Ada banyak film alien terbaik yang menggabungkan cerita fiksi dengan dunia ilmiah. Alien  sendiri merupakan sesosok makhluk asing yang berasal yang luar angkasa dan kehidupan aslinya berada di luar Bumi. Cerita tentang alien memanglah sangat menarik untuk dibahas. Maka dari itu banyak sekali film yang terinspirasi dari asal-usul dan kehidupan alien.

Film yang mengangkat kisah alien biasanya mempunyai jalan cerita yang bervariasi. Sinema alien biasanya tak lepas dari cerita pertemuan dengan makhluk Bumi dan akhirnya menjalin persahabatan. Ada pula kisah tentang penemuan oleh ilmuwan, penyerbuan alien, hingga pertempuran berdarah.

Berkembangnya teknologi CGI juga menambah citra film alien. Desain visual yang memukau dapat membuat film tersebut semakin menyenangkan untuk ditonton. Tentunya, banyak sekali film alien yang menarik untuk kamu tonton, mulai dari tahun 1900an hingga baru-baru ini. Berikut ini daftar film alien terbaik versi Moodster yang pastinya menarik untuk ditonton.

20 Film Alien Terbaik

1. 2001: A Space Odyssey (1968)

Tak seperti kebanyakan rupa alien, film ini justru menghadirkan wajah alien yang tak berkepala oval. Alien dalam film ini lebih berbentuk batu monolith yang berukuran besar serta memiliki warna gelap hitam. Alien tersebut berasal dari angkasa yang jatuh pada saat peradaban awal di bumi.

Film alien terbaik ini menceritakan kecerdasan buatan lewat karakter sosok HAL 9000, sebuah robot asisten yang berperan sebagai kru dalam pesawat. Terdapat pula dua tokoh utama dari film ini, yaitu Frank Poole serta David Bowman yang ditugaskan pada misi meneliti asal dari batu monolith tersebut. Kondisi itu akhirnya berujung pada keadaan yang sangat tak terduga.

2. Alien (1979)

Film ini ialah awal dari film pop culture bernuansa alien. Ellen Ripley yang diperankan oleh Sigourney Weaver, merupakan seorang kru pesawat Nostromo yang tidak menyadari bahwa pesawat luar angkasanya sedang didatangi oleh alien.

Alien tersebut terus berkembang biak hingga akhirnya menularkan virus dan parasit pada tubuh semua orang yang ada di pesawat tersebut. Kondisi menegangkan tersebut membuat film ini menjadi booming. Tak hanya itu, aksi Ellen demi mengalahkan alien menambah kesan seru dan menegangkan. Tak heran jika Alien (1979) menjadi salah satu film alien terbaik dan tersukses buatan Hollywood.

3. Independent Day (1996)

Jika kamu bosan nonton film alien yang itu-itu saja, cobalah nonton film alien versi satu ini. Film ini ialah salah satu film alien yang dibalut dengan versi perang. Independet Day mengisahkan tentang perayaan hari kemerdekaan negara AS yang diserang oleh sekelompok alien. Kelompok itu merupakan sekumpulan UFO dalam jumlah yang besar.

Steven Hiller, seorang pilot untuk pesawat tempur tipe F18 memiliki peran yang sangat besar dalam perang tersebut. Film ini menceritakan lengkap tentang kondisi perang antara UFO melawan manusia. Film perang ini meraih rating IMDB sebesar 7.0. Menarik, bukan?

4. District 9 (2009)

Film alien terbaik satu ini punya kelebihan unik. Pasalnya kamu akan disuguhi teknologi yang berhubungan dengan alien dan paling mutakhir. Kental dengan nuansa dystopian, film ini akan membuat kamu terbawa dengan suasana beda. Latar belakang yang digunakan pada film ini ialah pemukiman bumi yang sudah ada sejak 30 tahun.

Dalam film ini, alien-alien yang ada memiliki teknologi yang sangat canggih, sehingga membuat beberapa organisasi berpikir untuk menguasai teknologi tersebut. Namun, pada akhirnya hal tersebut malah berakibat buruk untuk salah satu anggota organisasi itu.

5. Prometheus (2012)

Jika kamu penggemar film Alien (1979), Prometheus (2012) inilah prekuelnya. Film alien ini mengambil latar waktu sebelum cerita Alien (1979) terjadi. dengan begitu, prekuel ini memberikan gambaran tentang asal terjadinya makhluk berupa alien xenomoprh dan kehidupan di planet bumi. Di film ini, kamu akan dijelaskan tentang petunjuk detail bagaimana asal manusia berada di bumi.

Hal tersebut merupakan sebuah ekspedisi dua ilmuwan hebat bernama holloway dan Shaw. Promotheus mengisahkan kaum Engineers dan sebuah pengetahuan tentang bioteknologi yang canggih. Hal itulah yang memulai terjadinya kehidupan di bumi. Tak hanya itu, film ini juga menampilkan berbagai sisi gelap dari ekspedisi yang bisa mengejutkan penonton.

6. Arrival (2016)

Film ini tampil beda dengan membawa perspektif baik pada makhluk bernama alien. Makhluk luar angkasa tersebut ditunjukkan dengan gambaran bahwa ia tidak selalu jahat. Arrival menceritakan kisah seorang alien yang datang ke bumi untuk memberikan ilmu dan wawasan yang baru. Pengetahuan tersebut berupa cara memahami manipulasi pada alur waktu yang ternyata bersifat tidak linear.

Terdapat dua tokoh, Ian dan Louise yang bertugas untuk mengalihbahasakan alien tersebut, karena makhluk tersebut berbentuk cumi-cumi. Sayangnya, pengetahuan baru tentang manipulasi waktu punya dampak yang cukup besar untuk kedua tokoh tersebut.

7. Predator (1987)

Film alien terbaik selanjutnya ialah Predator (1987). Film ini mengisahkan tentang Cutch, seorang tentara yang sedang menjalankan tugas dan misinya di hutan belantara bagian Amerika Tengah. Tentara tersebut tak sengaja menemukan mayat dan petunjuk sehingga ia sadar bahwa dirinya telah menjadi objek perburuan suatu makhluk aneh.

Makhluk tersebut disebut predator dan merupakan spesies luar angkasa dengan teknologi mutakhir. Menariknya, para alien tersebut memiliki kemampuan dan ilmu agar dirinya tak terlihat. Film ini menyuguhkan aksi tim tentara yang sangat seru dan menegangkan. Kekuatan serta kecerdikan tim Cucth akhirnya dapat mengalahkan alien tersebut.

8. Men in Black (1997)

Sepertinya film ini sudah terkenal di kalangan pecinta film asing. Bagaimana tidak, film yang menceritakan tentang kehidupan dibalik seorang yang terlihat biasa namun ternyata tergabung dalam satu organisasi dimana seluruh anggotanya memakai setelan jas mewah berwarna hitam. Tak lupa mereka juga juga ditemani gadget unik yang canggih.

Ternyata organisasi ini memiliki tugas menjaga masyarakat dari pengetahuan tentang alien yang sesungguhnya makhluk tersebut telah menyatu dan tergabung pada aktivitas harian manusia. Lewat humor yang khas dan aksi yang menawan, Will Smith dan Tommy Lee J.  mampu membuat film ini menjadi sangat menarik.

9. Cloverfield (2008)

Jika kamu ingin menonton film alien terbaik yang punya perspektif beda dengan yang lainnya, maka Cloverfield lah pilihan yang tepat. Pasalnya, kamu akan dibawa merasakan ketegangan dari dokumentasi amatir. Meski dengan konsep yang hanya menggunakan camrecorder, film ini akan membuatmu terkejut dan ketakutan.

Cloverfield menceritakan kelompok pemuda yang harus bertahan agar tetap hidup dan terlepas dari kehancuran yang diakibatkan oleh munculnya alien dengan ukuran raksasa. Sekelompok pemuda ini terus diteror dari hingga kemanapun mereka pergi. Sayangnya, alien yang ada pada film ini tidak digambarkan secara penuh dan gamblang.

10. T (1982)

Film E.T The Extra-Terrestrial ini memiliki genre fiksi bertema keluarga. E.T ini bercerita mengenai dua sosok bocah laki-laki berumur 10 tahun bernama Elliot dan Michael, kakaknya yang berumur 15 tahun. Suatu ketika mereka bertemu dengan makhluk luar angkasa yang ternyata bersembunyi di dalam rumahnya. Mereka memutuskan untuk diam dan tak memberitahu ibunya.

Lama-lama Elliot mendapati bahwa tingkah lakunya sudah berubah, begitu pula sang alien. Alien tersebut akhirnya diberi nama E.T dan membuat sebuah alat komunikasi luar angkasa kemudian meninggal. Tak lama ia ditemukan kaka beradik tersebut dengan kondisi yang sekarat.

11. The Thing (1982)

Film alien terbaik satu ini masuk dalam kategori misteri, sains-fiksi, dan horor. The Thing ini menceritakan tentang sekelompok tim riset yang diincar para alien untuk mengubah bentuk tubuh mereka. Suatu hari sekelompok penduduk Norwegia terdengar sedang memburu seekor anjing dengan menggunakan helikopter.

Sayangnya, helikopter tersebut akhirnya meledak dan menewaskan sekelompok orang Norwegia tersebut. Ada seekor anjing yang menyerang tim riset kemudian tim tersebut menyadari bahwa anjing tersebut adalah sebuah makhluk yang disebut alien. Alien tersebut dapat meniru fisik makhluk lainnya.

12. Signs (2002)

Karya apik dari M Night Shyamalan satu ini menceritakan tentang sebuah efek dari munculnya crop circle yang sedikit aneh. Benda tersebut muncul di sebuah lahan pertanian milik seorang mantan pendeta di daerah Pennsylvania.

Pendeta tersebut sudah meninggalkan kepercayaannya dan dalam keadaan terpuruk karena isteri tercintanya telah meninggal. Akhirnya alien tersebut menyerang pendeta dan lingkungannya secara brutal. Tak hanya menyuguhkan kisah yang seru dan menegangkan, Signs juga mampu mengeksplorasi topik yang berkaitan dengan keluarga dan keyakinan.

13. War of the Worlds (2005)

Film alien terbaik ini menceritakan tentang Ray Ferrier, seorang ayah yang sedang berusaha untuk membuat hubungan dengan kedua anaknya kembali akrab. Peran Ray ini dimainkan oleh artis kenamaan yang sangat terkenal, yaitu Tom Cruise. Berkat aktingnya yang menawan, Tom dapat membawakan peran Ray dengan sangat apik.

War of the Worlds juga mengisahkan tentang sebuah teror yang datang secara tiba-tiba, dari cuaca yang mendadak aneh hingga munculnya alien. Alien tersebut akhirnya dikenal dengan nama tripod. Film ini sangat menegangkan sehingga membuat kamu seolah terbawa suasananya.

14. Edge of Tomorrow (2014)

Artis terkenal Tom Cruise kembali memerankan film bergenre alien. Kali ini, film yang diperankan menceritakan ras alien yang di masa depan menginvasi bumi kemudian mengalahkan kemiliteran pasukan tentara di dunia. Terdapat sekelompok orang yang kembali terperangkap pada waktu lampau dimana mereka masih belum tewas berkat perang.

Tim tersebut akhirnya bertarung dengan makhluk luar angkasa. pada setiap pertempuran yang diulang, mereka makin mendekati kemenangan. Meski film ini sudah rilis lama, Edge of Tomorrow tetap masih asik dan seru untuk kamu tonton.

15. The Day the Earth Stood Still (2008)

Film ini cukup menarik karena menceritakan tentang makhluk alien yang dapat menentukan kehidupan dan nasib planet bumi. Alien tersebut bernama Klaatu dan datang ke bumi bersama sesosok robot yang cukup canggih, yaitu Gort. Kedatangan kedua sosok misterius tersebut membuat manusia geger dan menembaki pesawat mereka.

Untungnya, robot canggih itu dapat menyelamatkan alien dan tidak melukai manusia. Klaatu akhirnya dibawa ke rumah sakit, namun ia kabur dan bertemu sosok Helen. Mereka makin akrab meski Helen tak tau asal-usul alien tersebut. Akhirnya Klaatu mengaku dan menceritakan tujuannya datang ke bumi.

16. Alien vs Predator: Requiem (2007)

Film alien terbaik satu ini merupakan lanjutan dari film dengan judul yang sama di tahun 2004. Ternyata, pertarungan antara predator dan alien tak berhenti sampai disitu. Film ini sangat mengejutkan karena berisi tentang makhluk aneh persilangan antara predator dan alien yang akhirnya disebut dengan Predalien. Makhluk menyeramkan tersebut menjadi sebuah ancaman yang membuat manusia panik. Di film ini, kamu akan menyaksikan pertumpahan darah yang amat banyak.

17. The Abyss (1989)

Cerita The Abyys bermula saat terjadi perang dingin dan mengira bahwa Russia telah menyerang kapal selam milik AS. Saat diselidiki, ternyata mereka menemukan UFO. Hanya saja tentara yang lain mengira bahwa benda tersebut hanyalah sebuah ledakan yang berasal dari kapal kecil miliki Rusia. Akhirnya, pemerintah bekerja sama dan terus menyelidiki benda  tersebut. Film fiksi bertema ilmiah ini menjadi salah satu film alien terbaik karya james Cameron yang patut kamu tonton.

18. Alien: Covenant (2017)

Jika kamu sudah menonton film berjudul Prometheus, maka tontonlah sekuelnya satu ini. Sekuel berjudul Alien: Covenant ini mengisahkan tentang kelahiran alien yang merupakan musuh utama pada film seri sebelumnya. Kisah ini bermula saat Covenant, sebuah pesawat yang membawa sekelompok manusia ke luar angkasa.

Tujuannya ialah ingin tinggal di planet baru. Sekelompok manusia tersebut mengira menemukan sebuah tempat layaknya surga. Mereka tak mengira bahwa tempat itu justru berbahaya. Film menegangkan ini dibintangi oleh artis terkenal sekelas Michael Fassbender. Film ini menyuguhkan adegan sadis dan makhluk dengan tampang yang sangat mengerikan.

19. Mars Attack (1996)

Tak banyak yang tau ternyata ada film alien terbaik di masa lampau yang pastinya masih seru untuk ditonton saat ini. Salah satu film terbaik tersebut ialah Mars Attack (1996). Film alien ini cenderung lebih santai dibandingkan dengan film alien yang lainnya. Mars Attack berisi satir politik dan guyonan yang bikin geleng-geleng kalau ditonton masa kini.

Film ini menceritakan makhluk mars yang berkunjung ke bumi. Manusia awalnya berpikir alien tersebut datang untuk melakukan misi perdamaian, ternyata justru mereka malah rusuh dan membuat bumi berantakan. Bentuk aliennya juga sangat aneh dan justru mengundang tawa.

20. Paul (2011)

Satu lagi film alien yang menyuguhkan nuansa dan suasana yang justru absurd. Tak lain dan tak bukan ialah film berjudul Paul (2011). Paul merupakan sesosok alien yang bertemu dengan para sahabatnya di bumi. Mereka nantinya merasakan sebuah petualangan yang begitu menegangkan.

Awalnya Paul adalah kolega pemerintah dalam hal sosial dan teknologi, hanya saja pemerintah ingin merampas otak encer Paul untuk sebuah penelitian. Paul sudah meminta bantuan makhluk sebangsanya, namun ia tengah dikejar oleh FBI sehingga Gollings dan Willy, sahabatnya tersebut berupaya membantu Paul.

Itulah tadi 20 rekomendasi dan referensi film alien terbaik yang harus kamu tonton. Rekomendasi film alien tersebut akan menemani akhir pekanmu dengan menyenangkan. Selain menegangkan, film-film tersebut juga masih seru meski sudah ditonton berkali-kali. Tak hanya itu, banyak film alien yang menampilkan cara pandang berbeda yang tentunya sangat menarik untuk ditonton.