Alamat
Rumah Rih, Sinembah Tj. Muda Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara
Harga
Rp 5.000
Jam Buka
24 Jam

Tak kalah dengan danau toba, danau linting juga memiliki keindahan yang luar biasa. Destinasi wisata ini masih tak terlalu ramai dengan fasilitas pendukung yang cukup.

Bagi sebagian wisatawan, tempat ini mungkin tak terlalu familiar. Hal ini karena kebanyakan wisatawan yang datang ke Sumatera Utara lebih memilih berkunjung ke danau toba.

Padahal dari segi keindahan, Linting punya semuanya. Pemandangan air yang berubah dari warna hijau ke biru, atau kombinasi keduanya. Sementara di bagian pinggirnya, ada banyak pepohonan hijau yang meneduhkan.

Bisa dibilang inilah tempat wisata langka yang ada di Indonesia sebab menjadi telaga yang memiliki air panas murni selain Segara Anak yang ada di Gunung Rinjani.

Misteri danau linting medan

Keberadaan lokasi wisata ini tidak bisa dipisahkan dengan misteri, mitos, atau kepercayaan yang berkembang di masyarakat sekitar.

Asal usul terbentuknya danau linting

Melinting = Lingkaran Bulat via instagram @tdzikri
Melinting = Lingkaran Bulat via instagram @tdzikri

Masyarakat sekitar percaya bahwa dulunya area danau ini merupakan perbukitan. Pada suatu ketika, ada suara dentuman yang dahsyat dibarengi dengan gempa bumi.

Saat itulah area yang tadinya berupa perbukitan berubah menjadi genangan air yang lebih sering dikenal dengan sebutan danau.

Sementara nama linting diambil dari kata “melinting” yang artinya melingkar. Ini dihubungkan dengan bentuk danaunya yang menyerupai lingkaran bulat.

Peneliti asing meneliti kedalamannya

Kedalamannya Lebih dari 100 meter via googlemaps
Kedalamannya Lebih dari 100 meter via googlemaps

Kisah berikutnya datang dari seorang ilmuwan asing yang konon datang untuk meneliti danaunya. Ilmuwan tersebut menjatuhkan bebatuan yang sudah terhubung dengan tali untuk mengukur kedalaman danau.

Sayangnya, sudah habis tali sepanjang 100 meter, batuan tersebut tak sampai juga ke dasar danau. Kemudian muncul kesimpulan bahwa danau ini sangat dalam sehingga tidak disarankan untuk berenang di sana.

Legenda seorang putri cantik penghuni telaga

Salah satu korban tenggelam via halomedan
Salah satu korban tenggelam via halomedan

Masyarakat sekitar juga percaya mengenai penghuni telaga yang merupakan seorang putri cantik. Sang Putri sangat suka sekali membawa manusia berjenis kelamin laki-laki untuk masuk ke dasar telaganya.

Akibatnya, lelaki yang berenang sering ditemukan meninggal atau tidak bernyawa lagi.

Apapun legenda, mitos, dan misterinya, para pengunjung diharapkan tetap menghormati kepercayaan setempat demi keselamatan. Kalaupun tidak percaya, paling tidak wisatawan mau mengikuti arahan pengelola atau warga setempat.

Danau Linting, tempat wisata di Medan yang indah dan masih natural

Ada beragam aktivitas yang bisa kamu lakukan selama berada di sini, apa saja?

Berendam di tepi danau

Dipinggir dan banyak pengawasnya itu bagus via googlemaps
Dipinggir dan banyak pengawasnya itu bagus via googlemaps

Kamu bisa berendam di tepi danau, merasakan sensasi merendam kaki di air panas yang mengandung belerang sambil menikmati pemandangan sekitar.

Di lokasi ini tersedia tempat duduk bagi para pengunjung yang mau berendam. Lokasi ini dipastikan aman sehingga para pengunjung tak perlu khawatir saat memanfaatkannya.

Larangan di danau Linting

Wisatawan dihimbau untuk tidak berenang di telaga demi keamanan. Selain itu, di sekitar lokasi memang tidak ada penjaga atau Tim SAR yang akan menolong bilamana terjadi sesuatu.

Main ayunan di pinggir danau sambil hunting spot foto kece

Ayunan di danau linting via googlemaps
Ayunan di danau linting via googlemaps

Di beberapa titik, tersedia ayunan untuk main. Baik oleh anak-anak maupun dewasa. Selain bisa dipakai untuk duduk sambil menikmati pemandangan, ayunan ini juga jadi spot foto kekinian. Terlihat natural dengan latar danau yang kebiruan indah.

Berpiknik dengan menggelar tikar

Bisa pilih gelar tikar atau duduk di kursi sepanjang pinggir danau via googlemaps
Bisa pilih gelar tikar atau duduk di kursi sepanjang pinggir danau via googlemaps

Kamu dan rombongan juga bisa menggelar tikar di pinggiran danau. Kalau pas tidak bawa, di lokasi ada persewaan tikar dengan banderol harga Rp 10.000,- sampai Rp 20.000.-.

Jangan khawatir kehabisan bekal piknik, sebab di lokasi sudah ada rumah makan yang menyajikan makanan dengan harga murah. Mulai dari jajanan, minuman, hingga menu nasi beserta lauknya.

Lokasi wisata Deli Serdang dan rutenya

Tempat wisata di Medan ini beralamat di Rumah Rih, Sinembah Tanjung Muda Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Jaraknya sekitar 70 km dari kota Medan atau sekitar 1,5 jam ditempuh dengan kendaraan bermotor.

Kamu bisa melewati Delitua menuju Petumpak atau lewat Simpang Terminal Amplas dari Kota Medan.

Liburan ke danau linting seru bersama keluarga via googlemaps
Liburan ke danau linting seru bersama keluarga via googlemaps

Harga tiket masuk danau Linting dan jam buka

Destinasi wisata ini memiliki HTM Rp 5.000,- dengan jam bukanya adalah dari pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB.

Jika berada di danaunya, maka tetaplah jaga sopan santun dan adat istiadat. Kamu juga harus menjaga kebersihan selama berada di lokasi. Jangan lupa siapkan pakaian ganti, buat jaga-jaga jika celana atau rokmu terendam air.

Featured Image Tempat Wisata Danau Linting Medan via googlemaps