18 Film Malaysia Romantis Terbaik dan Terbaru

Sedang mencari rekomendasi Film Malaysia romantis? Kamu berada di tempat yang tepat. Pecinta film drama romansa tentu sudah sangat paham bahwa negara tetangga kita Malaysia memiliki sederet film bertema percintaan yang sangat seru untuk diikuti kisahnya.

Secara kualitas maupun popularitas, beberapa film drama Malaysia tidak kalah dengan film Indonesia. Karena itulah kita tidak boleh meremehkan berbagai film Malaysia romantis yang ada. Pengalaman menonton drama film Malaysia romantis sebenarnya nggak jauh beda dengan film kita. Karena dari segi kultur, tema, dan bahasa hampir mirip dengan film tanah air.

Film Malaysia Romantis yang Bikin Baper

Berikut deretan film Malaysia romantis yang menarik untuk kamu tonton:

1. Perjodohan yang diinginkan: Kimchi untuk Awak (2017)

Kisah dalam film ini diadaptasi dari novel yang berjudul sama karya dari Suri Ryana.

Diperankan oleh beberapa artis Malaysia ternama seperti Aiman Hakim, Emma Membong dan Janna Nick, film yang rilis tahun 2017 ini berhasil membuat penonton terpukau dengan akting keren mereka. Kimchi untuk Awak menceritakan tentang percintaan 2 orang remaja yang bernama Bella dan Daniel. Mereka sama-sama orang Malaysia, namun si Daniel memiliki wajah blasteran Korea karena salah satu orang tuanya berasal dari Korea. Awalnya mereka bertemu dibandara Korsel. Belum mengenal lebih jauh mereka harus berpisah.

Tibanya di Malaysia, Bella diperintahkan untuk membuatkan kimchi untuk tamu yang akan dijodohkan denganya. Siapa sangka, ternyata tamu itu adalah Daniel, orang sama dengan yang ia temuinya sebelumnya.

2. Film dengan teknologi 3D: 29 Februari (2012)

29 Februari merupakan film yang begitu sukses di masanya, dan merupakan tonggak awal pengaplikasian teknologi film 3D pertama di Malaysia.

Film yang bergenre biografi fantasi ini memiliki alur cerita yang rapi dan terus membuat kita penasaran akan adegan demi adegannya.

Judul film “29 Februari” adalah untuk menggambarkan tokoh utama yang bernama Budi dimana ia lahir pada tanggal langka, yaitu 29 Februari.

Ia seorang yatim piatu dan selama ini hidupnya di panti asuhan.

Sudah bertahun-tahun berteman akrab dengan Lily, namun belum sempat menyatakan cintanya Lily sudah dijodohkan oleh orang tuanya. Ia melarikan diri dari pernikahannya, dan budi pun berusaha mencarinya.

Akankah mereka berdua dipertemukan kembali?

3. Mengisahkan kehidupan pasutri baru: Aku Terima Nikahnya (2012)

 

Dari awal hingga akhir film, kamu akan disuguhkan dengan adegan-adegan yang mampu mengaduk-aduk perasaan.

Kita akan terbawa pada suasana hati tokoh utama yang bahagia, sedih, kecewa, hingga putus asa. Karena itulah film karya Eyra Rahman ini begitu diminati di awal perilisannya.

Menceritakan mengenai kehidupan bahagia pasutri baru yang bernama Arlisa dan Johan.

Namun suatu hari kebahagiaan mereka terenggut sejak Johan mengalami kecelakaan dari mobilnya. Ia terkena hilang ingatan jangka pendek akibat benturan keras dikepalanya.

Ia hanya mengingat sampai usia 30 tahun saja, dan mempertanyakan status pernikahan mereka sebelumnya.

4. Perjodohan dan permasalahan rumah tangga: Warna Cinta Impian (2016)

 

Selama 102 menit, kamu akan ditemani oleh akting keren dari beberapa aktor kenamaan Malaysia seperti Awie, Shiqin Kamal, Erra Fazira, dan Erwin Dawson.

Alurnya yang sedikit rumit karena konflik antar tokoh yang menjalar ke tokoh lainnya menjadikan film Malaysia romantis ini begitu seru sekaligus menegangkan. Mengisahkan tentang suami istri yang habis menikah karena dijodohkan oleh keluarganya masing-masing.

Perjodohan keluarga memang tak selalu buruk, namun membangun rasa cinta kepada orang yang belum terlalu dikenalnya memang begitu sulit.

Seperti halnya dengan mereka Dainel dan Diana. Mereka harus bisa menerima satu sama lain sebagai pasangan hidupnya.

Tak sampai situ, kakak mereka yang dulunya punya kisah cinta masing-masing membuatnya ikut campur dalam setiap permasalah keluarganya.

5. Kisah cinta yang penuh rintangan: Ombak Rindu (2011)

 

Saking banyaknya adegan romantis, dijamin film karya Osman Ali ini bakal bikin kamu tersenyum-senyum sendiri saat menontonnya.

Rilis tahun 2011, film yang diperankan oleh Lisa Surihani dan Aaron Aziz ini diangkat dari novel karangan Fauziah Azhari yang memiliki judul sama. Menceritakan tentang kisah cinta antara Haris dan Izzah yang penuh lika-liku.

Kisah cinta mereka di awali dari bertemunya disebuah klub malam di kotanya. Izzah, seorang dengan tampan yang cantik harus menjadi wanita penghibur di klub malam karena dijual oleh pamannya untuk melunasi hutang keluarganya.

Haris yang bertemu Izzah saat itu menawarkan kepada Izzah untuk menjadi istrinya.

Lalu akankah mereka berdua sampai menikah tanpa ada konflik yang berarti?

6. Rasa benci menjadi cinta: bUSker (2018)

 

bUSker sendiri adalah nama dari kelompok pemain musik jalanan yang menjadi tokoh utama dalam film ini.

Disutradari oleh Syed Fariz, film yang rilis tahun 2018 ini mendapatkan banyak respon positif dari para penonton maupun reviewer film saat awal peluncurannya.

Film ini menceritakan tentang Adil dan Vera yang harus bekerja sama dalam proyek studi di kampusnya.

Mereka berdua sebenarnya musuh bebuyutan yang saling membenci satu sama lain, tapi karena hal ini, mereka harus bekerja sama agar tujuannya tercapai. Suatu hari Adil frustasi karena ditinggalkan oleh kekasihnya.

Karena hal ini, hati Vera tergerak untuk membantu Adil mendapatkannya kembali dengan mengikuti kompetisi musik bUSker.

Namun karena mereka berdua sering bertemu satu sama lain, akhirnya Vera yang awalnya membencinya mulai jatuh hati pada sosok Adil.

7. Dibintangi aktor dari Indonesia: Bukan Cinta Malaikat (2017)

 

Ada hal unik dari film yang berjudul “Bukan Cinta Malaikat” ini. Yakni karena film ini diperankan oleh artis Indonesia dan Malaysia.

Dari Indonesia dibintangi oleh Fachry Albar dan Donita sementara dari Malaysia oleh Nora Danish dan Ashraf Muslim.

Film ini tayang terlebih dahulu di Indonesia yakni pada Juli 2017 dan di Malaysia pada Januari 2018.

Menceritakan tentang pejuang Indonesia yang bertugas di daerah konflik Timur Tengah dengan nama Reyhan. Saat itu ia menolong Dewi, perempuan Malaysia yang dituduh sebagai pengunjung gelap di Timur Tengah.

Suatu saat Dewi pun menolong Reyhan karena terlibat dalam pemberontakan hingga akhirnya mereka berdua saling menyukai. Namun mereka berdua punya orang lain yang sama-sama mencintainya.

Bisakah kisah cinta mereka berjalan mulus?

8. Kisah cinta dengan perbedaan status sosial: Balada Pencinta (2013)

 

Film yang diperankan oleh Johan Asari dan Siti Saleha ini juga tak kalah seru untuk ditonton menemani waktu santaimu.

Walaupun durasinya cukup pendek hanya sekitar 90 menit, film ini menyajikan adegan yang begitu totalitas disamping alurnya yang juga keren.

Berkisah tentang kerumitan cinta antara Aisyah yang berasal dari kalangan kaya raya dengan Amir sang musisi jalanan. Hubungan mereka ditentang orang tuanya karena perbedaan status sosial yang begitu nyata. Orang tua Aisyah pun sudah menjodohkannya dengan Boy karena alasan bisnis.

Lalu apakah hubungan mereka bisa diperjuangkan?

9. Hubungan tidak direstui lalu kawin lari: Azura (2012)

 

Diperankan oleh aktor Malaysia ternama yakni Shahz Jaszle dan Neelofa, film berdurasi 98 menit ini benar-benar menyita perhatian siapapun yang menontonnya. Betapa tidak, mulai dari awal sampai akhir, semua alur dibuat begitu apik dengan sudut pandang yang berbeda.

Menceritakan tentang kisah cinta Azura dan Zek yang ditentang oleh keluarga Zek. Azura sendiri merupakan pribadi sederhana, mandiri dan pekerja keras. Sementara Zek berasal dari kalangan mapan.Kepribadian Azura sendirilah yang menarik perhatian Zek saat pertama kalinya. Karena tidak direstui, mereka akhirnya kawin lari di London. Saat kembali ke Malaysia konflik pun mulai bermunculan.

10. Film komedi romantis Malaysia: Sepet (2005)

 

Salah satu film Malaysia romantis yang paling kami rekomendasikan untuk kamu semua ialah Sepet. Dengan genre komedi romantisnya, film ini menyajikan tontonan kemesraan yang ringan dan bikin kita betah untuk menonton tiap tayangannya. Bahkan dijamin bakal tertarik untuk menonton kembali setelah selesai mentontonnya.

Bercerita tentang Lee / Jason (Ng Choo Seong) yang merupakan pria Mandarin & Orked (Sharifah Amani) seorang cewek Melayu. Awal pertemuannya ialah saat Orked mengunjungi toko VCD milik Lee saat dipasar malam. Lee yang tertarik pada pandangan pertamanya, akhirnya ia menyelipkan nomor HP di VCD nya. Siapa sangka, hal itu menjadikan mereka dekat dan saling mencintai.

11. Kisah cinta yang kandas karena perbedaan Ras: Gubra (2006)

 

Gubra sendiri sebenarnya sekuel dari film Sepet yang rilis tahun 2005 dan masih disutradari oleh orang yang sama yakni Yasmin Ahmad. Sebelum kamu nonton Gubra, alangkah baiknya nonton film Sepet terlebih dahulu agar nyambung dengan cerita sebelumnya.

Melanjutkan kisah percintaan Lee dan Orked yang kandas karena perbedaan ras, akhirnya Orked harus menikahi pria yang bernama Ariff.

Namun akhir-akhir ini Orked mulai curiga dengan tingkah laku suaminya yang menyembukan wanita lain dibelakangnya.

Akankah kisah cinta Orked dan Ariff dipertemukan kembali di film ini?

12. Film malaysia romantis diadaptasi dari Novel: Tausiyah Cinta (2016)

 

Siapa sangka film yang diadaptasi dari novel ini benar-benar menarik untuk dinikmati.

Kita sebagai pentonton akan dihadapkan pada rumitnya kisah antar tokoh, bahkan jika tidak mencerna dengan baik kita akan bingung dan terbawa arus ceritanya tanpa memahaminya.

Dengan nuansa islami yang kental, film ini mampu memberikan inspirasi bagi umat muslim.

Rilis tahun 2016, film ini menceritakan tentang Lefan yang begitu sedih dan syok hatinya setelah kehilangan ibunya.

Ia jadi orang pendendam dan pemarah, hingga ayahnya sendiri pun dijadikan objek dendamnya. Tidak ada yang bisa menghentikan sikapnya, kecuali setelah ia bertemu Azka yang merupakan hafiz quran.

Azka memperkenalkan pada Rein yang akhirnya Lefan jatuh hati padanya.

13. Meraih banyak penghargaan: Legenda Budak Setan (2010)

 

Walau namanya terdengar seram, jangan salah sangka kalau film ini merupakan film horor loh ya. Legenda Budak Setan merupakan salah satu film Malaysia romantis terbaik yang rilis tahun 2010 lalu.

Diadaptasi dari novel terlaris di Malaysia, film ini akhirnya berhasil menyabet piala penghargaan dari beberapa ajang award sekaligus.

Menceritakan tentang si Ayu sebagai orang yang telah berhasil mengubah hidup Kasyah yang begitu nakalnya di sekolah. Karena mereka sering berkomunikasi dan bersama, akhirnya timbulah cinta dari mereka berdua. Sayangnya Ayu harus pergi untuk melanjutkan studi di tempat lain.

Disanalah ia bertemu Azmi yang dulu pernah menyakiti hatinya. Namun justru Azmi inilah yang menikahi Ayu.

14. Plot twist yang menarik: Cinderella (2013)

 

Film karya Ahmad Idham ini diperankan oleh artis papan atas Malaysia yang bernama Nelydia Senrose dan Fizo Omar.

Ceritanya penuh lika liku yang akan membuat kita begitu mendalami peran karakter utamanya yakni Nurul. Memang hampir mirip cerita Cinderella, tapi terdapat pembelokan alur cerita yang keren.

Nurul sendiri adalah anak yatim yang tinggal dengan ibu dan saudara tirinya. Zamil sebagai kakak tirinya justru berniat melecehkannya secara seksual.

Hal ini membuat Nurul kabur sampai ke Kamar Salman (anak pengusaha besar di desanya) untuk bersembunyi.

Sayangnya hal itu diketahui masyarakat dan dituduh zina yang mengharuskan mereka untuk menikah.

Namun karena Salman tidak mencintai Nurul, ia selalu berbuat buruk kepadanya setiap harinya.

15. Drama Malaysia Romantis, bingung memilih antara istri atau tunangannya: Isteri vs Tunang (2016)

 

Serial drama yang dimulai tahun 2016 ini begitu populer di negaranya. Walaupun dalam kisah percintaan antar tokohnya banyak menyajikan adegan adegan yang begitu romantis, kamu tetap akan terbawa pada suasana kesedihan, hingga kekesalan terhadap tokoh antagonis dalam film ini.

Singkatnya, Isteri vs Tunang bercerita tentang kebingunan tokoh utama yang bernama Zaim untuk memilih istrinya atau tunangannya.

Istrinya sendiri yang bernama Alana sebenarnya orang yang tidak pernah akur dengannya. Hingga setelah pernikahan pun si Zaim ini lebih memilih untuk selalu bersama tunangannya.

Apakah Zaim lebih tertarik kepada tunangannya dan mengabaikan istrinya begitu saja? Langsung simak ceritanya di film ini.

16. Kisah percintaan yang rumit: Dia Semanis Honey (2016)

 

Sebenarnya “Dia Semanis Honey” termasuk drama serial atau sinetron yang tayang di TV lokal Malaysia.

Kisah cinta yang ada di drama romantis malaysia satu ini begitu menarik untuk diikuti.

Kamu bisa nonton kompilasi chapter dramanya di berbagai situs nonton online.

Bercerita tentang kisah percintaan yang rumit. Yakni tentang rasa saling suka yang timbul antara Ahnaf dan Hani setelah mereka dijodohkan oleh orang tuanya masing-masing.

Sebelum pernikahan, ada orang ketiga yang merusak hubungan mereka berdua. Hingga setelah beberapa tahun, Ahnaf yang ingin kembali kepada Hani begitu menyesalinya karena ia sudah memiliki partner hidupnya.

17. Series romantis Malaysia: Awak Sangat Nakal (2015)

Awak Sangat Nakal juga termasuk sinetron TV lokal dan tayang perdana pada tahun 2015 hingga berakhir pada tahun 2016.

Memiliki 28 episode, film ini berhasil membuat penonton terpesona dengan kisah antara Zahra dan Fariz.

Mengisahkan tentang pertemuan Zahra seorang wedding planner dan Fariz yang merupakan mantan tentara. Fariz memiliki sikap yang kaku dan berhati dingin, tidak ada yang bisa mengubahnya.

Kecuali suatu saat dia bertemu Zahra, dia berubah menjadi orang yang berkepribadian terbuka dan hangat.

Lalu apakah terlibat percintaan yang serius diantara mereka?

18. Jatuh hati pada pandangan pertama: 7 Hari Mencintaiku (2016)

Dengan alur cerita yang sederhana tapi ngena, kamu akan terkagum dengan drama yang rilis perdana di tahun 2016.

Seperti judulnya, menceritakan tentang kisah cinta singkat antara Khuzairi dengan wanita yang bernama Mia. Khuzairi yang awalnya jatuh hati pada pandangan pertamanya terhadap Mia lama-lama cintanya mulai luntur.

Hal ini karena ia mengetahui sikap buruk Mia yang tidak disukainya. Selain itu, Mia pun sudah memiliki calon suami.

Akan tetapi saat pernikahan Mia segera berlangsung, calon suaminya tidak menampakan diri sekaligus tidak bisa dihubungi.

Akhirnya menjadikan Khuzairi sebagai calon suaminya untuk menutupi rasa malunya. Konflik demi konflik pun terjadi saat mereka sudah jadi suami istri.

Film Malaysia terbaru 2020

Berikut ini daftar film Malaysia terbaik di tahun 2020:

  1. Nasi Kerabu untuk Che Abe (2020)

  2. Maaf Tak Indah (2020)

  3. Chandelier (2020)

  4. Bertemu lewat dunia maya, lalu suka Bukan Kahwin Paksa (2020)

  5. Titian Takdir (2020)

  6. Seadanya Aku (2020)

  7. Cindai (2020)

  8. TQ Captain (2020)

  9. Setelah Ku Dimiliki (2020)

  10. Hilang Yang Kembali (2020)

Dari ke daftar Malaysia romantis tadi, manakah yang paling kamu suka?.