Banyak sekali film animasi terbaik yang telah lama rilis namun tetap keren sepanjang masa.  Dunia film animasi sedang berada di masa emasnya. Tapi jangan salah, bukan berarti film animasi zaman dahulu tak ada di hati penontonnya. Film-film tersebut banyak yang masih ditonton karena meninggalkan kenangan indah di hati penontonnya.

Meski telah memasuki era baru dari film animasi, rasanya menonton film lama yang sarat makna justru mampu membuat sesi menonton film jadi luar biasa.  Namun, bukan berarti film-film terbaru tidak mampu bersaing. Ada beberapa film animasi baru yang langsung memikat hati penonton. Semua itu karena dari makna, alur, kualitas animasi, hingga kisah yang disampaikan.

Menurut beberapa orang, film animasi ini bahkan mampu menyampaikan pesan yang lebih mendalam, dapat dipahami seluruh kalangan, hingga dapat menggambarkan segala bentuk fantasi. Sehingga banyak film animasi yang hingga kini masih menjadi favorit. Nah, berikut ini ialah sederet film kartun dan animasi terbaik yang wajib ditonton untuk mengisi waktu luang.

26 Film Animasi Terbaik dan Keren

1. WALL-E (2008)

Salah satu film animasi terbaik jatuh kepada salah satu kartun Disney, yaitu Wall-E (2008). Film animasi ini menceritakan kisah robot yang melakukan petualangan di angkasa. Berbeda dengan robot yang lain, Wall-E hanya sebuah robot yang bekerja untuk membantu pengaturan limbah di bumi. Suatu saat ia bertemu dengan Eve, sebuah robot yang merubah hidupnya. Film animasi ini sarat dengan makna persahabatan hingga mampu memotivasi kamu, loh.

2. Kimi No Na wa (Your Name) (2016)

Siapa sih yang tak kenal dengan film kartun satu ini? Animasi ini bercerita mengenai Mitsuha Miyamizu, seorang gadis SMA yang ingin merasakan hidup menjadi lelaki. Suatu hari, gadis tersebut terbangun dan menemukan dirinya di Tokyo serta bertubuh seorang laki-laki bernama Taki. Begitu pula yang terjadi pada Taki yang terbangun di sebuah desa dengan tubuh Mitsuha. Film yang nyaris mendapatkan rating sempurna ini berhasil menyita perhatian banyak kalangan.

3. Weathering With You (2019)

Animasi terbaik satu ini bercerita tentang Hodaka, seorang bocah yang bertemu gadis Tokyo yang mampu mengendalikan cuaca. Gadis tersebut bernama Hina. Sutradara dari film ini adalah Makoto Shinkai yang juga merupakan pencetus film terkenal Your Name (2016). Kolaborasi dengan Radwimps membuat film ini punya kualitas musik dan animasi yang tak ada duanya.

4. Up (2009)

Up (2009) menjadi salah satu film animasi terbaik yang sangat trending saat dirilis. film ini menceritakan petualangan Carl dan istrinya untuk pergi berlibur yang harus kandas di tengah jalan. Akhirnya Carl bertemu dengan seseorang bernama Russell lalu mereka melanjutkan mimpi Carl yang sempat tertunda. Meski dirasa petualangan yang kali ini sangat menegangkan. Kisah yang sangat apik ini tidak akan membuat kamu bosan meski sudah menontonnya berulang-ulang.

5. Frozen (2013)

Film Frozen merupakan salah satu film terlaris yang pernah ditonton. Hal ini lantaran kisahnya yang memiliki makna begitu mendalam. Frozen mengisahkan tentang dua orang saudara yang sedang menghadapi permasalahan lantaran Elsa, sang kakak memiliki kemampuan mengendalikan es. Suatu ketika warga meyakini bahwa Elsa sang ratu es dapat menyebabkan bencana di kotanya. Sehingga akhirnya Elsa mengasingkan diri dan Anna, sang adik, mencari dan membawa Elsa kembali pulang agar kutukan badai es yang abadi dapat dihentikan.

6. Onward (2020)

Meski jadi pendatang baru, film animasi Onward juga masuk ke dalam deretan film animasi terbaik yang pernah ada. Pasalnya film ini menceritakan dua peri remaja bernama Ian dan Barley yang sedang menjalankan sebuah misi yaitu menemukan lagi sisa sebuah keajaiban di dunia. Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan waktu berharga selama satu hari bersama ayahnya yang telah meninggal.

7. Spirited Away (Sen to Chihiro no Kamikakushi) (2001)

Animasi ini sempat menerima banyak pujian dari animator dunia dan banyak mendapatkan penghargaan. Film ini bercerita tentang kisah seorang gadis kecil dan orang tuanya yang terjebak di dunia roh. Orang tuanya kemudian dikutuk menjadi seekor babi oleh salah satu penyihir jahat karena dinilai terlalu rakus. Akhirnya Chihiro, gadis tersebut, harus melawan dan memaksa penyihir untuk membuat mereka kembali ke dunia asalnya.

8. Isle of Dogs (2018)

Sebuah wabah flu membuat sekawanan anjing dikarantina pada pulau terpencil. Kemudian ada seorang anak yang sedang berpetualang untuk menemukan anjingnya yang hilang bernama Spots. Anak tersebut kemudian dibantu sekawanan anjing tersebut agar menemukan Spots dengan cepat. Pada akhir cerita nasib Spots dan anjing-anjing yang lainnya dapat berubah karena bantuan dan upaya bocah tersebut.

How To Train Your Dragon: The Hidden World (2019)

Film ini merupakan kisah ketiga dari trilogi How To Train Your Dragon. Kartun ini mengisahkan petualangan Toothless dan Hiccup dengan versi yang lebih apik dan unik dari seri sebelumnya. Animasi ini juga tentang seekor naga betina yang tiba-tiba hadir dan bernama Light Fury. Di sisi lain, Grimmel, sang pemburu naga ingin menghabisi kawanan naga Night Fury.

Incredibles 2 (2018)

Film animasi terbaik ini merupakan sekuel dari film sebelumnya, yaitu The Incredibles (2004). Animasi ini dinilai memiliki kualitas yang lebih baik daripada seri sebelumnya. Incredibles 2 ini menceritakan tentang keluarga yang memiliki bermacam kekuatan untuk melawan musuh. Film ini memiliki fokus pada pasangan suami istri yang merupakan seorang superhero, yaitu Elastigirl dan Mr. Incredible.

9. Big Hero 6 (2014)

Film Big Hero 6 ini bercerita tentang Hiro, seorang anak yang sangat menyukai robot. Kemudian ia diberi robot yang mampu membantu mengurusnya dan robot tersebut bernama Baymax. Di sisi lain, mereka sedang dihadapkan dengan orang jahat yang ingin menghabisi bumi. Akhirnya Hiro, Baymax, dan beberapa temannya berupaya untuk menghentikan kejatahan tersebut.

10. Zootopia (2016)

Film Disney satu ini berhasil meraih rekor sebagai film animasi terlaris kedua setelah Frozen (2013). Filmnya menceritakan seekor kelinci bernama Judy Hopps yang berusaha sangat keras untuk mencapai cita-citanya sebagai polisi di Zootopia. Akhirnya dia pun berhasil mewujudkan mimpi tersebut. Tetapi, suatu waktu ia mendapatkan kasus yang berat. Ia dan seekor rubah bernama Nick bersama-sama berusaha menyelesaikan kasus tersebut.

11. Inside Out (2015)

Jika menonton film ini, kamu akan sedikit berpikir keras, karena animasi ini menceritakan psikologis manusia yang ternyata benar-benar ada. Film ini bercerita  mengenai gadis remaja dengan emosi yang tidak stabil. Suatu ketika ia harus berpindah kota bersama orang tuanya sehingga harus beradaptasi kembali. Film ini akan menyadarkan kita bahwa ternyata terdapat 5 macam emosi yang ada pada kepala manusia.

12. A Silent Voice (2016)

Jika sedang mencari film animasi yang bisa bikin kamu nangis, film ini pilihan yang tepat. Kamu akan melihat kisah tragis dari Shouku Nishimiya, seorang wanita tunanetra yang sering mendapatkan perlakuan yang tidak baik dari teman-temannya sejak kecil. Terlebih lagi ada seorang pria nakal, Shouya Ishida yang selalu mengejeknya. Namun, selang beberapa tahun, saat keduanya telah dewasa, mereka bertemu lagi. Ishida kemudian ingin membayar kesalahan yang telah dilakukannya saat kecil pada Shouya.

13. The Lion King (1994)

Salah satu film Disney kali ini tampaknya membekas dihati para penonton. Pasalnya film animasi ini bercerita tentang seekor singa bernama Simba yang memiliki masa lalu yang begitu traumatik. Kemudian dia bertemu dengan sesosok yang mampu merubah kehidupannya, yaitu Nala. Simba berusaha dengan keras untuk merebut kembali tahta ayahnya yang telah dibunuh oleh sang paman. Latar yang digunakan film animasi ini ialah sebuah hutan di belahan Afrika.

14. Toy Story 1-4

Series Toy Story memang menjadi film andalan di akhir pekan. Film animasi terbaik sepanjang masa ini tidak akan cukup ditonton sekali saja. Kamu juga tidak bisa hanya menonton satu serinya atau menonton dengan tidak urut. Toy Story 1 hingga 4 memiliki makna perjalanan dari mainan miliki Andy. Setiap seri dari animasi ini memiliki kisah lanjutan dan konflik yang berbeda. Namun, tetap saja ceritanya terkait dan tak lepas dari kehidupan manusia. Perjalanan para mainan dari Andy masih kecil hingga sudah dewasa merupakan makna yang sangat mendalam.

15. Monster, Inc. (2001)

Film animasi Monster, Inc hingga kini masih sering diputar di beberapa stasiun TV di Indonesia. Kepopuleran film ini membuat penonton tak bosan menontonnya berkali-kali. Animasi ini mengisahkan tentang persahabatan dua monster yang sama-sama bekerja di suatu perusahaan. Pekerjaan pada perusahaan tersebut ialah menakut-nakuti ribuan anak kecil agar memperoleh energi yang berguna untuk kehidupan di kota monster.

Pada suatu waktu, akhirnya mereka menemukan bahwa sebenarnya tawa anak-anak lah yang memberikan energi lebih besar daripada tangisan. Maka dari itu, mereka ingin membuat para monster yakin dan percaya terhadap hal tersebut.

16. Madagascar 2 (2008)

Animasi ini merupakan salah satu film yang memiliki tema petualangan komedi. Seri kedua ini melanjutkan cerita film sebelumnya, yaitu petualangan dari Alex Singa, Marty Zebra, Melman Jerapah, serta Gloria Kudanil. Film hewan ini berlanjut karena mereka harus mengelilingi dunia. Film petualangan hewan ini dikemas menarik penuh dengan lawakan sehingga penonton tidak akan pernah bosan. Bahkan film Madagascar seri kedua ini dinilai punya sisi humor dan jalan cerita yang lebih baik dari seri sebelumnya.

17. Cars (2006)

Animasi ini menceritakan sekumpulan kendaraan dan mobil yang ternyata mampu berbicara. Terdapat sebuah mobil yang memiliki cita-cita tinggi, yaitu menjadi mobil balap tercepat di arena balap Le Mans endurance. Mobil tersebut bernama Lightning McQueen. Pada akhirnya mobil tersebut bertemu sang idola dan memintanya untuk mengajari bagaimana cara untuk menjadi mobil tercepat. Di sisi lain, juga ada beberapa konflik yang membuat kartun ini makin menarik dan seru.

18. Finding Nemo (2003)

Siapa yang tak sedih saat menonton film animasi terbaik satu ini? Bahkan sejak pertama kali dirilis, Finding Nemo sudah diterima dengan sangat baik. Selain itu, film ini juga mendapatkan banyak sekali penghargaan. Tak hanya itu, film yang bercerita tentang seekor clown fish yang tengah mencari anak kesayangannya yang bernama Nemo di lautan yang begitu luas ini tentunya meraih banyak review positif dari berbagai kritikus film.  Suatu ketika sang ayah bertemu dengan seekor ikan bernama Dory dan kemudian memutuskan untuk mencari Nemo bersama.

19. Despicable Me (2010)

Hadir dengan konsep baru dan segar, film Despicable Me menceritakan pencuri profesional yang sudah merencanakan sebuah pencurian terbesarnya dengan sangat matang. Pencuri tersebut tidak ingin mengambil barang berharga, melainkan ia ingin mencuri sebuah bulan. Pencuri yang bernama Gru tersebut kemudian memanfaatkan para minions agar rencananya dapat terwujud sempurna. Menariknya, ternyata terdapat pencuri lain yang juga menginginkan bulan tersebut sehingga jalan ceritanya lebih menarik dan seru.

20. Ice Age (2002)

Film animasi terbaik ini menceritakan beberapa jenis hewan yang tinggal pada zaman es. Ice Age juga mengisahkan bahwa pada saat itu telah ada manusia purba yang lahir serta hidup berkelompok. Suatu ketika ada seorang anak yang terpisah dari orang tua dan kelompoknya. Anak tersebut kemudian ditemukan dan dirawat oleh sekumpulan hewan. Hingga akhirnya hewan-hewan tersebut memiliki rencana untuk membawa anak tersebut kembali pada kelompoknya.

21. Coco (2017)

Film ini dinilai begitu menyedihkan hingga tidak bosan ditonton berkali-kali. Animasi Coco bercerita tentang petualangan dunia roh seorang bernama Miguel yang mencari sebuah kebenaran tentang silsilah keluarganya. Yang perlu kamu tahu, film ini bahkan menyabet penghargaan berupa Best Original Song. Jika sudah menontonnya di bioskop, tak ada salahnya untuk menonton kembali. Sebab film ini sangat seru dan bisa menemani akhir pekanmu.

22. Moana (2016)

Film animasi terbaik garapan Disney ini menyuguhkan kisah yang unik dan segar untuk anak-anak. Moana, seorang gadis yang tinggal berdekatan dengan lautan menjadi fokus utama film ini. Kisahnya bermula saat gadis tersebut bertemu dengan Dewa Maui untuk menemukan jati diri. Kemudian mereka  bersama-sama melakukan perjalanan dan menghadapi musuh. Ternyata kisah dari film ini diangkat langsung dari legenda Polynesia, loh.

23. Shaun the Sheep Movie (2015)

Serial Shaun the Sheep memang cukup terkenal di TV hingga akhirnya dibuat versi layar lebarnya. Ceritanya masih sama tentang perkumpulan domba yang ada di ladang. Pada suatu hari pemiliknya menghilang secara misterius sehingga pada domba akhirnya bersama-sama mencari pemilik tersebut. Jika kamu mengikuti serialnya di TV, film ini akan sangat menguras emosi. Film animasi satu ini sangat cocok untuk menikmati akhir pekanmu bersama keluarga.

24. The Lego Movie (2014)

Animasi lego ini merupakan implementasi konsep hubungan ayah dan seorang anak yang digambarkan melalui sebuah lego. Pada animasi ini, lego-lego hidup tenang dan nyaman di kota Lego. Emmet, seorang lego sederhana yang hidup di kota dengan penuh aturan keras dari sang pemimpin. Suatu ketika pemimpin tersebut berniat jahat. Emmet yang terjatuh kemudian tidak sengaja “menyelamatkan dunia” Lego berkat Wildstyle, seorang gadis cantik penyelamatnya.

Nah, itulah tadi 26 film animasi terbaik dan keren sepanjang masa yang oke banget kamu tonton. Film-film animasi tersebut dijamin tidak akan pernah lekang oleh zaman. Meski sudah berkali-kali ditonton, 26 film animasi di atas dijamin tidak akan bikin kamu bosan. Justru beberapa judul film akan terngiang di kepala dan membuatmu ingin menontonnya terus-menerus.