20+ Film Hacker Terbaik yang Penuh Aksi Menegangkan

film hacker terbaik

Rekomendasi film terbaik tentang hacker akan kami sajikan di artikel ini.

Era digital menjanjikan kehidupan manusia menjadi jauh lebih baik. Namun seperti pepatah “tak ada gading yang tak retak”, sesempurna apapun segala sesuatu pasti punya sisi kelemahannya. Demikian pula dengan di dunia maya, walaupun sudah dibangun dengan sistem seaman mungkin tapi tentu ada orang yang berhasil meretasnya. Karena itulah sejak era digital mulai berkembang di awal tahun 2000 an, sudah banyak sekali kasus peretasan yang terjadi.

Bahkan ada beberapa kasus peretesan yang mengubah sejarah keamanan internet dan menghebohkan seluruh dunia kala itu. Karena dunia internet penuh dengan anonym yang sulit diidentifikasi dan memiliki ruang yang tak terbatas, proses pengungkapannya pun menjadi hal yang sangat sulit, walaupun itu dilakukan oleh badan keamanan siber sekalipun. Hal inilah yang mendasari para sutradara mengangkat berbagai macam kisahnya ke dalam film dengan tema hacker.

Daftar Film Hacker Terbaik Sepanjang Masa

Cybercrime (kejahatan di dunia maya) banyak sekali jenisnya. Diantaranya ada hacking, cracking, carding, defacing, phising, maupun seperti yang beberapa waktu lalu menghebohkan seluruh dunia dengan adanya virus malware ransomware. Para pelakunya punya tujuan masing-masing, ada yang hanya untuk popularitas semata ada pula yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Hal itu sama seperti berbagai macam kisah dalam berbagai film hacker terbaik berikut ini:

Film yang kami rekomendasikan ini memiliki rating yang tinggi di IMDB dan bisa Anda tonton di platform streaming seperti Netflix, Iflix, Viu, dan lainnya.

1. Dibintangi Keanu Reeves: The Matrix (1999)

 

Bagi para penyuka film fiksi ilmiah, tentu sudah tidak asing lagi dengan film satu ini. Bahkan menurut beberapa kritikus film terkemuka, the matrix digadang-gadang sebagai salah satu film fiksi ilmiah terbaik. Tak ayal jika film ini mendapatkan penghargaan 4 oscar sekaligus.

Film yang dirilis tahun 1999 ini menceritakan seorang hacker bernama Thomas Anderson (Keanu Reeves) yang punya nama anonym sebagai Neo dan menjadi bagian dari grup Morpheus. Ia dan grupnya melakukan berbagai upaya untuk menghancurkan sistem the matrix agar manusia bisa bebas dari kehidupan semunya.

2. Ahli sistem internet yang mendirikan grup hacker: Who am I (2014)

“Who am I: No Sistem is Safe” menjadi film hacker dengan popularitas tertinggi. Yang bakal kamu suka dari film ini adalah penyelesaian konflik masing-masing tokoh yang ada didalamnya. Selain itu, ada banyak plot twist yang bikin kamu semakin terkesan pada film ini.

Walaupun film ini bukan produksi Amerika tapi produksi Jerman, alur ceritanya benar-benar bagus. Yaitu menceritakan seorang ahli mengenai sistem internet bernama Benjamin yang bergabung dengan beberapa orang lalu mendirikan grup hacker. Namun aksinya yang melanggar hukum akhirnya menjadi buronan nomor 1 interpol Eropa.

3. Kisah nyata hacker diangkat menjadi film: Snowden (2016)

Kisah snowden (Edward Snowden) diadaptasi dari kisah nyata yang terjadi di Amerika. Kasus snowden memang menjadi kasus terbesar bagi pemerintahan Amerika dalam beberapa puluh tahun terakhir. Hal ini karena ia membocorkan data rahasia NSA (badan intelijen keamanan USA). Bahkan kala itu Obama mengancam dan tidak memberi ampun atas apa yang dilakukannya.

Sutradara film Snowden yakni Oliver Stone sendiri tidak membuat film ini persis sekali dengan cerita snowden karena tentu ada bumbu-bumbu drama didalamnya. Namun secara garis besar sama saja alurnya. Menceritakan seorang agen NSA Edward Snowden yang mengetahui berbagai kebusukan NSA yang mengintai seluruh warga Amerika bahkan negara lain sekalipun. Akhirnya ia menggandeng media untuk membocorkan file / dokumen rahasia miliki NSA.

4. Menceritakan kisah hacker yang meretas situs pemerintah: Swordfish (2001)

Swordfish pantas mendapatkan predikat sebagai film hacker terbaik. Mulai dari visual, alur cerita, hingga akting para tokohnya semuanya menyatu dalam kesempurnaan. Film yang rilis tahun 2001 ini mengisahkan seorang hacker bernama Stanley yang melakukan peretasan pada situs pemerintah.

Berawal dari hal tersebut, akhirnya ia harus menanggung kesulitan hidup yang luar biasa, mulai dari di penjara hingga kehilangan istri dan anaknya. Perlahan nasibnya berubah, terutama saat ia bertemu dengan pimpinan kelompok anti teroris yang bernama Gabriel Shear. Karena kemampuan IT nya yang luar biasa, akhirnya ia diberi tanggung jawab untuk ikut dalam suatu proyek besar.

5. Film hacker yang diadaptasi dari novel populer: The Girl with Dragon Tattoo (2009)

Film the “The Girl with Dragon Tattoo” diadaptasi dari novel terkenal yang memiliki judul sama yang merupakan sebuah karya legendaris dari Stieg Larsson. Film ini memiliki alur cerita yang kompleks, ada unsur thriller, mysteri, dan juga actionnya. 

Ada 2 versi yang kita temui di film ini yakni versi 2009 dan 2011. Versi pertama adalah versi original yang diperankan oleh Noomi Rapace, dan versi kedua yang merupakan remake dari Hollywood diperankan oleh Rooney Mara. Keduanya memiliki alur cerita yang sama yakni seorang hacker cewek bernama Lisbeth Salander yang menungkap kejanggalan hilangnya anak seorang jurnalis.

Lihat juga:  20 Film Alien Terbaik, Menegangkan dan Bikin Ngeri

6. Menceritakan kisah seorang anak SMA yang jenius di bidang IT: Wargames (1998)

Walau tergolong sebagai film jadul, namun wargames patut diacungi jempol sebagai film hacker terbaik loh. Bagaimana tidak, film yang ceritanya diangkat dari film karya John Badham ini memiliki alur cerita yang sangat menarik, sehingga sulit untuk dilewatkan.

Film dengan genre Sci-fi ini mengisahkan seorang anak SMA yang jenius dibidang IT membobol komputer milik militer. Awal mula terjadinya ialah saat ia bermain games lalu tidak sengaja mengarah ke situs militer yang berisi program tentang prediksi perang dunia ketiga.

7. Pemerintah meminta tolong kepada hacker yang seorang narapidana: Film Blackhat (2015)

Film satu ini sangat kami rekomendasikan untuk pecinta film hacker. Pasalnya selain dibintangi oleh aktor papan atas Chris Hemsworth, film ini juga memiliki latar belakang di negara kita, tepatnya di Jakarta.

Blackhat menceritakan seorang ahli IT papan atas yang merupakan narapidana yang diminta pemerintah mengungkap kasus peretasan yang selama ini menyebabkan banyak kekacauan. Namun rintangan demi rintangan justru dihadapinya, malahan ia dituduh menghianati pemerintah karena berbagai kejadian yang dialaminya.

8. Serial hacker terbaik di Netflix: Mr.Robot (2015)

Walaupun Mr. Robot bukan termasuk film hacker yang tayang di bioskop, namun sangat worh it buat ditonton. Pasalnya, cerita yang ada sangat menarik untuk dinikmati. Dijamin kamu gak akan beranjak walau sedetik sekalipun saat menontonnya.

Film ini menceritakan tentang seorang hacker muda bernama Elliot Adderson yang bekerja di perusahaan kemaanan IT bernama AllSafe. Kemampuannya yang super jenius membuat tokoh anonym bernama Mr. Robot mengajaknya bergabung untuk menghancurkan perusahaan tempat kerjanya.

9. Kisah seorang hacker wanita yang meretas jaringan internasional: The Girl in The Spider’s Web (2018)

Sebenarnya kisah yang ada di film The Girl in The Spider’s Web ini masih masih ada hubungannya dengan kisah di film The Girl with Dragon Tattoo. Ini dikarenakan kedua tokohnya sama, yakni Lisbeth Salander yang merupakan hacker cewek ulung. Dan ceritanya berasal dari penulis novel yang sama.

Alur yang ada difilm ini sarat akan aksi. Menceritakan seorang hacker cewek pembela kebenaran yang diminta oleh seseorang untuk meretas jaringan internasional guna melakukan penyelidikan terhadap kasus kriminal. Namun hal itu justru membuat dirinya terjebak dalam situasi yang rumit. 

10. Menceritakan kisah agen CIA yang mengungkap dokumen rahasia: Jason Bourne (2016)

Dari awal, film ini sudah menghadirkan ketegangan bagi para penonton. Film yang termasuk ke dalam genre thriller action ini dibintangi oleh beberapa aktor papan atas seperti Matt Damon, Alicia Vikander, Gregory Goodman, dan Paul GreenGrass.

Film yang termasuk sekuel dari Jason Bourne Ultimatum yang rilis tahun 2007 ini menceritakan tentang program rahasia CIA yang bernama operasi Treadstone yang ingin diungkap Jason Bourne. Namun dalam dokumen yang dimilikinya justru memberi petunjuk kepada kasus yang menimpa dirinya dan juga keluarganya.

11. Film hacker yang diangkat dari kisah nyata di Jepang: Takedown (2000)

Di awal tahun 2000, film ini cukup populer dan sempat jadi perbincangan banyak orang. Ini karena dalam pembuatan filmnya diangkat dari kisah nyata yang terjadi di Jepang. Inti utamanya dimulai dari seorang hacker yang bernama Kevin Mitnick yang sejak kecil sudah jago IT.

Dalam film diceritakan bahwa Kevin meretas sistem supermarket yang sistem keamanannya dijaga oleh hacker yang juga profesional yakni Shutomo Shimamura. Selain itu, berbagai aksi kriminalnya membuatnya jadi incaran FBI.

12. Menceritakan seorang hacker yang membobol privasi sebuah keluarga: yang I.T. (2016)

Jangan salah loh ya, ini bukan film horor tentang badut Pennywise itu loh. Melainkan film hacker terbaik yang wajib kamu tonton karena didalamnya juga terdapat banyak pelajaran berharga yang bisa kita ambil untuk digunakan di kehidupan kita.

Mike Regan (Pierce Brosnan) menjadi tokoh utama film ini. Hidupnya penuh kemewahan dengan perusahaan yang luar biasa. Suatu saat perusahaannya ada masalah, akhirnya diundang seorang teknisi IT. Saat diundang ke rumahnya, teknisi ini bertemu dengan putrinya lalu menyukainya. Namun pada akhirnya dengan kemampuan IT nya, dia membobol privasi keluarga Mike Regan.

13. Film hacker yang dibintangi Bruce Wills: Live Free or Die Hard (2007)

Live Free or Die Hard masuk ke bagian serial film die hard dan merupakan film seri ke empat. Dari semuanya, film ini yang terbaik untuk kamu tonton sebagai film hacker terbaik dengan alur cerita yang penuh plot twist.

Bruce Wills yang memerankan diri sebagai John McClane memiliki akting luar biasa dalam seluruh proses film. Dimana ia berusaha menyelamatkan washington DC dari kejahatan sekelompok hacker disamping ia juga ingin menyelamatkan putrinya.

14. Pengacara yang diburu oleh hacker suruhan seorang Senator: Enemy of the State (1998)

Memang film ini termasuk film lawas, namun jika kamu menontonya sekali saja, pasti tertarik untuk mengulang ulanginya lagi. Pemeran utamanya ialah Will Smith dibantu oleh Jon Voight dan Gene Hackman.

Lihat juga:  15 Film perselingkuhan yang penuh drama dan konflik

Film ini menceritakan tentang seorang pengacara yang bernama Robert Clayton harus menghadapi ketakutan luar biasa setelah mendapatkan video terkait pembunuhan yang dilakukan oleh senator. Karena sang senator punya kekuasaan, akhirnya ia memerintahkan ahli teknologi untuk memburu si pengacara dengan teknologi pelacak tingkat tinggi.

15. Sekelompok remaja yang memburu hacker berbahaya: Hackers (1995)

Walaupun film ini merupakan film terlawas yang kami list, namun kamu pasti gak akan menyesalinya saat menontonya. Bagi kamu yang merupakan fans angelina Jolie, di film ini kamu bisa melihatnya di saat dia berusia remaja.

Hackers menceritakan tentang usaha yang dilakukan oleh kumpulan anak-anak remaja untuk menggagalkan aksi seorang hacker. Yang mana hacker tersebut berencana melepaskan virus berbahaya yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan jutaan dolar.

16. Kisah hacker yang meraup keuntungan dari black market: Hacker (2016)

Akan Satayev sebagai produser memang menyusun film ini dengan alur yang slow tapi tetap ada unsur menegangkan. Dijamin akan ada beberapa scene yang membuatmu berdebar-debar.

Seorang pemuda imigran yang merupakan seorang hacker seringkali melakukan kejahatan di dunia maya untuk mendapatkan keuntungan seperti jual beli di black market. Ia melaukannya dengan kedua temannya. Akibat dari kejahatannya, ia harus berurusan dengan mafia yang menyebabkan salah satu diantaranya harus meninggal.

17. Diperankan Shia Labeuf: Eagle Eye (2008)

Rekomendasi film hacker selanjutnya ditujukan pada film Eagle Eye yang merupakan film arahan dari D.J. Caruso. Film yang penuh akan intrik dengan alur cerita yang tidak mudah ditebak, membuat film eagle eye jadi tontonan yang bagus untuk dinikmati.

Shia Labeuf yang memerankan sebagai Jerry Shaw mengalami krisis finansial. Apalagi setelah mendengar kabar bahwa saudara kandungnya meninggal, ia semakin frustasi. Suatu ketika ia mengecek rekening bank dan mendapatkan 750 ribu USD di akunnya. Selain itu ia pun menemukan hal mencurigakan seperti bom dan senjata di apartemennya serta telepon misterius tentang perintah menjalankan suatu misi.

18. Film hacker dokumenter: Terms and Conditions May Apply (2013)

Bagi para penyuka film dokumenter, film Terms and Conditions May Apply sangat cocok untuk dinikmati. Tapi bagi yang bukan penyuka film dokumenter, mungkin film ini akan terasa sangat membosankan.

Terms and Conditions May Apply mengungkap berbagai skandal keamanan pada berbagai layanan gratis di internet yang memanfaatkan kelemahan izin premisnya. Setelah menonton film ini kamu akan menjadi lebih secure dalam perihal privasi di dunia digital.

19. Film hacker yang diadaptasi dari kisah nyata pendiri Wikileaks: The Fifth Estate (2013)

Film fifth estate merupakan film yang diadopsi dari kisah nyata. Ada sejarah besar yang penuh akan konflik dan ketegangan yang terjadi dikisah nyata, sehingga membuat pihak produser tertarik untuk menjadikannya sebuah film yang menarik.

Julian Assange yang merupakan pendiri WikiLeaks merupakan fokus utama dalam film ini. Ia berjuang membongkar kedok pemerintah berbagai negara yang korup dengan cara membuat website bernama WikiLeaks. Saat sampai ini Julian Assange masih jadi buronan Amerika yang mana ia telah didakwa atas 17 dakwaan oleh Hakim Amerika yang dapat membuatnya di penjara selama 170 tahun.

20. Wanita yang dimanfaatkan seorang hacker: Cyberbully (2011)

Memiliki plot yang simpel tapi ceritanya sungguh seru untuk ditonton. Selama kurang lebih 1 jam kita akan dilihatkan konflik antara tokoh utama dengan seorang hacker yang penuh akan ketegangan.

Ceritanya dimulai dari seorang wanita yang bernama Megan yang ingin membantu temannya bernama Casey karena mantannya melontarkan kalimat tidak senonoh melalui komentarnya. Ia pun meminta bantuan seorang hacker. Namun si hacker justru mengancamnya bila tak memenuhi keinginannya.

21. Kisah remaja yang menemukan laptop hacker: Unfriended: Dark Web (2018)

 

Bagi penyuka film bergenre thriller, film unfriended: dark web yang diluncurkan tahun 2018 ini sangat kami rekomendasikan untuk ditonton. Film ini sarat akan ketegangan dan konflik internal masing-masing tokoh. Secara visual, film ini cukup unik, karena point of viewnya bukan dari arah kamera, tapi dari frame per frame layar monitor.

Isinya ialah sekolompok remaja yang sedang melakukan streaming video bersamaan. Namun salah seorang diantaranya menggunakan laptop hasil temuan milik seorang hacker yang berisi bitcoin dalam jumlah sangat banyak. Selain itu mereka menemukan video-video aneh yang seharusnya ada di deep web. Namun itu yang justru jadi menjadi malapetaka bagi mereka semua.

Itulah berbagai macam film hacker terbaik yang layak untuk anda tonton. Film bertemakan keamanan siber memang menarik perhatian tersendiri untuk kita ikuti, dan dari sana kita juga bisa dapat pelajaran serta ilmu yang berharga.

Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *