21 Film Gangster Terbaik yang Penuh Aksi Mendebarkan

film gangster terbaik

Film gangster memang tak akan membuat kita bosan saat menontonnya.

Dengan menggabungkan genre action, chrime dan kadang ada juga yang membumbuinya dengan thriller, film ini mampu memanjakan mata sekaligus menjadikan dada kita berdebar-debar, apalagi saat mentonton adegan pertarungannya.

Hal lainnya yang menarik dari film gangster ialah seluruh cerita film bisa kita nikmati sepenuhnya tanpa membuat pikiran harus bekerja keras seperti menonton film genre lainnya.

Memiliki alur cerita yang ringan dan plot twist yang simpel membuat film ini jadi begitu menarik untuk ditonton saat mood sedang kurang baik.

Catatan: Film yang kami rekomendasikan ini memiliki rating yang tinggi di IMDB dan tersedia di platform streaming seperti Netflix, Iflix, Viu, dan lainnya.

Film Gangster Terbaik Sepanjang Masa

Penasaran untuk menonton berbagai film gangster? Berikut kami sajikan referensi mengenai beberapa contoh film gangster terbaik yang bisa ditonton untuk menemani waktu santaimu.

 

1. Diproduseri dan dibintangi Stepen Chow: Kungfu Hustle (2004)

Kungfu hustle merupakan salah satu film aksi komedi terbaik yang pernah ada.

Stepen Chow selaku produser, penulis cerita sekaligus pemain utama mengambil alur dan latar tempat di Sanghai tahun 1930 an.

Film yang dibangun pada tahun 2004 ini memiliki efek sinema yang cukup bagus berkat penggunaan teknologi animasi yang ada saat itu.

Dengan alur ceritanya yang keren, film ini dinobatkan sebagai film dengan keuntungan tertinggi sepanjang sejarah perfilman Tiongkok dan juga merupakan film asing dengan pendapatan tertinggi hingga saat ini untuk perfilman US.

Menceritakan tentang kekejaman geng kapak sebagai geng yang paling ditakuti, sampai polisi pun takut. Namun hadirnya sosok Sing dan Bone justru malah jadi ancaman serius bagi kelompok ini.

2. Diangkat dari novel Wiseguy karya N Pileggi: Goodfellas (1990)

Goodfellas merupakan film gangster terbaik versi western yang berhasil mendapatkan rating tinggi di IMDB yakni 8,7 / 10.

Di film ini, kamu akan melihat tentang bagaimana kejamnya seorang mafia yang menghalalkan berbagai cara demi keuntungannya sendiri. Martin Scorsese membuat film ini berdasarkan cerita sebuah novel legendaris berjudul Wiseguy karya N Pileggi.

Film ini mengisahkan Ray Liotta sebagai pemeran utama yang memerankan tokoh Henry Hill serta anggota kelompok gangsternya yang berjuang sekuat tenaga untuk menjadi salah satu gangster paling disegani di kotanya. Apapun ia lakukan demi bisa menunjukan eksistensi gengnya.

 

3. Meraih penghargaan aktor, aktris pendukung dan penyunting terbaik: American Gangster (2007)

Film berdurasi 157 menit ini mendapatkan rating yang cukup bagus di IMDB yakni 7,8 / 10.

Mengambil inspirasi dari kisah nyata dan dibumbui dengan aksi drama yang bagus, film yang disutradarai oleh Nicholas dan Ridley Scoot ini berhasil menyabet 3 penghargaan dari berbagai ajang yang berbeda. Diantaranya sebagai aktor terbaik, aktris pendukung terbaik, dan penyunting terbaik.

Menceritakan tentang Frank Lucas yang diperankan Denzel Washington yang mana ia adalah seorang gangster / mafia yang paling disegani di daerah Amerika di tahun 1970 an.

Film ini memiliki durasi yang cukup lama mengingat hampir semua kisah-kisah pentingnya ditampilkan. Selain itu, film ini pun memakan waktu produksi hingga 7 tahun.

4. Film gangster legendaris: The Godfather (1972)

Kamu suka nonton adegan kekerasan dan pertumpahan darah?

Kalau begitu film berjudul The Godfather sangat cocok untukmu. Dibuat oleh Francis Ford C. film ini berhasil mendapatkan rating yang sangat bagus, yakni 9,2 / 10 di IMDB.

Saking bagusnya, film ini pun diproduksi trilogi nya.

Bercerita tentang konflik perang dingin antar keluarga mafia. Vito Corleone (Marlon Brando) yang merupakan ketua geng yang paling ditakuti di Amerika mencoba menuntaskan konflik ini, namun alhasil dia harus terkapar di rumah sakit karena tertembak. Akhirnya perjuangannya digantikan oleh ketiga anaknya.

 

5. Film gangster yang diangkat dari kisah nyata: Lawless (2012)

Selama 116 menit, kamu akan disuguhkan adegan-adegan yang begitu dramatis dan menegangkan di film garapan John Hillcoat ini.

Walau begitu kamu juga akan disuguhkan kisah cinta romantis antara beberapa tokoh yakni antara Jack dan Bertha serta Forrest dan Maggie.

Diadaptasi dari kisah nyata tentang keluarga Bondurant yang merupakan mafia yang menjual minuman keras secara ilegal.

Karena begitu banyak keuntungannya, akhirnya beberapa kelompok gangster lain serta saudara Bondurant sendiri memusuhi dan menyerangnya.

6. Dibintangi aktor terkenal Jason Statham & Brad Pitt: Snatch (2000)

Diperankan oleh beberapa aktor papan atas seperti Jason Statham, Brad Pitt, Benicio del Toro, dan Lennie James menjadikan film ini sangat menarik untuk ditonton.

Bertemakan crime comedy, film yang berdurasi 102 menit ini berhasil mendapatkan rating cukup tinggi yaitu 8,3 / 10 versi IMDB.

Film ini memiliki 2 alur cerita yang cukup signifikan, namun keduanya saling terhubung pada akhirnya.

Cerita pertama yakni tentang Frank dan anggota gangsternya berhasil merampok berlian, namun saat ingin menjula ke Doug yang merupakan pengepul barang curian, ia harus berhadapan dengan anggota kelompok lain.

Lihat juga:  19 Film Jepang Romantis Populer yang Bikin Baper

Cerita selanjutnya mengisahkan tentang seorang petinju beserta seorang promotornya, dalam sebuah pertaningan tinju inilah kisah keduanya dipertemukan.

 

7. Dibintangi Al Pacino: Scarface (1983)

Walau termasuk film garapan lama, scarface memiliki alur cerita yang sangat seru untuk ditonton.

Bahkan film yang dibintangi oleh Al Pacino ini berhasil mendapatkan piala Golden Globe untuk kategori penghargaan sebagai aktor terbaik.

Scarface menceritakan tentang perjalanan Tony Montana yang merupakan pemimpin mafia sekaligus gembong narkoba.

Awalnya ia adalah imigran dari Cuba, ia datang ke Amerika sebagai pengedar narkoba. Kelihainnya berhasil menjadikan dirinya sebagai orang yang sukses dan kaya raya serta memiliki kelompok gangster yang disegani.

8. Diadaptasi menjadi game di Xbox dan PS: The Warriors (1979)

Pecinta film bertema kriminal dan mafia pasti sudah tahu betul tentang film satu ini.

Saking fenomenalnya, film ini bahkan dibuat dalam bentuk video game yang dikembangkan oleh developer Rokstars Leeds. Kamu juga bisa memainkannya di Xbox, PS 2 dan PS 4.

Singkatnya, film ini bercerita tentang Cyrus sang ketua geng Riff yang tertembak hingga meninggal saat pertemuan antar geng di Amerika.

Cleon sebagai ketua geng The Warriors ingin menyelamatkan ketua geng justru jadi sasaran fitnah. Pada akhirnya geng The Warriors jadi jadi incaran geng Riff.

 

9. Musuh dalam selimut: Reservoir Dogs (1992)

Dengan alur cerita yang non linear, film ini sukses membuat penonton terkagum-kagum.

Tak ayal bila Resevoir Dogs berhasil menyabet penghargaan sebagai film terbaik tahun 1994 versi NME. Selain itu film ini mendapatkan rating IMDB yang cukup tinggi yaitu 8,3 / 10.

Quentin Tarantio sebagai produser membuat setiap adegan dalam film ini dibuat dengan begitu apik.

Bercerita tentang sekolompok mafia yang gagal dalam melakukan perampokan sebuah toko berlian. Pada akhirnya mereka mulai curiga bahwa ada oknum polisi yang menyamar sebagai anggotanya. Demi mengungkapnya, mereka sampai saling bunuh antar anggota.

10. Menyajikan plot twist yang menarik: The Departed (2006)

Digadang-gadang, film The Departed merupakan salah satu film yang memiliki plot twist terbaik.

Apalagi pemeran utamanya adalah seorang aktor papan atas holywood yakni Leonardo DCaprio, film ini dijamin bisa membuatmu terpikat saat menontonnya.

Film ini menceritakan tentang rencana penangkapan Frank, seorang mafia paing berpengaruh di Irlandia. Untuk menangkap Frank, polisi menyusupkan anggotanya yang bernama Billy untuk menjadi anggota mereka.

Namun rencana itu lebih dulu diketahui oleh mereka mengingat mereka telah menyusupkan anggota gengnya ke lingkungan polisi.

 

11. Perjuangan menjadi gangster terkuat: City of God (2002)

Kerasnya kehidupan di Rio de Janeiro pada tahun tahun 60-70 an menjadi inspirasi bagi Fernando Merielles untuk membuat film ini.

City of God mendapat respons yang bagus dari para pentonton, hal ini dibuktikan dengan rating yang didapatnya yakni 8,3 / 10 di IMDB.

Menceritakan tentang perjuangan Lil Ze dalam menjadi gangster terkuat bersama rekannya Benny. Hal itu dilakukan karena ia tidak tahan melihat sikap The Tender Trio, kelompok gangster pembuat keonaran di kotanya.

Berkat usahanya, ia akhirnya berhasil menguasai kotanya dan menjalankan bisnis gelap untuk bisa bertahan hidup.

12. Film gangster dengan tema satir: Pulp Fiction (1994)

Film ini merupakan garapan sutradara yang sama dengan film Reservoir Dogs yaitu Quentin Tarantio.

Para pemain bintang papan atas pun ikut terlibat dalam film ini, mulai dari Samuel L. Jackson, John Travolta, Bruce Wills hingga Uma Thurman.

Film yang memiliki aroma satir ini menceritakan tentang pembunuh bayaran yang bernama Vincent dan Jules.

Mereka berdua bekerja sama untuk menyelesaikan misi yang diberikan bosnya. Namun saat sedang menjalankan tugasnya, mereka bertemu dengan tokoh lain seperti perampok handal dan petinju bayaran.

 

13. Film gangster asia yang diangkat dari novel populer: Crows Zero (2007)

Gak melulu film holywood saja yang bagus, film Asia yang tak kalah keren yaitu Crows Zero.

Film Jepang ini cukup populer di berbagai belahan dunia, dan saat ini sudah dibuat dalam 3 sekuel. Ceritanya diambil dari novel yang berjudul Crows, namun latar waktunya dibuat berbeda dengan yang ada di novel.

Crows Zero menceritakan tentang anak dari seorang pimpinan gangster yang bernama Genji Takiya. Saat SMA, ia memutuskan masuk ke SMA Suzuran.

Di sekolah ini, peringkat bukan ditentukan dari kepandaian, tapi dari kekuatannya. Hal ini memaksa Genji untuk bertarung dengan semua yang menantangnya.

Baca juga:19 Film Jepang Romantis Populer yang Bikin Baper

14. Film gangster dengan bumbu romantis: A Bittersweet Life (2005)

Genre utama film ini ialah action, namun kamu akan menjumpai beberapa adegan romantis didalamnya.

Setiap adegan dibuat dengan semenarik mungkin, sehingga membuat kamu pasti akan berdecak kagum.

Lihat juga:  20 Film Mandarin Romantis yang Bikin Baper Abis!

Menceritakan tentang seorang pengawal / bodyguard yang ditugaskan untuk menjaga seorang perempuan yang merupakan kekasih dari bosnya.

Bosnya yang merupakan kepala gangster kejam mengetahui bahwa pengawal dan perempuan yang dicintainya saling menyukai. Ia pun sangat marah hingga merencanakan pembunuhan untuknya.

 

15. Garapan sineas Indonesia: The Raid 1 & 2 (2011 & 2014)

Selain Amerika, Jepang, dan Korea Selatan, film Indonesia bertema gangster juga ada yang seru untuk ditonton yaitu The Raid.

Film ini sudah hadir dalam 2 sekuel yaitu The Raid dan The Raid 2. Film yang dibintangi Iko Uwais ini menceritakan tentang usaha kepolisian dalam menangkap bos mafia di sebuah gedung tua.

Untuk film yang kedua sebenarnya hampir sama konsep ceritanya, hanya saja lebih menarik.

Bercerita tentang polisi yang menyusupkan anggotanya ke dalam sebuah geng mafia. Aksi pertarungannya lebih banyak, karena berhadapan dengan banyak kubu, mulai dari beberapa kelompok gangster hingga kopolisian yang korup.

16. Film gangster Hongkong: Internal Affairs (2002)

Film Hongkong satu ini tidak perlu diragukan lagi menjadi salah satu film gangster terbaik Asia.

Berbeda dengan kebanyakan film holywood, internal affairs menyuguhkan tontonan dengan perspektif yang unik, sehingga kamu akan merasakan perbedaan yang nyata dibandingkan menonton film holywood.

Dibintangi oleh Andy Lau film ini menceritakan tentang penyamaran polisi untuk memata-matai gangster yang ditakuti banyak orang dengan masuk sebagai anggotanya.

Tiap alur ceritanya disusun dengan plot twist yang sangat menarik.

 

17. Kisah geng yang paling ditakuti di Jepang, Yakuza: Sonatine (1993)

Siapa sih yang gak kenal dengan geng Yakuza?

Sebagai salah satu geng yang paling ditakuti di Jepang, kisah Yakuza memang banyak diangkat dalam layar lebar, salah satunya ialah film yang berjudul sonatine karya dari Takeshi Kitano.

Film ini masuk sebagai salah satu film gengster terbaik yang di Jepang.

Sonatine menceritakan tentang penugasan beberapa anggota gangster Yakuza dari Tokyo yang dikirim untuk mengatasi perang antar gangster di Okinawa.

Selain berisi adegan menegangkan, sonatine juga memiliki cukup banyak unsur komedi yang akan membuat kita terhibur.

18. Film gangster lokal tanah air: Serigala Terakhir (2009)

Satu lagi film lokal yang tak kalah menarik adalah “Serigala Terakhir” yang disutradari oleh Upi Avianto.

Di film ini, kamu akan disuguhkan dengan tontonan baku tembak antar gangster yang menegangkan.

Serigala terakhir menceritakan tentang persahabatan beberapa orang remaja sejak mereka kecil yang hancur karena mereka mengikuti suatu geng.

Kisah semakin rumit disaat antar tokoh saling berseteru hingga terjadi pertumpah darahan.

 

19. Film gangster dari kisah nyata di Amerika: Public Enemies (2009)

Public enemies diambil dari kisah nyata yang terjadi di Amerika. Diperankan oleh Johnny Depp, film yang rilis tahun 2009 masuk ke salah satu list film gangster terbaik yang pernah ada.

Film ini bercerita tentang usaha yang dilakukan oleh seorang agen FBI yang bernama Melvin Purvis untuk menangkap sekolompok gangster yang pernah merampok bank dan membunuh beberapa anggota polisi.

Beberapa anggota gangster yang masuk daftar top buronan FBI adalah John Dillinger Pretty Boy Floyd, & Baby Face Nelson.

20. Film gangster dengan bisnis ilegal kokain: Layer Cake (2004)

Layer cake merupakan film bergenre crime drama asal Inggris yang diperankan oleh Daniel Craig.

Dalam film ini Daniel Craig tidak memiliki nama, sehingga sering disebut sebagai XXXX. Ia memerankan diri sebagai pengusaha kokain Inggris papan atas.

Bisnis apapun memang memiliki banyak saingan, apalagi bisnis ilegal.

Hal ini menjadikan dirinya serta anak buahnya harus berhadapan dengan kelompok gangster dari Serbia yang juga merupakan seorang gembong narkoba.

Mereka mengancam ingin melakukan pembunuhan kepada XXXX.

 

21. Dibintangi si kocak Adam Sandler: Uncut Gems (2019)

Jika lihat trailernya saja secara sekilas, kamu pasti langsung takjub dengan tiap adegan-adegannya yang disusun begitu rapi dan serius.

Adam Sandler memainkan peran dengan begitu serius di film satu ini berbeda di film lain yang selalu lekat akan unsur komedi.

Menceritakan tentang pemilik toko yang menjual barang hasil kejahatan seperti perhiasan mewah ilegal yang bernama Howard Ratner.

Namun kekayaannya sirna karena ia hobi berjudi. Akhirnya ia menjual batu berlian langka dari Etiophia kepada pemain NBA. Namun hal itu justru yang membuat dirinya terkena masalah bertubi-tubi.


Baca juga: 20 Film Tentang Judi yang Seru dan Menghibur

Itulah 21 macam film gangster terbaik yang kami rekomendasikan untuk menemani waktu luang.

Tiap film punya ciri khas masing-masing. Ada yang menonjolkan adegan kriminalnya, ada yang mengunggulkan sisi adu akting para tokohnya, bahkan ada pula yang menonjolkan sisi komedinya.

Jika penasaran tentang semua filmnya, kamu bisa coba tonton satu per satu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *