Apa saja sih film terbaik Indonesia? Ngga usah bingung, kali Moodster akan memberikan rekomendasi film garapan sineas terbaik tanah air.

Tak hanya terkenal di pasar lokal, beberapa film juga bisa bersaing di kancah internasional. Hal ini karena banyak sutradara, penulis naskah, aktris, dan aktor lokal yang punya kualitas tak kalah dengan pelaku industri luar negeri, sehingga menghasilkan film yang berkualitas.

Genre film Indonesia yang ditawarkan pun tidak melulu soal cinta saja. Banyak sekali genre film lain, seperti misteri, aksi, komedi, dan film horror yang diganjar rating tinggi para kritikus film.

Dengan banyaknya bioskop yang mulai buka di berbagai kota, serta hadirnya situs streaming legal, film-film Indonesia terbaik ini pun bisa diakses lebih mudah para penikmat film tanah air.  Berikut rekomendasi film Indonesia terbaik versi Moodster.

20 Film Indonesia Terbaik

1. The Raid (2018)

Film Indonesia terbaik yang pertama ini rilis pada tahun 2018 dan berhasil masuk pasar film internasional. Film The Raid merupakan prekuel dari film sebelumnya, dimana Rama yang di perankan oleh Iko Uwais ingin mendapatkan hidup yang tenang. Namun ternyata ia tidak bisa keluar dari dunia kriminal semudah pikirannya.

Film dengan genre aksi ini berhasil membawa Iko Uwais menjadi aktor laga internasional, dan The Raid sendiri mendapat sambutan yang baik dari berbagai kritikus film. Film ini berhasil membawa angin segar genre aksi yang menggantikan genre cinta, yang belakangan banyak di pilih sebagai tema film di Indonesia.

2. Milea: Suara dari Dilan (2020)

Sekuel dari film bergenre romansa ini sukses menembus angka 1 juta penonton di bioskop Indonesia. Milea: Suara dari Dilan yang rilis di tahun 2020 ini merupakan film yang sudah banyak di tunggu para penggemarnya. Film ini bercerita tentang kisah perjalanan cinta yang dilalui oleh Milea dan Dilan.

Akan tetapi, sudut pandang dari film ini menggunakan sudut pandang Dilan, yang di film sebelumnya menggunakan sudut pandang Milea. Novelnya yang diberi predikat best seller, ternyata juga membuat film adaptasinya menjadi film Indonesia terbaik yang wajib Kamu tonton.

3. Dua Garis Biru (2019)

Kamu yang ingin melihat film dengan nuansa tema romansa, tapi dengan konsep penceritaan yang menarik, maka Dua Garis Biru bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Film ini menceritakan perjalanan cinta anak SMA yang bernama Bima dan Dara. Konflik dimulai ketika Zara hamil karena hubungan tanpa pernikahan.

Konflik semakin panas karena sudut pandang yang digunakan merupakan sudut pandang remaja, dimana mereka masih belum siap untuk menjalani tanggung jawab sebagai orang tua. Berbagai kejadian juga dibuat senatural mungkin, seperti keinginan untuk menggugurkan kandungan ataupun putus kontak antara Dara dan Bima.

4. Surga yang Tidak di Rindukan (2015)

Film Indonesia terbaik selanjutnya adalah film Surga yang Tidak di Rindukan, film dengan genre romansa dan religi. Film ini menceritakan hubungan rumah tangga antara Arini dan Pras, yang merupakan sepasang suami dan istri. Awalnya hubungan mereka lancar dan baik-baik saja, bahkan seorang anak kemudian lahir di tengah mereka.

Konflik dimulai ketika muncul orang ketiga, yakni Meirose yang ingin bunuh diri karena gagal menikah. Pertemuan antara Pras dan Meirose inilah yang membuat hubungan antara Pras dengan Arini di uji. Kisah kehidupan mereka dibuat semenarik mungkin dan menghanyutkan penonton yang menonton film ini.

5. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2020)

Film yang sering di singkat sebagai NKCTHI ini merupakan film yang mendapatkan sambutan positif oleh masyarakat Indonesia.  Di adaptasi dari novel dengan judul yang sama, NKCTHI menceritakan tentang kehidupan keluarga yang terlihat baik-baik saja. Akan tetapi konflik baru dimulai ketika anak-anak mereka memiliki masalahnya masing-masing.

Keluarga tersebut memiliki tiga anak, dengan nama Angkasa, Awan dan Aurora, yang ketiganya memiliki masalah baik tentang karir ataupun masalah percintaan. Film yang rilis pada tahun 2020 ini di gadang-gadang sebagai barisan daftar film Indonesia terbaik karena rating dan tekhnik penceritaan yang menarik.

6. 27 Step of May (2018)

Kamu yang menyukai film dengan konsep dan ide cerita yang menarik, maka menonton 27 Step of May bisa menjadi judul film pilihan Kamu untuk mengisi waktu luang. Film ini berkisah tentang seorang remaja 14 tahun bernama May, yang mendapatkan pengalaman buruk di perkosa ketika bermain di wahana kora-kora.

May yang awalnya terlihat ceria, kini harus menanggung beban berat karena trauma yang dimilikinya. May pun memilih menutup diri dan tidak berbicara lagi dengan siapapun sejak saat itu, bahkan pada keluarga dekatnya. Jika ada yang memaksa berbicara dengan May, ia akan histeris. May kemudian mengalihkan rasa traumanya dengan bermain tinju bawah tanah.

7. Ketika Cinta Bertasbih (2009)

Film denga genre romansa memang sering berada dalam daftar film Indonesia terbaik, salah satunya adalah Ketika Cinta Bertasbih. Film ini menceritakan kisah perjalanan Azzam, yang lulus dari universitas terkemuka di Mesir. Harapannya, ia ingin segera pulang ke Indonesia dan mendapatkan pekerjaan yang layak.

Namun ternyata tidak semudah itu, di Indonesia ia pontang-panting mendapatkan pekerjaan, yang kemudian di bantu oleh adiknya untuk membuka usaha sendiri. Konflik dimulai ketika Azzam ternyata memiliki wanita idaman untuk di nikahi, sayangnya wanita tersebut telah menikah dengan sahabatnya.

8. Akhir Kisah Cinta Si Doel (2020)

Seri cerita si Doel merupakan seri film panjang yang sudah lama melekat dalam ingatan masyarakat Indonesia. Berbeda dengan film pada umumnya yang menggunakan aktor muda sebagai pemain, namun dominasi aktor yang sudah memiliki kualitas akting yang baik membuat film ini juga berhasil menembus satu juta penonton dalam penayangannya.

Film Indonesia terbaik ini menceritakan kisah akhir cinta yang di lalui oleh si Doel, yang di perankan oleh Rano Karno. Banyak keputusan sulit yang harus di ambil oleh Doel di film tersebut, dan inilah yang membuat film ini terlihat menarik. Doel harus memilih untuk hidup bersama Zaenab, atau rujuk kembali dengan Sarah untuk kembali membangun hidup baru.

9. Cek Toko Sebelah (2016)

Film dengan konsep yang unik ini menceritakan tentang kehidupan yang selalu berjalan sesuai alurnya sendir, bukan keinginan dari manusia. Cek Toko Sebelah juga berhasil memenangkan penghargaan nasional sebagai film terfavorit, di berbagai festival film di Indonesia.

Film ini menceritakan keluarga dari etnis Tionghoa yang memiliki dua anak, yakni Erwin dan Yohan. Erwin merupakan anak pertama yang di banggakan oleh ayahnya, yang saat itu bekerja di perusahaan besar. Namun akhir dari perjalanan hidupnya tidak sesuai dengan ekspetasi sang ayah dan dirinya.

10. I Love You from 38.000 ft (2016)

Film dengan tema yang unik ini berhasil masuk dalam jajaran film Indonesia terbaik. Kisah film ini dimulai dengan Aletta yang pergi berlibur dan bertemu dengan Agra, mahasiswa yang tengah menjadi pembuat konten untuk program kanal Geographic. Pertemuan yang tidak sengaja tersebut membuat hubungan keduanya semakin dekat.

Agra yang jatuh cinta dengan Aletta, pergi ke Jakarta untuk menemuinya. Namun ternyata Aletta berharap agar Agra tidak mendatanginya karena suatu alasan tertentu. Film ini mendapatkan respon yang positif dari berbagai pihak, walaupun konsep yang digunakan masih di genre romansa.

11. Sebelum Iblis Menjemput: Ayat 2 (2020)

Genre horor biasanya jarang bisa masuk dalam film yang disukai khalayak, namun Sebelum Iblis Menjemput: Ayat 2 mematahkan asumsi tersebut. Film ini bahkan berhasil menjadi film dengan jumlah penonton terbanyak di posisi keempat, dengan lebih dari 800 ribu penonton.

Film ini merupakan sekuel dari judul yang sama dengan latar waktu yang berbeda.

Alfie yang di perankan oleh Chelsea Islan di hantui kembali dengan sosok misterius. Film makin mencekam ketika Alfie hendak di bunuh oleh hantu yang bangkit tersebut. Tayang pada Februari 2020, film dengan genre horor dan thriller ini berhasil masuk dalam jajaran film Indonesia terbaik.

12. Aruna dan Lidahnya (2018)

Film bertema kuliner masih sangat jarang ditemui, Aruna dan Lidahnya menjadi salah satu film kuliner yang sering di rekomendasikan. Kisah film ini bermula dengan persahabatan dua wanita dan dua pria yang senang melakukan wisata kuliner di berbagai tempat, dari Jakarta hingga pelosok Indonesia lainnya.

Selain berkisah tentang kuliner, terdapat drama yang harus di lalui oleh empat orang tersebut. Aktor dan Aktris yang bermain di film ini juga tidak main-main, ada Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra. Aruna dan Lidahnya di rilis pada tahun 2008 dengan konsep drama yang baik.

13. Comic 8: Casino King (2015)

Comic 8 merupakan film komedi yang masuk dalam jajaran film Indonesia terbaik menceritakan perampokan bank yang dilakukan oleh 8 orang, yang kemudian terbagi lagi menjadi 3 kelompok. Alasan mereka merampok bank juga berbeda, namun sialnya mereka melakukan aksi pada hari dan waktu yang sama.

Polisi yang datang kemudian meminta mereka bekerja sama untuk mengembalikan uang. Karena merupakan film komedi, banyak kejadian janggal yang bisa Kamu temui. Namun bukan berarti ia tidak layak untuk di tonton.

14. Dilan 1991 (2019)

Film pertama dari series Dilan ini juga menuai kesuksesan yang tidak sedikit. Tayang pada tahun 2019, film ini menjadi awal kisah cinta Dilan dan Milea yang berjalan tidak selalu lancar. Sudut pandang yang digunakan untuk film ini adalah sudut pandang Milea, dan permasalahan Dilan merupakan inti dari kisah film ini.

Karena terlibat dengan geng motor, Dilan terancam di keluarkan dari sekolahnya. Inilah yang membuat Milea sebisa mungkin melindungi Dilan dan mengubahnya menjadi siswa yang baik. Padahal saat itu Dilan merupakan ketua geng motor yang berpengaruh di Bandung. Film ini juga berhasil mengikuti sekuelnya sebagai film Indonesia terbaik.

15. Laskar Pelangi (2008)

Tahun 2008 menjadi tahun rilis film Laskar Pelangi, setelah sebelumnya novel dengan judul yang sama meledak di pasaran. Film ini memiliki track record yang memuaskan, karena pernah tayang di lima benua dan mendapatkan penghargaan sebagai film terbaik di ajang festival film internasional.

Film ini menceritakan perjalanan anak-anak Belitung untuk bisa mengenyam bangku sekolah. Bagian yang menarik dari film ini adalah kepribadian masing-masing yang berbeda, membuat film semakin natural dan terlihat hidup. Film ini juga disebut di angkat dari kisah nyata yang dialami oleh pengarang novelnya, Andrea Hirata.

16. Tenggelamnya Kapal van Der Wick (2013)

Kamu yang tertarik dengan sejarah Indonesia, bisa mencoba menonton film Tenggelamnya Kapal van Der Wick ini. Dengan latar waktu di tahun 1930, kisah film Indonesia terbaik ini berpusat pada Zainuddin. Ia yang hendak berlayar dari Makassar menuju Padang bertemu dengan seorang wanita yang cantik.

Sayangnya mereka dari kasta yang berbeda, membuat kisah cinta tersebut tidak berjalan secara mulus. Wanita tersebut bernama Hayati dan di nikahkan oleh orang tuanya dengan seorang pria kaya. Hal tersebut makin menyedihkan karena tragedi tenggelamnya kapal van Der Wick di akhir kisah tersebut.

17. Imperfect (2019)

Tahun 2019, Imperfect rilis di bioskop Indonesia dengan konsep dan pesan moral yang unik. Film ini menceritakan perjalanan Rara, yang mendapatkan body shamming karena ukuran tubuhnya yang tidak proporsional dan tidak sesuai stKamur kecantikan pada umumnya. Hal tersebut ternyata juga membuatnya sulit mendapatkan jabatan yang baik.

Rara pun kemudian berjuang sekuat tenaga agar bisa memiliki tubuh yang kurus dan sesuai dengan standar kecantikan agar bisa menduduki posisi manajer. Film ini mendapatkan rating yang baik di situs kritik film dengan rating di atas angka 8. Genre dari film Indonesia terbaik ini adalah drama dan komedi.

18. Love for Sale (2018)

Mengangkat tema percintaan untuk menjadi konsep film memang menarik. Hal tersebut dilakukan pula oleh Love for Sale yang membahas tema percintaan di era digital. Cerita film dimulai dari Richard yang tidak mempunyai kekasih dipaksa datang ke pesta perkawinan sahabatnya.

Namun di pesta tersebut, ia harus sudah memiliki pacar untuk di kenalkan, atau harga dirinya di pertaruhkan. Ia pun kemudian menggunakan aplikasi jodoh dan bertemu dengan Arini, yang walaupun tidak cocok, namun akhirnya menjadi kekasih Richard di ujung film.

19. Forever Holiday in Bali (2018)

Film Indonesia terbaik dengan genre romansa ini menceritakan Key, seorang seniman asal Korea Selatan yang bersedih setelah kematian ibunya. Key yang depresi bertemu dengan Putri, gadis dari Bali yang memiliki masalah keuangan. Perbedaan latar belakang tersebut tidak menghentikan keduanya untuk jatuh cinta.

Masalah dimulai ketika keluarga terdekat mereka mulai menolak untuk mendukung kisah cinta mereka. Film yang di produksi oleh Sonamu Cine House ini banyak di rekomendasikan sebagai film ringan dengan alur cerita yang menarik.

20. Ave Maryam (2018)

Film ini memiliki jalan cerita yang menarik, dimana Maryam, seorang suster yang bekerja di panti jompo, di pindahkan tugas untuk menjadi biarawati di Jawa Tengah. Ia menetap di salah satu gereja di sana dan mengabdi sepenuhnya pada gereja.

Ia melakukan tugasnya dengan baik, namun hal tersebut berubah ketika Romo Yosef hadir di gereja tersebut. Film dengan latar belakang religi Kristiani ini layak di tonton bukan hanya karena kisah romansanya, namun juga karena penceritaan yang menarik mengenai keseharian seorang biarawati.

Itulah 20 film Indonesia terbaik yang bisa Kamu tonton untuk mengisi waktu luang. Kamu bisa menontonnya di bioskop jika film tersebut masih tayang, atau menontonnya dengan aplikasi streaming yang legal. Usahakan untuk tidak menonton secara ilegal, sebagai bukti bahwa Kamu juga mendukung secara penuh pemain dan kru yang bekerja untuk pembuatan film tersebut.