19 Film Jepang Romantis Populer yang Bikin Baper

film jepang romantis

Sebagai negara maju yang terkenal akan produksi peralatan teknologi canggihnya, Jepang juga sangat handal dalam memproduksi berbagai film yang keren loh, mulai dari genre action, scifi, komedi, thriller hingga drama romansa. Semuanya dibuat dengan begitu apik dan tak kalah keren dengan film film Hollywood.

Kebanyakan film Jepang romantis memang memiliki alur yang sederhana dan mudah ditebak. Namun karena diadaptasi dari berbagai anime, manga, ataupun novel popular, menjadikan tiap adegan filmnya begitu asyik untuk terus diikuti. Bahkan bisa bikin kita baper dan terngiang-ngiang dengan ceritanya.

Catatan: Film yang kami rekomendasikan ini memiliki rating yang tinggi di IMDB dan tersedia di platform streaming seperti Netflix, Iflix, Viu, dan lainnya.

Film Jepang Romantis Terbaik

Kamu yang sudah nggak sabar pengin nonton film Jepang romantis untuk menemani waktu-waktu santai, berikut kami berikan referensinya khusus untukmu:

1. JINX!!! (2013)

Walau dikatakan film Jepang, namun film JINX!!! diperankan oleh aktor ternama Korea yakni Hyomin. Bertemakan pertukaran murid Korsel dan Jepang, film yang disutradari oleh Naoto Kumazawa ini berhasil meraih rating 98/100 versi AsianWiki. Selain penuh dengan adegan romantis, film ini juga memiliki momen momen lucu yang akan membuat penonton begitu terhibur.

Menceritakan tentang Yoon Ji-Ho seorang murid pertukaran dari Korea Selatan sekaligus mantan anggota girlband T-ara. Ia begitu dekat dengan kedua temannya disekolah barunya yaitu Kaede dan Yusuke. Ia mengetahui bahwa kedua temannya saling mencintai satu sama lain. Dengan cara Korea, ia berusaha membantu kedua temannya agar jadian. Seperti apa ya kisahnya?.

2. L-DK (2014)

Dengan mengusung tema komedi romansa, film satu ini berhasil mendapat rating 97/100 dari AsianWiki. Hal ini membuktikan bahwa film yang diperankan oleh Ayame Gouriki ini begitu menarik untuk ditonton. Selama 113 menit, kamu akan disuguhkan tontonan yang penuh akan kisah cinta penuh romantisme yang dibumbui unsur komedi didalamnya.

L-DK bercerita tentang Aomi Nishimori seorang remaja yang tinggal di apartemen sendirian karena orangtuanya harus pindah ke kota lain untuk pekerjaan. Suatu saat, anak satu sekolah yang bernama Shuusei Kugamaya pindah ke apartemen sebelahnya. Karena suatu peralatan rumahnya yang rusak dan kamarnya tidak bisa ditempati, sehingga harus pindah ke kamar Aomi. Dari sinilah kisah cinta mereka dimulai.

3. Orange (2015)

Rilis tahun 2015, film yang disutradarai oleh Kojiro Hashimoto ini berhasil menarik perhatian banyak pentonton disaat awal perilisannya. Walau memiliki alur cerita yang rumit, film ini tak membuat kita harus berpikir berat saat menontonnya. Apalagi unsur romantismenya yang begitu kental menjadikan film ini begitu asyik untuk diikuti.

Bertema romantisme supranatural, film ini mengisahkan tentang seorang siswi yang mendapatkan surat dari dirinya sendiri dari masa depan. Walau dirasa mustahil baginya, namun segala sesuatu yang tertuang dalam surat itu benar-benar menjadi kenyataan. Selain itu, surat ini juga menuliskan kisah cintanya dengan teman sekelas yang terkenal misterius yakni Kakeru Nanuse.

4. Love for Beginners (2012)

Siapa sangka, film yang dibintangi oleh Emi Takei, Tori Matsuzaka, dan Fumino Kimura ini berhasil meraih rating terbaik 97/100 versi AsianWiki. Tak hanya akting para aktornya yang bagus, cerita originalnya juga benar-benar membuat kamu tak bisa memalingkan muka walau sedetikpun saat menontonnya.

Mengisahkan tentang seorang siswi yang sangat berbakat sebagai penata rambut. Walau begitu, dia sendiri kurang menata rambut dan penampilannya karena tidak memiliki rasa percaya diri. Suatu saat ia menjadi target siswa playboy dikelasnya. Siapa sangka, akhirnya mereka jadi saling jatuh cinta dan menjadi sepasang kekasih.

5. Wolf Girl and Black Prince (2016)

Wolf Girl and Black Prince merupakan film yang paling dinanti-nantikan oleh para penggemar film romantis disaat awal kemunculan trailernya ditahun 2016 lalu. Diperankan oleh beberapa aktor Jepang ternama seperti Fumi Nikaido, Kento Yamazaki, & Nobuyuki Suzuki, film ini berhasil memenuhi ekspektasi para penonton.

Warner Bros Japan selaku produsen film memang tidak main-main dalam membuat film bertema percintaan ini. Mengisahkan tentang Erika seorang gadis jomblo yang suka berbohong kepada temannya bahwa ia punya pacar. Karena tau temannya mulai curiga, ia akhirnya diam-diam memfoto laki-laki yang ternyata teman satu sekolahnya. Apakah ini awal mereka berdua saling jatuh cinta?.

6. No Longer Heroine (2015)

Sama halnya dengan film Wolf Girl and Black Prince, film ini juga diproduksi oleh Warner Bros Japan. Dengan proses pembuatan yang panjang dan begitu detail, akhirnya film ini masuk dalam peringkat teratas box office Jepang pada tahun 2015. Diadaptasi dari manga live action populer di Jepang, film ini akan membawa kita pada suasana bahagia, sedih, lucu, hingga kesal.

Lihat juga:  20 Film Kolosal Terbaik, Melibatkan Ribuan Orang di Dalamnya

Di negaranya, film ini memiliki nama Heroine Shikkaku yang mengisahkan seorang siswi SMA bernama Hatori Matsuzaki yang jatuh cinta dengan teman masa kecilnya Rita Terasaka. Berharap Rita juga menyukainya, namun ia justru sudah kencan dengan Miho. Disamping itu, ada seorang laki-laki populer disekolahnya yang menaruh hati padanya, yakni Kosuke.

7. One Week Friends (2017)

Di negaranya, film ini memiliki judul lain yakni “Ishuukan Friends” yang diadaptasi dari anime dan manga fenomenal karya Matcha Hazuki. Disutradari oleh Shosuke Murakami, film ini berhasil mendapatkan rating cukup tinggi yaitu 95/100 dari AsianWiki. Ceritanya yang unik membuat siapaun tertarik menontonnya.

One Week Friends bercerita tentang penyakit amnesia langka yang diidap oleh Yuki yangmana ia akan melupakan semua temannya dan apa saja yang telah dilakukan bersamanya setiap hari senin. Karena inilah percintaannya dengan Kaori Fujimiya selalu menemui masalah. Akankah mereka bisa hidup bersama dengan kekuatan cinta?.

8. You Lie in April (2016)

Sama seperti film sebelumnya, film ini juga diadaptasi dari manga dan anime terkenal yang berjudul “Shigatsu wa Kimi no Uso”. Selama 122 menit, kamu akan dihadapkan pada cerita yang begitu memukai tentang kisah percintaan yang begitu romantis antara Arima Kousei dengan Kaori Miyazono.

Menceritakan tentang kesedihan berkepanjangan yang dialami pianis berbakat yang bernama Arima. Penyebabnya adalah kematian ibunya yang terjadi dengan begitu mendadak. Ia pun sangat depresi hingga berhenti dari kompetisi pianonya. Semangatnya perlahan mulai kembali setelah ia bertemu dengan Kaori yang juga merupakan seorang pianis berbakat.

9. Blue Spring Ride (2014)

Diadaptasi dari anime fantastis dengan judul sama, film ini berhasil menaruh kesuksesan disaat awal perilisannya. Dibintangi oleh beberapa aktor berbakat seperti Tsubasa Honda, Masahiro Higashide, dan juga Yua Shinkawa, film yang rilis tahun 2014 ini benar-benar akan membuatmu terpesona.

Film ini bercerita tentang gadis yang tersiksa karena keimutannya yang bernama Futaba. Akhirnya ia mengubah total sikap dan penampilannya menjadi wanita tomboy. Suatu saat ia dekat seorang seorang yang bernama Kou Tanaka, sampai ia juga berhasil mengubah kepribadian Kou. Futaba yang menyukai Kou akhirnya mencari tahu hal apa yang telah membuatnya berubah.

10. From Me to You (2010)

Film yang dinegaranya terkenal dengan sebutan “Kimi ni Todoke” ini memiliki cerita yang begitu romantis. Mungkin di awal film kamu akan sedikit bosan karena kurangnya interaksi tokoh utama, namun mulai bagian tengah hingga akhir kamu akan merasa takjub dengan alur ceritanya. From Me to You menceritakan tentang Kuronuma Samako, seorang gadis yang jadi bahan bullyan teman sekolahnya karena memiliki rambut yang begitu panjang.

Dia sering dipanggil dengan sebutan Sadoka karena rambutnya itu. Karena malu, akhirnya ia jadi seorang yang pendiam. Takdir mempertumakannya dengan siswa populer yang bernama Shota Kazehaya. Apakah rasa cinta Shota mampu mengubah kepribadian Kuronuma?.

11. Until I Meet September’s Love (2019)

Film ini merupakan film yang begitu dinanti-nantikan pada tahun 2019 lalu oleh para pecinta drama Jepang. Diangkat dari novel karangan Yumi Matsuo, film ini berhasil menarik simpati penontonnya. Selain disajikan dengan kisah yang unik, akting dari para aktornya juga tak kalah keren.

Menceritakan tentang Shioru Kitamura yang baru saja pindahan ke apartemen mewah. Belum lama ditinggali, ternyata ia sudah terganggu dengan suara bising dari tetangga kamarnya. Akhirnya ia mengunjungi ke kamar tetangganya untuk melihat apa yang sebenarnya sedang dilakukannya. Begitu disana, ia bertemu dengan Susumo Hirano yang jadi awal kisah cinta mereka.

12. Almost a Miracle (2019)

Sama-sama rilis tahun 2019, film ini masuk ke dalam salah satu film Jepang romantis terbaik yang wajib kamu tonton. Almost a miracle diangkat dari novel karangan Yuki Ando. Dengan alur cerita yang tertata rapi dan memiliki banyak adegan romantisnya, dijamin kamu gak akan bosan saat menontonnya.

Menyuguhkan kisah tentang Hajime Machida, seorang murid SMA yang biasa-biasa aja dan nggak ada keunggulannya dibandingkan teman sekolahnya. Namun entah mengapa, seorang siswi cantik populer di sekolahnya yang bernama Nano Inohara tertarik untuk mendekatinya. Kira-kira apa sebabnya ya?.

13. Let Me Eat Your Pancreas (2017)

Jika kamu sedang mencari film Jepang romantis dengan cerita yang benar-benar menyentuh bahkan menyayat hati, maka film dengan judul Let Me Eat Your Pancreas ini sangat cocok untukmu. Film live action ini memiliki kisah cinta yang begitu mengharukan. I dan Sakura Yamauchi merupakan pasangan yang begitu saling mencintai satu sama lain. Mereka ingin hidup dan menua bersama.

Lihat juga:  20 Film Tentang Judi yang Seru dan Menghibur

Tapi Tuhan berkehendak lain, karena Sakura meninggalkan I terlebih dahulu akibat penyakit pankreas yang dideritanya. I sangat depresi hingga waktu yang sangat lama. Setelah 12 tahun dan ia sudah melupakan apa yang terjadi, I yang menjadi guru di sekolah menemukan catatan Sakura di perpustakaan. Hal ini membuatnya mengingat dan sedih kembali.

14. Hot Gimmick: Girl Meets Boy (2019)

Seperti kebanyakan film lainnya, film ini juga diadaptasi dari manga karya Miki Aihara dengan judul “Hot Gimmick”. bisa dikatakan ini adalah live actionnya manga tersebut karena dari keseluruhan ceritanya sama, hanya bagian kecilnya saja yang berubah.

Dirilis pada tahun 2019, film ini menceritakan tentang kehidupan bahagia Hatsumi Narita yang terenggut setelah ia bertemu dengan pria bernama Ryoki Tachibana. Teror, kesedihan dan paksaan ia alami tiap harinya karena pria tersebut. Mengetahui hal ini, Azusa Odagiri yakni teman masa kecilnya Hatsumi mencoba untuk menolongnya.

15. Tomorrow I Will Date with Yesterday’s You (2016)

Ya judulnya begitu panjang sama seperti durasi filmnya. Akan tetapi dengan suguhan cerita yang menarik, membuat kita tetap asyik saat menontonnya. Disutradarai oleh Takahiro Miki, film ini berhasil menjadi salah satu film top list di Jepang saat 2016.

Menceritakan kisah cinta antara Minamiyama dan Emi Fukuja yang diawali saat pertemuan di kereta api saat berangkat kuliah. Karena beberapa kali bertemu, mereka akhirnya berkenalan dan berkencan. Akan tetapi Emi Fukuji menceritakan tentang rahasia terdalamnya kepada Minamiyana di hari ke 15 mereka berpacaran.

16. Strobe Edge (2015)

Salah satu film live action yang diadaptasi dari manga terkenal berjudul “Strobe Edge” karya dari Io Sakisaka ini merupakan salah satu film terlaris di Jepang pada tahun 2015 lalu. Disutradarai oleh Ryuichi Hiroki mendapatkan rating 6.2 dari IMDB.

Film ini mengisahkan kisah cinta gadis SMA yang polos dan murnI yang bernama Ninako. Saat ia pulang sekolah, ia bertemu dengan teman satu sekolahnya yang bernama Ren. Karena sering bertemu mereka akhirnya saling kenal dan menghabiskan banyak waktu berduaan. Walau Ninako mengetahui bahwa Ren sudah punya pacar, ia terus berjuang untuk mengungkapkan rasa cintanya pada Ren.

17. Heavenly Forest (2006)

Tada kimi wo aishiteru merupakan sebutan lain untuk film ini dinegara asalnya. Dengan alur yang sederhana namun tiap plotnya dibuat begitu tajam, menjadikan hati kita bergejolak saat menonton kisah cinta antara Makoto dan Sizhuru di film ini.

Bercerita tentang Makoto seorang fotografer yang memiliki teman wanita yang selalu ceria bernama Sizhura. Karena sering bermain bersama, Sizhura akhirnya menyukai fotografi dan juga menyukai Makoto. Mereka menghabiskan waktu dihutan untuk mengambil gambar. Karena tau Makoto menyukai gadis lain yang bernama Miyuki, akhirnya Sizhura menghilang dari kehidupan Makoto.

18. I Give My First Love to You (2009)

Film yang rilis pada 24 Oktober 2009 ini memiliki plot cerita yang begitu menarik. Karena itulah film ini berhasil mendapatkan pujian dari para kritikus film. Film ini juga mendapatkan rating yang cukup bagus versi IMDB yakni 7.2. Berisikan kisah cinta yang begitu romantis dan menegangkan membuat kita ikut masuk ke dalam suasana filmnya.

Menceritakan tentang seorang remaja bernama Takuma yang tahu bahwa ia akan mati sebelum umur 20. Mayu yang mengetahui hal ini sejak kecil karena ayahnya adalah seorang dokter yang merawat Takuma tak membuat rasa cinta kepada Takuma hilang. Keduanya saling mencintai, tapi tahu akan kekurangannya, Takuma mulai menghindari Mayu.

19. ReLIFE (2017)

Film yang disutradari oleh Takeshi Furusawa ini merupakan film yang diadaptasi dari manga dengan judul sama yang rilis dari 2013 hingga 2018. Masuk dalam film Jepang romantis terbaik karena berhasil menguasai top list film dengan pendapatan terbesar di box office Japan di tahun 2017.

Seperti namanya, ReLIFE atau kehidupan ulang menceritakan tentang Arata Kaizaki yang hidup kembali menjadi orang yang 10 tahun lebih muda setelah menjalani eksperimen yang dilakukan oleh suatu lembaga. Ia menjadi remaja yang berusia 17 dan harus menjalani kehidupan di SMA. Di sekolah, ia bertemu dengan Chizuru Hishiro lalu jatuh cinta padanya.

Dari beberapa list film Jepang romantis di atas, sebenarnya masih ada lagi film terbaik lainnya seperti Sky of Love, You Shine in the Moonlit Night, Closest Love Heaven, The 8-Year Engagement, dan Haruchika – Bring on the Melody yang juga tak kalah asyiknya untuk ditonton menemani waktu santaimu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *