Bangka Belitung memiliki Danau Kaolin yang menyuguhkan keindahan tak tergambarkan. Kamu harus mengunjunginya bila ke Bangka. Biar tidak hanya melihat pantai eksotisnya.

Lokasi ini menawarkan pesona danau yang sangat instagramable. Cocok sekali buat kaum milenial yang senang hunting latar foto bagus. Di sini, eksplorasi foto dan pemilihan angle untuk mendapatkan berbagai macam foto dengan sudut berbeda juga tergolong mudah.

Mau tahu lebih banyak tentang danau ini? Silakan simak ulasannya di bawah ini.

Danau Kaolin Foto Dari Atas di Danau Kaolin
Danau Kaolin Foto Dari Atas via googlemaps @yeki susanto

Asal usul danau kaolin

Mesti terlihat alami, danau ini nyatanya tak terbentuk secara alami. Ini merupakan bekas galian tambang.

Sebagaimana kita tahu, Bangka merupakan penghasil timah dan supplier timah untuk Indonesia. Selain timah, kaolin juga diketahui berasal dari daerah sini.

Kaolin adalah mineral tanah liat yang mengandung senyawa aluminium silikat. Sebuah material yang sangat penting untuk negara Indonesia karena bisa digunakan sebagai pembuat kosmetik, porselen, kertas, kain, hingga pasta gigi.

Area Bekas Tambang di Danau Kaolin di Danau Kaolin
Area Bekas Tambang di Danau Kaolin via googlemaps @Christianus Hutanijaya

Kandungan danau kaolin

Sesuai dengan namanya, danau ini jelas mengandung kaolin yang di dalamnya kaya akan aluminium silikat.

Manfaat danau kaolin

Jika dulunya dimanfaatkan sebagai tempat pertambangan untuk dipakai sebagai bahan pembuat porselen, kertas, dll. Sekarang, banyak orang yang memanfaatkannya untuk berenang. Hal ini karena danau yang mengandung kaolin ini bisa menyerap minyak berlebih dan membuat kulit lebih halus.

Aktivitas berwisata di danau

Pesona danau ini memang tidak terbantahkan. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di sini adalah:

Berfoto

Pengunjung bisa berfoto dengan latar berwarna putih berpadu dengan birunya air danau. Sangat kontras dan fantastis! Bekas cerukan alat tambang terlihat jelas dan memberikan efek berbeda pada foto.

Hamparan yang putih menggunung terkadang terlihat seperti gunung salju dan bisa menjadi spot yang sangat menarik buat fotomu.

Kamu tinggal mencari titik dan sudut pengambilan gambar yang bagus supaya fotomu terlihat makin sempurna.

Spot foto menarik di Danau Kaolin
Spot foto menarik via instagram @titinwulandari2108

Pre-wedding

Beberapa orang memanfaatkan tempat wisata di Belitung ini sebagai lokasi untuk melakukan sesi foto sebelum pernikahan. Apalagi danau yang berada di tengah gundukan bekas tambang itu bisa berubah warna sesuai dengan pancaran sinar matahari dan langit saat kamu berkunjung ke sana.

Bisa untuk prewedding dan foto pernikahan di Danau Kaolin
Bisa untuk prewedding dan foto pernikahan via instagram @suhaimi_hanka

Berenang

Jika beruntung dan destinasi wisata ini dibuka atau diperbolehkan masuk, kamu tidak hanya bisa berfoto, tetapi juga bisa berenang.

Sambil menyelam minum air, begitulah kata pepatah. Kamu bisa sekalian memperbaiki kesehatan kulit dan menghaluskannya.

Namun hati-hati, danaunya cukup dalam, yakni kurang lebih 3 meter. Jadi, kalau masih baru belajar berenang, jangan main-main.

Situasi Mendekati Senja
Situasi Mendekati Senja via instagram @canro.simarmata

Tak berbau belerang

Tampilannya selintas memang mirip Ciwidey, tapi baunya aman. Tidak ada sama sekali bau belerang yang menyengat sehingga bikin betah.

Fasilitas yang cukup memadai

Soal fasilitas, di sini sudah ada warung yang menjual air kelapa dan makanan lainnya. Jadi, setelah melihat obyek wisata yang indah, kamu bisa langsung meneguk air kelapa yang menyegarkan.

Ada Banyak Perahu Beroperasi
Ada Banyak Perahu Beroperasi via instagram @dian_hulaif

Lokasi danau kaolin, tiket, dan rute

Untuk menuju ke sini sangat mudah sebab aksesnya bisa dilalui 2 mobil. Letaknya tepat di pinggir jalan jadi sangat mudah ditemukan.

Lokasinya berada tepat di desa air raya Tanjung Pandan, di Provinsi Bangka Belitung. Dekat sekali dengan pusat kota Tanjung Pandan. Jarak tempuhnya sekitar 10 menit. Kamu bisa menaiki motor atau mobil saat ke sini.

Alamatnya berada di Perawas, Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung.

Saat ini, Danau Kaolin belum dikelola oleh pemerintah setempat sehingga tiket masuknya masih gratis. Biaya parkirnya juga pas ada yang jaga saja harus bayar. Kalau tidak ada yang jaga ya gratis.

Meski buka 24 jam, sebaiknya kamu ke sini pas pagi atau sore untuk berburu sunrise dan sunset. Apalagi kalau berkunjung siang, suasana di sini sangat panas. Terik sekali.

Featured Image via instagram @widi_purba

Peta Lokasi