Desa sajuta batu, nama yang unik dari sebuah lokasi wisata di Purwakarta yang memiliki banyak batuan dengan panorama alam yang khas, lengkap, dan menenangkan. Dari pegunungan, sungai, hingga hutan semuanya ada.

Kalau pas lagi berada di Jawa Barat, cobalah mampir sebentar. Tapi sebelum itu, simak dulu ulasannya di bawah ini.

Tempat wisata Purwakarta, Desa Sajuta Batu

Sajuta berarti sejuta dalam Bahasa Sunda. Sesuai dengan namanya, tempat wisata di Purwakarta ini merupakan sebuah desa yang dianggap memiliki sejuta batu karena memang terdapat banyak sekali jenis batuan.

Mulai dari batuan kecil hingga gunung andesit yang tingginya mencapai 900 meter di atas permukaan laut.

Selain bebatuan, saat berada di sini kamu juga akan melihat keindahan hamparan pedesaan dengan sawah dan hutan yang menghijau. Jelas meneduhkan.

Supaya lebih detail, berikut ini adalah beberapa spot menarik yang sayang untuk dilewatkan saat kamu mampir ke sini:

Spot panjat tebing

Sudah sejak lama desa ini menjadi destinasi para pencinta alam yang senang mendaki gunung. Tempat ini bisa dikatakan sebagai tempat favorit para Mapala dari seluruh Indonesia karena lokasinya sangat dekat dengan pegunungan dengan view-view yang indah.

Mendaki di Desa Sajuta Batu
Mendaki di Desa Sajuta Batu via googlemaps

Jelajah kampung

Sekarang tak hanya panjat tebing. Para pengunjung juga bisa menjelajahi kampung dan menikmati pemandangan di sana. Udara yang sejuk, suasana yang tenang, dan nuansa asri ala pedesaannya sangat kental.

Berada di sini membuat hati terasa lebih damai. Rasa stres pergi dan rasa lelah akan berganti dengan semangat seperti mendapatkan suntikan energi baru.

Selama menjelajah kampung, kamu akan menjumpai banyak hal. Di antaranya adalah pemandangan bukit, persawahan, dan rumah-rumah tradisional ala pedesaan yang khas.

Menjelajahi persawahan
Menjelajahi persawahan di perkampungan via googlemaps

Olahraga yang memicu adrenalin

Agar makin seru, kamu juga bisa bermain outbond selama berada di lokasi. Cobalah olahraga offroad dan flying fox untuk memicu adrenalin dan keberanianmu.

Foto dulu sebelum memacu adrenalin
Foto dulu sebelum memacu adrenalin via googlemaps

Berkemah

Udara boleh sejuk, tapi suasana pedesaan tetap hangat dengan keramahan penduduk sekitar. Kamu bisa memanfaatkan ini untuk berkemah.

Camping ground
Camping ground bersama keluarga di Desa Sajuta Batu Purwakarta via googlemaps

Kuliner

Ada banyak sekali rumah makan yang menyediakan makanan khas daerah setempat. Untuk itu, sambil menjelajah kampung, kamu juga bisa menikmati sajian lezat dari warung makan tersebut.

Sembari kuliner, jangan lupa untuk memotret makanannya dan mengunggahnya di media sosial.

Spot foto kece

Karena ada banyak spot kece untuk berfoto, desa ini menjadi salah satu daerah yang menarik buat para fotografer. Bahkan, para calon pengantin juga banyak yang mengambil foto pre-wedding di sini.

Maka dari itu, kalau kamu memang mau ke sini. Pastikan kameramu siap, baterainya harus penuh, dan performanya harus baik. Pakai juga outfit outdoor terkeren agar hasil jepretanmu jadi lebih sempurna.

Gunung dan gua di sekitar lokasi

Kalau mau penjelajahanmu lebih detail dan menantang, cobalah datang ke beberapa gunung atau gua yang dekat dengan lokasi ini. Beberapa di antaranya  adalah gunung parang, gua bolong, dan gunung bongkok.

Salah satu gunung di Desa Sajuta Batu
Salah satu gunung di Desa Sajuta Batu via googlemaps

Rute menuju lokasi wisata

Alamatnya di desa pesanggrahan, Tegalwaru, Purwakarta. Dari Tegalwaru, jaraknya sekitar 9 km. Sementara bila diukur dari kota Purwakarta, jaraknya sekitar 26 km.

Kalau kamu berangkat dari Jakarta, lewatlah tol Purbaleunyi, keluar di tol Jatiluhur dan ikuti jalan menuju ke arah Plered lanjut ke Ciakar. Di pertigaan Ciakar, ambil kanan dan ikuti jalan sampai menuju lokasi.

Harga tiket masuk desa sajuta batu dan jam bukanya

Untuk masuk ke sini tidak dipungut biaya alias gratis. Kamu juga bisa mengunjunginya setiap hari jam berapa pun.

Yang penting, tetap jaga kesopanan selama kamu berlibur di desa sajuta batu. Sebab bagaimana pun, ada adat dan kebudayaan daerah yang harus dihormati.

Featured Image Desa Sajuta Batu Purwakarta via googlemaps

Peta Lokasi