunyai bukit utama yang sering di jadikan tempat wisata, di puncak bukit tersebut terdapat bangunan yang memiliki atap menyerupai panggung yang terbuka dan tidak memiliki dinding pembatas.

Spot Foto Danau Buatan Lembah Sari

Cukup banyak spot foto yang tersedia di Danau ini.

Salah satunya berfoto dengan background view sekitar danau. Anda bisa naik ke bangunan yang berada di atas bukit untuk mendapatkan panorama alam yang luar biasa indah.

Selanjutnya, para pengunjung juga biasanya berjalan ke ujung jembatan untuk berfoto. Dengan view air danau yang luas, foto Anda makin ciamik.

Perahu-perahu yang berjejer di tepi danau juga cukup bagus untuk dijadikan spot foto di Danau Lembah Sari.

Untuk hasil foto yang lebih indah, Anda bisa datang di saat pagi hari dan sore hari. Pantulan cahaya yang tidak terlalu terang dapat menambah efek lebih sinematik ke hasil jepretan Anda.

danau buatan danau lembah sari pekanbaru riau

Fasilitas Danau Buatan Lembah Sari

Fasilitas yang tersedia di Danau ini hampir sama dengan tempat wisata lainnya, seperti toilet dan musholla. Namun sayangnya kurang terawat saja.

Ada juga warung makan yang menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman di sekitar danau lembah sari ini seperti: ikan bakar daun, makanan yang berbahan singkong dan sagu, cendol beras dan lainya. Menikmati kuliner di pinggir danau di tambah dengan semilir angin sepoi sepoi akan mampu menambah semangat setiap pengunjung.

Untuk menarik minat para wisatawan, di danau lembah sari sering di adakan berbagai macam acara seperti balapan perahu dayung, perahu tongkang, pameran kaligrafi, bazar UKM, lomba pacuan itik dan kegiatan lainnya.

PON XVIII Danau Lembah Sari

Tahukah Anda? Danau buatan danau lembah sari pekanbaru riau ternyata pernah menjadi tempat di selenggarakannya PON ke XVIII untuk cabang olahraga ski air.

Danau yang memiliki kedalaman yang pas menjadikan tempat ini di gunakan untuk perlombaan olahraga ski air. Dengan adanya perlombaan yang di selenggarakan di danau tersebut, masyarakat pekanbaru semakin bangga dengan keberadaan danau lembah sari ini.

Peta Lokasi