Alamat
Jl. Ps. Nippon No.ujung, Paya Pasir, Kec. Medan Marelan, Kota Medan, Sumatera Utara 20252
Harga
Rp 10.000
Jam Buka
Senin 09.00–20.00, Selasa 09.00–20.00, Rabu 09.00–20.00, Kamis 09.00–20.00, Jumat 09.00–20.00, Sabtu 09.00–20.00, Minggu 09.00–20.00

Rasakan ketenangan di danau siombak. Destinasi wisata ini cocok dikunjungi bersama keluarga. Ramah anak dan harga tiket masuknya murah.

Jika kamu ada waktu berlibur ke Sumatera Utara, maka danau ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi saat kamu membutuhkan tempat sunyi buat menenangkan diri.

Bila dibandingkan dengan danau toba atau linting, panorama keindahannya memang jauh berbeda. Sebab telaga ini awalnya adalah buatan, bukan secara alami ada di situ.

Meski begitu, pengelola terus memperbaharui dan melengkapi fasilitasnya sehingga destinasi wisata ini jadi hits dan populer di seluruh Medan.

Sejarah danau siombak

Menurut ceritanya, obyek wisata ini adalah buatan manusia. Dengan kata lain, ini bukanlah telaga alami.

Awalnya, daerah ini adalah lahan pertanian yang dipakai oleh para penduduk Indonesia. Sekitar tahun 1986, pasukan Bekho menghancurkan lahan tersebut. Hasilnya, terbentuklah sebuah kubangan raksasa yang berisi air dan menjadi sebuah telaga.

Sejarah mencatat bahwa area sekitar danau ini dulunya merupakan situs kota Cina yang merupakan cikal bakal terbentuknya kota Medan. Oleh karena itu, banyak yang bilang danau ini terbentuk sebelum Kota Medan.

Konon Danau Siombak Sudah ada Sebelum Kota Medan via instagram @muhamad.ridho.520125
Konon Danau Siombak Sudah ada Sebelum Kota Medan via instagram @muhamad.ridho.520125

Tempat wisata di Medan yang cocok buat nyepi

Tempat wisata di Medan ini merupakan salah satu destinasi yang sangat cocok buat meditasi dan menyatu dengan alam sekitar. Suasana yang tenang menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung.

Meski telaganya tidak alami, tapi nuansa alam di sekitar lokasi sangat nyaman. Dedaunan rimbun berwarna hijau yang tertiup angin mengeluarkan suara yang meneduhkan pikiran dan hati.

Selain daya tarik ini, lokasi wisata ini juga mengundang pengunjung dengan cara lain, yakni:

Fasilitas lengkap

Menikmati pemandangan indah Danau Siombing sambil duduk di pinggir via googlemaps
Menikmati pemandangan indah Danau Siombing sambil duduk di pinggir via googlemaps

Pihak pengelola terus menambahkan berbagai macam fasilitas guna memberikan ekstra kenyamanan buat pengunjung. Di antara fasilitas yang sudah ada di sini adalah:

  1. Parkir.
  2. Gazebo.
  3. Rumah makan.
  4. Toilet, dll.

Salah satu menu yang jadi pilihan para pengunjung adalah bakso. Selain enak, penyajiannya juga cepat sehingga tidak perlu antre lama.

Ada banyak sekali tempat sampah yang disediakan di lokasi. Para pengunjung diharapkan mau ikut menjaga kebersihan obyek wisata ini.

Spot foto dan sunset yang memukau

Agar makin hits, pengelola juga menambahkan titik-titik foto dengan pemandangan yang indah. Kamu bisa berfoto dengan latar danau dan pepohonan, juga beberapa spot lain yang tak kalah menarik.

Salah satu momen yang tak boleh ketinggalan saat kamu berada di lokasi ini adalah ketika matahari tenggelam. View-nya benar-benar bagus. Kamu bisa melihat dan merasakan keteduhan dari cahaya keemasan di ufuk barat.

Keindahan cahayanya makin terlihat bagus saat memantul di perairan danau. Benar-benar memukau dan harus diabadikan pakai lensa kamera.

Matahari terbenam dengan senyapnya di ufuk barat danau via instagram @potretsumut
Matahari terbenam dengan senyapnya di ufuk barat danau via instagram @potretsumut

Alamat danau siombak dan rute menuju lokasi

Tempat wisata ini berada di Jalan Pasar Nippon Ujung ,Kelurahan Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, Sumatera Utara.

Ikuti jalan besar Marelan Raya, lurus terus sampai lewat dari Pajak Marela. Apabila sudah sampai di Gapura Museum Kota Cina, turunkan kecepatan kendaraan. Sebab dari sini beberapa meter lagi kamu akan sampai di gapura yang ada tulisannya Selamat Datang di Danau Siombak.

Dari gapura ini, kamu akan menemukan jalan bercabang dua. Ambil jalur ke arah Jalan Pasar Nippon untuk sampai ke lokasi wisata.

Harga tiket masuk danau siombak dan jam bukanya

Tiket masuk ke lokasi hanya Rp 10.000,- dan sudah termasuk parkir. Jadi murah sekali. Dengan uang ini, kamu bisa main sepuasnya dan menikmati seluruh wisata yang ada di dalam.

Jam bukanya dari pukul 09.00 WIB sampai 20.00 WIB setiap hari tanpa libur.

Tempat wisata danau siombak ini sangat direkomendasikan buat yang mencari ketenangan. Namun ingat, kadang suasananya memang ramai karena semakin banyak yang tahu dan penasaran dengan lokasinya. Maka dari itu, silakan pilih weekdays untuk berkunjung karena cenderung lebih sepi.

Featured Image Danau Siombak: Sejarah, Wisata, Alamat, Harga Tiket Masuk via instagram @erwin_kurnia1983