17 Film Detektif Terbaik dengan Alur Cerita yang Epic

Bagi kamu yang menyukai film bergenre misteri, tentu sudah banyak menonton berbagai macam genre film detektif bukan?

Dengan alur kisah yang penuh akan teka teki dalam mengungkap sebuah misteri kejahatan, film detektif selalu menghadirkan rasa penasaran bagi para penonton untuk menerka-nerka siapa dalang dibalik pelakunya. Karena itulah hampir semua film dengan tema detektif pasti memiliki banyak penggemar.

Tak hanya itu, film ini menyajikan alur yang menarik terkait usaha yang dilakukan sang karakter utama dalam menyelesaikan tiap tahapan masalahnya.

Cara yang tak terduga dan sulit dipahami pentonton inilah yang justru menjadi daya tarik utamanya. Saking serunya, kalau kamu menontonnya pasti nggak mau beranjak barang sedetikpun karena tidak ingin ketinggalan tiap alur ceritanya.

Catatan: Film yang kami rekomendasikan ini memiliki rating yang tinggi di IMDB dan tersedia di platform streaming seperti Netflix, Iflix, Viu, dan lainnya.

Film Detektif Terbaik Sepanjang Masa

Film bertema detektif sebenarnya tidak berupa genre misteri saja loh. Diantaranya ada genre adventure, thriller, action, horor, neo-noir misteri, hingga psikologikal thriller. Untuk kamu yang merupakan penggermar film detektif, berikut kami sajikan daftar film detektif terbaik sepanjang masa.

1. The Da Vinci Code (2006)

Film yang diadaptasi dari novel berjudul “The da Vinci Code” karya Dan Brown ini bercerita tentang perjalanan Robert Langdon yang diperankan oleh Tom Hanks dalam memecahkan kode rahasia yang terdapat dalam lukisan terpopuler karya Leonarde da Vinci yakni lukisan Monalisa.

Tayang perdana di Amerika pada tanggal 16 Mei 2006 silam, film yang berdurasi 149 menit ini memiliki alur cerita yang kompleks dan membuat para penonton berpikir mendalam. Namun dari segi entertainnya tetap dapat dinikmati dengan baik oleh semua orang. The Da Vinci Code mengisahkan mengenai seorang ahli simbol dari Universitas Harvard bernama Robert Langdon dalam menyelediki kematian kurator museum dengan menggali beberapa kode yang telah ditinggalkan sebelum kematiannya pada sebuah lukisan.

2. Sherlock Holmes (2009)

Semua penggemar film detektif pasti sudah tahu tentang karakter satu ini. Beberapa referensi mengatakan bahwa sherlock holmes merupakan tokoh fiksi yang paling populer sepanjang masa. Sherlock Holmes merupakan tokoh fiksi yang berprofesi sebagai detektif asal Inggris yang merupakan mahakarya dari Sir Arthur Conan Doyle. Pembuatan film ini juga terinspirasi dari karangan novel dengan nama yang sama yang dibuat olehnya.

Film ini tidak hanya mengusung tema misteri saja, ada juga genre adventure, thriller dan dibumbui aura mistis di dalamnya. Dengan kecerdikan sang tokoh utama yang diperankan oleh Robert Downey Jr dan dibantu rekannya John Watson yang diperankan oleh Jude Law dalam memecahkan setiap kasus, akhirnya ia harus berurusan dengan Lord Henry Blackwood, seorang penjahat top yang meresahkan kota London. Film ini akan mengisahkan petualangan mereka dalam menggagalkan aksi penjahat tersebut.

3. Shutter Island (2010)

Jika kamu menyukai film dengan teka-teki yang sulit ditebak dan plot twist yang tak terduga, maka shutter island sangat cocok untuk ditonton. Film yang tayang perdana pada tahun 2010 ini diperankan oleh aktor papan atas Leonardo deCaprio, sehingga kamu tidak perlu meragukan lagi kualitas aktingnya dan juga filmnya.

Shutter Island bercerita tentang seorang detektif yang menyelidiki kasus hilangnya seorang pasien Rumah Sakit Jiwa di Shutter Island yang bernama Racher Solando. Dengan menggunakan alur maju mundur dan perubahan topik yang sangat cepat, film ini mengharuskan kita agar lebih teliti dalam memahami setiap alurnya agar tidak kehilangan momen pentingnya.

4. The Silence of The Lambs (1991)

Walau tergolong film keluaran lama, namun saat ini banyak sutradara film yang mengambil inspirasi ceritanya dari film ini loh. Karena itulah film ini banyak dipuji oleh para kritikus film karena keorisinilan alur ceritanya, bahkan beberapa diantaranya menganggapnya sebagai salah satu film detektif terbaik sepanjang masa. Karena itulah film ini memenangkan penghargaan dalam academya awards.

The Silence of The Lambs bercerita tentang seorang detektif cantik muda yang yang berusaha mencari informasi tentang pelaku pembunuhan berantai. Karena rumitnya memecahkan kasus, ia akhirnya meminta bantuan seorang napi cerdas untuk ikut membantu menangkap pelakunya.

5. Under The Silver Lake (2018)

Karena film ini kental dengan unsur dewasa, sebaiknya kamu tidak menontonnya dengan anak dibawah umur. Walau begitu, film ini menyuguhkan plot twist yang benar-benar tidak kamu duga dengan langkah-langkah pemecahan kasus yang sangat menarik untuk terus diikuti.

Dirilis tahun 2018, film yang disutradarai oleh David Robert Mitchell ini mengisahkan seorang bernama Sam yang diperankan Andrew Garfield. Ia merupakan pengangguran yang sangat suka teori konspirasi. Cerita ini dimulai saat dia bertemu dengan gadis cantik yang merupakan tetangganya sendiri. Namun keesokan harinya wanita tersebut menghilang bersama dengan semua barangnya. Hanya meninggalkan sebuah kotak yang menjadi kunci baginya untuk menemukan wanita itu kembali.

 

6. Searching (2018)

Satu hal yang paling beda dari film ini adalah dari segi tampilan visual. Bila film lainnya point of viewnya berasal dari arah kamera, film ini menyajikannya dari tampilan layar. Baik dari tampilan layar laptop, smartphone, hingga hdcam semuanya disusun frame per frame hingga satu film penuh. Sebenarnya film ini bukan bercerita tentang seorang yang berprofesi sebagai detektif, namun seorang ayah yang bernama David Kim yang diperankan oleh John Cho dalam mencari seorang putrinya yang dibantu seorang detektif dari kepolisian setempat.

Film yang dirilis tahun 2018 ini bercerita tentang seorang single dad yang hidup bahagia bersama dengan anak putri tunggalnya. Namun kebahagian itu sirna saat ia mengetahui putrinya tak kunjung pulang setelah sekian lama. Akhirnya dengan berbekal alat digital yang ada, ia mengikuti semua jejak informasi digital yang ditinggalkan putrinya untuk menemukannya.

7. The Nice Guys (2019)

Latar belakang waktu dalam film ini berada pada tahun 70 an. Kamu yang sekilas melihat film ini juga pasti tahu tentang suasana yang serba dulu. Dilihat dari alur ceritanya, film ini tergolong ringan untuk dinikmati, tidak membuat kita banyak berfikir. Walau begitu, tetap saja sulit menebak siapa dalang dibalik pelaku kejahatannya jika belum menontonnya sampai selesai.

Hilangnya seorang cewek bernama Amelia diduga berhubungan dengan kematian Misty si aktris film dewasa karena terjadi pada malam yang sama. Disini Ryan Gosling yang memerankan Holland March merupakan detektif swasta. Walau di awal dia adalah musuh Jackson Healy (Russel Crowe) orang bayaran yang suka mukulin orang, tapi akhirnya mereka bekerja sama memecahkan kasus ini.

8. Murder Mistery (2019)

Selain dibintangi oleh aktor ternama seperti Adam Sandler, Jennifer Aniston, David Walliams dan Luke Evans, kisah yang dihadirkan dalam film ini sangatlah epik. Siapapun yang menontonnya kami jamin tidak akan pernah bosan. Alur cerita yang dimilikinya sederhana karena genrenya adalah mistery comedy, namun plot twistnya benar-benar sangat susah ditebak karena adanya konspirasi didalamnya.

Para penonton pun akan terpancing untuk terus penasaran dengan siapa dalang dibalik pelaku pembunuhan tersebut selama film berlangsung. Kasus dalam film ini dimulai dari sepasang kekasih yang sedang berencana berlibur ke Eropa namun akhirnya diundang oleh keluarga kaya raya untuk naik ke kapal pesiarnya.

9. The Girl With Dragon Tattoo (2011)

Jika kamu fans Daniel Craig, pasti sudah tidak asing dengan film satu ini. Selain itu, David Fincher sebagai sutradaranya memang sudah tidak diragukan lagi dalam karya karyanya mengenai cerita misteri yang mencekam. Di film film pendahulunya pun sukes besar, seperti di film se7en, zodiac, dan fight club. Film ini diadaptasi dari novel berjudul “the girl with dragon tattoo” yang ditulis oleh Stieg Larsson.

Sama seperti judul filmnya, film ini menceritakan seorang cewek yang memiliki tato bergambar naga dipunggungnya yang bernama Lisbeth Salander. Dia memiliki keahlian tinggi sebagai seorang hacker yang membantu orang kaya Henrik Vanger untuk menyelidiki kasus lama yang belum terungkap. Nah peran Daniel Craig (Mikael Blomkvist) ialah sebagai wartawan yang sekaligus seorang detektif yang juga ikut menyelidiki kasus ini.

10. Momento (2000)

Film karya christopher nolan ini menjadi salah satu film detektif terbaik dengan suguhan cerita yang benar-benar unik. Penggabungan alur maju mandur dengan visual hitam putih untuk tiap potongan flashback juga menjadi keunikan lain dari film yang rilis tahun 2000 ini.

Momento mengisahkan seseorang dan istrinya yang diserang hingga menyebabkan istrinya meninggal dan membuatnya menjadi amnesia parah. Amnesia yang diidapnya pun tergolong langka, karena ia tidak bisa membuat ingatan baru akibat ingatannya akan terhapus setiap 5 menit. Karena kesulitan mencari tahu siapa pelaku penyerangannya, maka ia menggali informasi dari foto polaroid dan tato yang ada disekujur tubuhnya.

 

11. Gone Baby Gone (2007)

Banyak film sukses dan terkenal yang merupakan hasil adaptasi dari novel populer. Salah satunya adalah film yang berjudul gone baby gone yang diadaptasi dari novel karya Dennis Lehane. Dengan pengarah cerita Ben Affleck dan pemeran utamanya Casey Affleck, film ini sukses dan mendapatkan banyak sekali pujian dari para kritikus film.

Inti utama film ini ialah tentang seorang detektif swasta yang bernama Patcrick Kenzy yang mencoba menguak misteri penculikan anak umur 4 tahun di Boston yang bernama Amanda McCready. Dalam upaya penelusuran, ia tak menyangkanya jika harus berususan dengan gembong narkoba yang terkenal di kotanya.

12. Se7en (1995)

David Fincher sebagai sutradara se7en berhasil membuat film ini menjadi film bergenre misteri yang memiliki nuansa mencekam dan kisah yang kelam. Pemeran utamanya pun tak main-main, ada Morgan Freeman dan Bradd Pitt yang mana mereka berdua sudah melegenda sebagai aktor Hollywood papan atas.

Morgan Freeman sebagai William Somerset dan Bradd Pitt sebagai David Mills merupakan 2 orang detektif senior dan junior yang memiliki kepribadian bertolak belakang. Namun mereka harus saling bekerja sama dalam mengungkap kasus pembunuhan berantai. Penyelidikan pun akhirnya membuahkan hasil, namun sang pelaku telah memiliki rencana khusus untuk mereka berdua.

13. Knives Out (2019)

Tak ayal bila knives out menjadi salah satu dari deretan film detektif terbaik karena dibintangi oleh beberapa aktor ternama seperti Daniel Craig, Ana de Armas, Chris Evans, dan juga Christopher Plummer. Film yang disutradarai oleh Rian Johnsohn ini dirilis tahun 2019 dan cukup menyita perhatian para pecinta film bertema detektif kala itu.

Film ini mengisahkan tentang seorang kepala keluarga kaya raya yang bunuh diri. Walau ditetapkan sebagai kasus bunuh diri karena melihat oleh TKP nya, namun dari beberapa kejadian ada yang tampak janggal. Sehingga seorang detektif bernama Benoit Blanc mencoba menelusurinya untuk mengungkap misteri dibalik peristiwa tersebut.

14. Pokemon Detective Pikachu (2019)

Film yang satu ini berbeda dari semua film di atas. Dengan menghadirkan genre fiksi, film ini membuatnya lebih santai untuk dinikmati semua kalangan, bahkan anak-anak sekalipun. Tanpa perlu membuat penonton berpikir keras untuk bisa menerka setiap adegan demi adegan. Walau begitu, unsur tema detektifnya tetap melekat dengan baik di film yang baru rilis tahun 2019 ini.

Bintang utama film pokemon detective pikachu adalah Justice Smith dan Ryan Reynolds. Film yang diadaptasi dari serial terkenal di Japan ini menceritakan tentang seorang pelatih pikachu yang bernama Tim Goodman. Tim yang ingin menyelidiki ayahnya yang menghilang akhirnya bertemu pikachu yang dapat berbicara di rumahnya. Lalu mereka berdua pergi berpetualang untuk mencari informasi tentang ayahnya.

 

15. Murder on The Orient Express (2017)

Tidak hanya sherlock holmes saja yang terkenal sebagai karakter detektif, ada juga karakter detektif lain yang juga sama terkenalnya yakni Hercule Poirot yang merupakan tokoh karya penulis legendaris yaitu Agatha Christie. Karakter ini memiliki ciri khas yang unik, yakni kumisnya yang begitu ikonik. Nah, Hercule Poirot inilah yang menjadi tokoh utama film murder on the orient express.

Walaupun cakupan cerita yang ditampilkan dalam film terbatas hanya pada pembunuhan yang ada di kereta orient express pada tahun 30 an, kisah yang dihadirkan benar-benar membuat penonton terpukau. Apalagi adanya plot twist yang mengejutkan di akhir filmnya, yang sekaligus memberi nasihat kepada kita sebagai penonton bahwa dunia itu tidak melulu soal hitam dan putih saja.

16. Jack Reacher (2012)

Jack Reacher yang dimaksud adalah Jack Reacher pertama yang sebelumnya bernama one shot. Untuk film Jack Reacher yang rilis tahun 2016 (Jack Reacher: Never Go Back) memang memiliki alur yang sangat jauh berbeda dari film ini walau peran utamanya masih orang yang sama.

Film yang dibintangi artis ternama Tom Cruise ini menceritakan seorang mantan polisi militer Jack Reacher yang menyelidiki kasus terkait pembunuhan 4 orang secara random oleh penembak jitu. Namun setelah mengaitkan antara satu bukti dengan bukti lainnya, ternyata pembunuhan ini mengarah ke seseorang.

 

17. Zodiac (2007)

Kisah nyata juga sangat pas untuk diadaptasikan ke dalam film misteri bertema detektif, seperti halnya film zodiac ini. Berawal dari kisah nyata pembunuhan berantai yang dinamakan zodiac killer yang menjadi kasus dengan misteri terbesar di Amerika Serikat, akhirnya David Fincher mengangkatnya menjadi sebuah film misteri yang penuh ketegangan dan lika liku masalah.

Toschi yang merupakan seorang detektif bekerja sama dengan jurnalis bernama Avery dan Greysmith melakukan penyelidikan dengan menggunakan berbagai petunjuk yang ada. Walau di aslinya kasus zodiac killer belum terpecahkan hingga saat ini, namun fincher selaku sutradara membuat kesimpulannya sendiri berdasarkan riset yang dilakukannya.

Masing-masing film tentu punya alur yang berbeda, sehingga sensasi saat menontonnya pun berbeda pula. Kalau kamu penasaran dengan semua film detektif terbaik di atas, nggak ada salahnya untuk menonton semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *