15 Film perselingkuhan yang penuh drama dan konflik

Menonton film perselingkuhan memang punya sensasi tersendiri.

Sebagai pentonton kita akan dibawa pada suasana penuh ketegangan, keharuan, kemarahan, kekecewaan, kesedihan hingga rasa sebal yang nyesek di dada.

Walaupun tak bisa mendapatkan banyak inspirasi dari film ini, setidaknya kita bisa mengambil moral story nya.

Film perselingkuhan mengajarkan kepada kita bahwa rumah tangga yang harmonis hanya bisa didapatkan dari keselerasan hati dan juga sikap tulus antar suami istri.

Apabila salah satu diantaranya bersikap seenak sendiri seperti berselingkuh dengan yang lebih cantik / tampan, maka akan berakhir dengan kehancuran rumah tangga, bahkan hingga kasus yang lebih buruk lagi.

Daftar film tentang perselingkuhan

Umumnya film dengan tema perselingkuhan memiliki genre drama. Namun ada juga yang memiliki genre lain seperti genre aksi romansa, komedi, hingga misteri.

Nah jika kamu ingin tahu apa saja film-filmnya, berikut kami berikan beberapa referensinya untukmu.


Drama Korea tentang perselingkuhan yang dibintangi Kim Hee Ae: The World of The Married (2020)

 

Korea adalah surganya film drama yang begitu bagus dan bikin siapapun jadi baper setelah menontonnya. Seperti halnya film korea satu ini, The World of The Married merupakan film korea dengan rating yang cukup tinggi yakni 8.6 versi IMDB. Dibintangi oleh Kim Hee Ae, Han So Hee dan Park Sang Woo, film ini menghasilkan kisah yang begitu epik untuk ditonton.

Menceritakan seorang istri yang bernama Ji Sun Woo yang mencurigai suaminya (Lee Tae Oh) setelah kepulangannya dari perjalanan bisnis. Ia curiga karena hidupnya yang sebelumnya penuh kebahagiaan tiba-tiba harus berubah drastis. Dengan kecerdikannya, Ji Sun Woo akhirnya menyelidiki sekaligus membalas perbuatan suaminya yang selingkuh.


Film perselingkuhan yang dibintangi Kate Winslet: Little Children (2006)

 

Film hollywood yang dibintangi oleh aktor papan atas Kate Winslet ini mendapatkan rating yang cukup bagus yakni 7.5 versi IMDB. Film Little Children akan mengajak kamu masuk ke dalam pergulatan konflik batin dan dilema antar masing-masing tokoh yang begitu terasa nyata.

Seperti namanya, film perselingkuhan ini berpusat pada little children yang merupakan anak mereka masing-masing. Mengisahkan pertemuan antara seorang ibu muda dan ayah muda yang setiap hari mengantar anaknya masing-masing ke sekolah. Karena biasa, mereka jadi akrab dan pada akhirnya saling jatuh hati. Hal ini menyebabkan keretakan hubungan keluarga mereka masing-masing.


Menceritakan kisah seorang raja yang menyukai laki-laki: A Frozen Flower (2008)

 

Latar waktu dalam film ini ialah kekaisaran Korea. Dengan rating 7.1 film yang dibintangi oleh Jo in Sung ini memiliki cerita yang sangat bagus. Kita akan terbawa suasana dalam tiap scenenya. Namun perlu diperhatikan, film ini memiliki beberapa adegan dewasa, sehingga harus diperhatikan lebih dulu sebelum menoton dengan anak di bawah umur.

A Frozen Flower menceritakan tentang raja korea yang memiliki hasrat seksual terhadap laki-laki. Hal inilah yang menjadi permasalahan besar bagi kebiwaannya bila aib tersebut tersebar ke masyarakatnya. Selain itu, demi tradisi kerajaan, ia harus menikahi seorang perempuan untuk dijadikan permaisurinya.


Film perselingkuhan yang mendapat sanjungan kritikus film: Locke (2014)

 

Film karya Steven Knight ini merupakan salah satu film perselingkungan yang begitu fenomenal. Dibintangi oleh beberapa artis ternama seperti Tom Hardy, Ruth Wilson dan Olivia Colman, film satu ini berhasil berhasil membuat para penontonnya luluh dan mendapatkan sanjungan dari berbagai kritikus film.

Mengisahkan tentang Locke yang merupakan seorang manajer perusahan konstruksi yang berhubungan gelap dengan Betha, wanita yang dulu jadi asisten saat kunjungan kerja. Ia harus pergi dari Brimingham ke London untuk menemuinya yang sedang melahirkan anak dari hasil hubungannya. Dalam perjalanannya inilah terjadi konflik batin yang begitu rumit dengan keluarga dan rekannya.


Rumput tetangga lebih hijau daripada rumput sendiri: Love Affairs in the Afternoon (2019)

 

Walaupun tidak semua film romance Korea punya tema perselingkuhan, tapi setidaknya Korea adalah juaranya dalam pembuatan film dengan tema tersebut. Seperti halnya film berjudul Love Affairs in the Afternoon ini, dirilis tahun 2019 kemarin, film ini berhasil mendapatkan rating 7.1 versi IMDB.

Drama satu ini bercerita mengenai seorang wanita yang bosan dengan pekerjaan paruh waktu di minimarket. Ia sudah 5 tahun menikah dengan seorang PNS namun belum juga dikarunai anak. Ia iri melihat tetangganya yang tampak harmonis antara suami istri dan juga anak-anaknya. Padahal dibaliknya, tetangganya tersebut terlibat dalam kasus perselingkuhan.


Film perselingkuhan dengan banyak adegan dewasa: The Concubine (2012)

 

Film ini juga masih dari Korea Selatan. Berbeda dengan film sebelumnya, The Concubine memiliki seting tempat dan waktu jaman kerajaan. Film drama romansa ini menampilkan beberapa adegan dewasa, jadi kalau kamu belum cukup umur jangan coba-coba nonton ya.

Menceritakan tentang seorang wanita cantik yang terpaksa menjalani kehidupannya menjadi seorang selir raja. Karena begitu tidak menyukainya untuk dijadikan selir raja, ia masuk ke dalam problematika konflik dendam. Hingga akhirnya, ia bertemu dengan pangeran yang mana keduanya saling mencintai, sehingga terlibat perselingkuhan yang begitu rumit.


Alur yang lambat dan sederhana: Before We Go (2014)

 

Suasana penuh keharuan akan kamu rasakan begitu nyata difilm yang dirilis tahun 2014 ini. Diperankan oleh Alice Eve sebagai Brooke Dalton dan Chris Evans sebagai Nick, Before We Go menyajikan cerita dengan alur yang lambat dan sederhana namun begitu mengalir untuk diikuti kisahnya.

Mengisahkan tentang Brooke Dalton yang memergoki suaminya yang sedang berselingkuh. Akhirnya ia pergi meninggalkannya. Malangnya, saat ia berada di stasiun kereta ia kecopetan, dan akhirnya ketinggalan jadwal keberangkatan. Nasib mempertemukannya dengan Nick, seorang musisi jalanan. Walau sama-sama sudah berkeluarga, akhirnya mereka menghabiskan waktu bersama hingga saling tertarik satu sama lain.


Kisah seorang ibu dan anaknya yang autis: A Man and A Woman (2016)

 

Pergulatan batin antar tokoh akan benar-benar membuatmu baper dan masuk kedalam kisah antar tokohnya. Gong Yoo selaku aktor papan atas membuat film jadi begitu sempurna. Menceritakan tentang seorang ibu muda yang bernama Sang min pergi ke Finlandia untuk menyekolahkan anaknya yang autis ke sekolah khusus.

Di Finlandia, ia bertemu Ki-Hong, seorang arsitek Korea yang bekerja disana. Dari pertemuannya inilah mereka terjalin hubungan perselingkuhan. Hubungan ini pun berlanjut ke Korea saat mereka berdua sudah pulang ke negaranya. Akankah perselingkuhan mereka bakal menemui konflik?


Menjalani hari dengan kesedihan sebagai pasutri: Wedding Agreement (2017)

 

Berbeda dari film sebelumnya, Wedding Agreement merupakan film buatan Indonesia yang dirilis tahun 2017. Diperankan oleh beberapa artis tanah air ternama yakni Indah Permatasari, Refal Hady, dan Aghniny Haque film ini menyuguhkan cerita yang sangat menarik.

Menceritakan tentang seorang perempuan bernama Tari yang merupakan pasutri yang baru saja menikah namun sang suami harus membuat perjanjian tentang percerainnya dalam selang 1 tahun setelah pernikahannya. Ini karena sang suami sudah jatuh hati pada Sarah dan ingin menikahinya. Hari-harinya ia harus menjalaninya dengan penuh kesedihan demi menjaga kehormonisan keluarganya.


Alur yang simpel dengan plot twist di endingnya: Love in Between (2010)

 

Film drama romance karya Jeong Yoon Soo ini memiliki alur yang simpel namun diakhir cerita kita akan dibuat begitu takjub dengan pergulatan batin antar masing-masing tokoh. Rilis tahun 2010, film ini mendapatkan rating IMDB sebesar 6.0.

“Love in Between”, ya dari judulnya saja kita sudah paham bahwa ada pihak ketiga dari sebuah pasangan. Menceritakan tentang suami istri yang sudah menikah selama 10 tahun. Namun anak yang didamba-dambakan belum kunjung dikaruniai juga. Keharmonisan yang selama ini didambakan istrinya hancur setelah ia melihat email mesra yang dikirimkan seseorang kepada suaminya.


Seorang wanita yang sengaja menghilangkan dirinya: Gone Girl (2014)

 

Sebenarnya Gone Girl bukanlah film drama yang penuh adegan romantis, namun ini adalah sebuah film thriller psikologis terkenal karya David Fincher. Cerita yang penuh plot tak terduga dan adegan-adegan yang menegangkan, menjadikan Gone Girl sebagai salah satu film perselingkuhan terbaik yang pernah ada.

Berkisah tentang Amy yang diperankan Rosamund Pike yang menghilang dengan mencurigakan setelah 5 hari pernikahannya. Kasus ini ditangani serius oleh suaminya yang bernama Nick (Ben Affleck), namun upaya pencarian tak kunjung berhasi. Bahkan polisinya pun justru menganggap dia yang membunuh istrinya. Kasus terungkap di akhir cerita, bahwa Amy menghilang dengan kemauan sendirinya karena suaminya telah berselingkuh dengan muridnya sendiri.


Film perselingkuhan bergenre drama dan thriller: Match Point (2005)

 

Gabungan antara genre drama dan thriller menjadikan Match Point sebagai salah satu film perselingkungan terbaik dengan rating IMDB sebesar 7.6. Karena rilis tahun 2005, film yang diperankan oleh Scarlett Johansson ini memang memiliki visual yang kurang, namun dari sisi alur ceritanya tidak main-main.

Match Point menceritakan tentang pasangan yang telah bertunangan yakni Nola dan Tom. Namun diantara mereka ada orang ketiganya Nola, yakni Chris yang merupakan pelatih tenis Nola. Chris yang menyukai Nola menjadi problematika tersendiri, karena ia sendiri sebenarnya sudah menjalin hubungan dengan adik dari Tom. Saat hubungan Tom dan Nola renggang, Chris mulai melancarkan aksinya untuk mendapatkan Nola.


Film perselingkuhan bergenre drama komedi: 5 to 7 (2015)

 

Film yang satu ini benar-benar unik, dimana ceritanya gak bakal bisa kamu temui di film-film lain. Dengan genre comedy drama, Victor Levin sebagai sutradara membuat film ini begitu menghibur dengan suguhan adegan-adegan lucu antara sepasang suami istri yang bernama Vallery dan Arielle.

Pasangan suami istri ini terbilang cukup aneh, mengingat orang-orang biasanya akan memutuskan pasangannya masing-masing jika ketahuan ada yang selingkuh diantara mereka, tapi ini lain. Mereka justru mengizinkan pasangannya untuk saling selingkuh. Walau begitu tetap ada aturan, bila ingin mengencani pria lain, maka harus dari pukul 5 sore hingga 7 malam.


Dibalik kesuksesan seorang pengusaha ada perselingkuhan: The Founder (2017)

 

The Founder diadaptasi dari kisah nyata yang terjadi pada salah satu tokoh pendiri restoran fast food McDonald’s. Karena kisahnya yang begitu unik, akhirnya John Lee Hancock membuat film tersebut tampil dilayar lebar dengan diperankan oleh beberapa artis hollywood papan atas seperti Michael Keaton, John Carroll Lynch dan Nick Offerman.

Film biografi ini menceritakan tentang perselingkuhan yang dilakukan pendiri McDonald’s yaitu Ray Kroc dengan Joan Smith. Wanita yang bernama Joan Smith ini sendiri merupakan istri dari seorang investor yang membeli restorannya. Ini merupakan strategi licik Ray dalam mengembangkan keuntungannya.


Kisah perselingkuhan di masa SMA: Refrain (2013)

 

Maudy Ayunda dan Afgansyah Reza benar-benar bermain secara totalitas dalam film berjudul Refrain ini. Walaupun memiliki plot cerita yang mudah ditebak, film yang disutradarai Fajar Nugros ini nggak bakal bikin kamu kecewa. Dipenuhi adegan percintaan hingga penyesalan antar tokoh, dijamin bikin hatimu teraduk-aduk tak karuan pada saat menontonnya.

Bercerita tentang Nata yang menyukai Niki, seorang sahabat karibnya sejak mereka masih kecil. Namun Niki sendiri telah menaruh rasa suka pada orang lain yang bernama Oliver. Pada suatu acara di SMA nya, Niki mendapati Oliver yang sedang berselingkuh dengan teman sekolahnya sendiri. Dalam pergolakan hati Niki, Nata justru datang untuk memberikannya semangat, hingga ia tersadar bahwa Nata lah yang paling peduli dengannya.


Suami ketagihan pornografi, Istri selingkuh: Little Children (2007)

 

Dengan genre komedi dramanya, film ini berhasil mendapatkan banyak pujian pada saat perilisannya di tahun 2007. Walau durasinya terbilang cukup lama karena sampai 2 jam 17 menit, kita ngga akan dibuat bosan dengan jalan ceritanya yang begitu menarik.

Mengisahkan tentang sebuah keluarga yang renggang karena sang suami hobi menonton video pornografi yang didapatkannya dari situs-situs dewasa. Sang istri yang kesal mengetahui kebiasaan buruk suaminya akhirnya mulai membencinya. Suatu saat sang istri ini bertemu dengan seseorang yang bernama Brad, setelah sering bertemu dan mengenal lebih dalam, hubungan mereka pun jadi semakin dekat.


Film perselingkuhan yang diadaptasi dari Novel: Notes on a Scandal (2006)

 

Diadaptasi dari novel populer karya Zoe Heller yang berjudul “Notes on a Scandal”, film ini nggak hanya bikin kita terhibur dengan jalan ceritanya. Akan tetapi kita juga bisa mengambil pelajaran darinya bahwa perselingkuhan akan membawa kita pada hal terburuk yang nggak pernah dibayangkan.

Menceritakan tentang seorang guru seni yang selingkuh dengan muridnya yang masih berumur 15 tahun. Guru seni yang bernama Sheba Hart ini sering melakukan pelecehan kepada muridnya saat sedang di sekolah maupun di luar sekolah. Pada akhirnya tindakannya diketahui oleh guru sejarah disekolahnya yang bernama Barbara Covett hingga mendatangkan nasib sial untuknya.


Film satir dengan bumbu perselingkuhan: American Beauty (1999)

 

Film satu ini termasuk film keluaran lama, yaitu tahun 1999. Tergolong film satir yang menyinggung tentang kepuasan diri yang bertolak pada pandangan umum tentang kecantikan wanita Amerika. Hadir dengan membawa plot twist yang bagus, film ini masuk sebagai film perselingkuhan terbaik yang pernah ada.

Sepasang suami istri yang tidak puas dengan kondisi fisik pasangannya masing-masing berakibat membuat pernikahannya terasa begitu memuakkan. Akhirnya mereka berdua mencari orang lain sebagai pelarian dari semua masalah rumah tangga yang dialaminya.


Kisah cinta yang rumit karena adanya perselingkuhan: Anna Karenina (2012)

 

Tampilan yang sinematik didukung akting yang bagus dari bintang film ternama seperti Keira Knightley dan Aaron Taylor Johnson membuat film ini memikat hati siapapun yang menontonnya.

Diangkat dari novel karya Leo Tolstoy dengan judul sama, film ini bercerita tentang kisah asmara hubungan gelap antara Anna Karenina (Keira Knightley) dengan Count Fronsky (Aaron Taylor Johnson). Cinta terlarang mereka berdua mengakibatkan beberapa pihak yang cemburu dan terjadi pergolakan konflik yang begitu destruktif.


Selain beberapa film perselingkuhan di atas, sebenarnya masih banyak film lagi yang bisa kita tonton. Misalnya film berjudul Take This Waltz, Unfaithful, Closer, Caught, Aslyum, Indicent Proposal,The Door on the Floor, dan Leaving.

Berbagai film tersebut memiliki kisah yang penuh dengan kecemburuan dan penyesalan akibat perselingkuhan.

Tertarik untuk menontonnya?