26 Film Thriller Terbaik yang Penuh Sensasi Menegangkan

film thriller terbaik

Berbeda dengan film horor, film thriller lebih menonjolkan sisi yang kelam dan mencekam. Sensasi tegang dan mengerikan lebih dirasakan daripada suasana yang seram dan menakutkan. Namun sensasi semacam itu justru lebih disukai oleh para pecinta film bergenre thriller.

Semua alur cerita dalam film thriller dibuat dengan penuh lika liku yang kaya akan misteri. Kebanyakan diantaranya diadaptasi dari berbagai novel legendaris. Namun ada pula yang berasal dari kisah nyata. Dengan tambahan unsur visual yang epik, menjadikan sebuah film dengan cerita yang luar biasa.

Daftar Film Thriller Terbaik

Berikut adalah beberapa daftar film thriller terbaik yang penuh keseruan dan ketegangan saat kamu tonton:

1. Film thriller rekomendasi: A Quite Place (2018)

 

Satu hal yang menarik dari film ini adalah orisinilitas ceritanya. Dibalut dengan efek visual dan audio yang mencekam, film yang dibuat dengan alur sederhana ini tetap membuatmu merinding loh.

Quite place menceritakan sebuah keluarga yang bertahan hidup dari monster dengan tinggal di dalam hutan yang jauh dari keramaian. Ia berusaha menghindari monster yang membunuh siapapun yang bersuara.

2. Menceritakan kisah di suatu desa adat yang menganut sekte aneh: Midsommar (2019)

Jika kita pernah dengar cerita menakutkan dari desa penari, sebenarnya film midsommar ini adalah cerita tentang desa penari yang sebenarnya. Banyak penonton yang tidak kuat hati melihat film ini hingga selesai, sampai-sampai banyak yang keluar bioskop walau belum separuh film yang ditontonnya.

Film midsommar menceritakan tentang suatu adat aneh seperti upacara, tarian, hingga ritual seks yang dilakukan oleh sebuah sekte yang dibumbui dengan kisi kisi adegan yang sangat mencekam.

3. Film thriller amerika terbaik: Hereditary (2018)

Hereditary hampir sama dan midsommar dari segi tayangannya karena menampilkan berbagai visual eksplisit yang tidak wajar atau bisa dikatakan terlalu ekstrim. Walau begitu film ini mendapatkan berbagai penghargaan karena keunikan ceritanya.

Film yang dianggap paling menyeramkan di tahun 2018 ini memiliki suasana lebih mencekam dibanding quite place. Berisi kisah tentang meninggalnya seorang tetua yang bernama Ellen yang diikuti oleh tewasnya cucunya akibat kecelakaan. Namun akhirnya misteri kematian keluarga tersebut mulai terungkap. 

4. Trauma dan mimpi buruk: Doctor Sleep (2019)

Film thriller terbaik satu ini merupakan sekuel dari film “The Shinning” yang diadaptasi dari novel Stephen King. Kamu akan jauh lebih paham bila sudah menonton film pertamanya terlebih dahulu. Menceritakan tentang Danny Torrance yang berusaha menghilangkan jati dirinya sebagai seorang The Shinning. 

Namun tanpa baru menyadari ada musuh besar yang bernama True Knot setelah dikabari oleh sahabat penanya bernama Abra. Kondisi ini membuatnya kembali berhadapan dengan mimpi buruk dan trauma di Hotel Overlook.

5. Diperankan Chris Hemsworth: Extraction (2020)

Film rilisan netflix yang keluar tahun 2020 ini memang pantas untuk ditonton. Walau alur cerita yang dibuat begitu simpel namun tiap adegannya dibuat begitu menegangkan. Berisi petualangan Tyler Rake (Hemsworth) seorang agen bayaran papan atas yang berusaha menyelamatkan anak dari seorang klien.

Ia berusaha menyelamatkannya dari penculikan yang dilakukan seorang bandar narkoba di Bangladesh. Setelah misi berhasil, dia dan timnya tidak kunjung mendapatkan bayaran karena pihak kliennya berkhianat. Akhirnya ia harus menghadapi masalah yang sangat serius karena harus berurusan dengan kedua belah pihak.

6. Perburuan dua belas orang asing di suatu tempat: The Hunt (2020)

The most dangerous games adalah cerita yang mendasari pembuatan film ini. Dengan latar belakang tempat yang berbeda-beda, membuat film ini semakin menarik. Apalagi banyak sekali adegan-adegan mengerikan dari pembunuhan manusia yang tidak wajar.

Zraig Zobel selaku sutradara The Hunt membuat filmnya sarat akan aksi yang mendebarkan. Bercerita tentang perburuan terhadap dua belas orang asing yang dikumpulkan di suatu tempat antah brantah. Dilakukan oleh seseorang yang punya balas dendam dengan aksi yang mereka lakukan. Apakah diantara mereka ada yang mampu bertahan?.

7.  Kisah dibalik seseorang yang tidak terlihat: Invisible Man (2020)

Satu lagi film rilisan 2020 yang layak untuk anda tonton Invisible Man. Film ini menggabungkan genre horor, sci-fi dan thriller yang akan menambah efek sangat menegangkan untuk ditonton. Selain itu, sutradara film ini adalah orang yang sama dengan sutradara film Insidous Chapter 3 yakni Leigh Wannel.

Invisible man mengisahkan seorang wanita yang bernama Cecilia Kass (Elisabeth Moss) harus menanggung kemalangan karena mantan kekasihnya Adrian Griffin yang bunuh diri ternyata masih hidup tapi sebagai seorang yang tak dapat terlihat.

8. Teror doppelgängers: Us (2020)

Lupita Nyong’O selaku pemeran utama film Us sungguh melakukan setiap adegannya dengan baik dan bakalan membuatmu tercengang. 

Alurnya simpel tapi penuh akan plot twist yang membuatmu tercengang. Bercerita tentang sebuah keluarga yang diteror oleh doppelgängers. Bagi sebagian agama atau penganut tertentu, doppelgängers adalah suatu kembaran yang persis dengan tubuh kita yang berasal dari kalangan jin / iblis.

Lihat juga:  18 Film Malaysia Romantis Terbaik dan Terbaru

9. Kisah sekelompok orang dengan kemampuan khusus: Glass (2019)

Glass adalah sebuah film yang menjembatani kisah dua sekuel film sebelumnya yakni Unbreakable yang rilis tahun 2000 dan Split yang rilis tahun 2016.

Film ini tergolong dalam genre psycological thriller. Berisikan kisah beberapa orang aneh yang punya kemampuan unik masing-masing. Hal buruk justru menimpa mereka saat semuanya bertemu di suatu tempat.

10. Adaptasi dari novel karya Jason Matthews: Red Sparrow (2018)

Akting Jennifer Lawrance sangat totalitas dalam film ini. Alur hingga tampilan visualnya pun sangat menawan untuk ditonton. Red sparrow sendiri diadaptasi dari novel karya Jason Matthews yang pernah dapat 2 macam penghargaan saat tahun 2014 silam.

Jennifer Lawrance yang berperan sebagai Dominika Egorova yang mengalami cidera pada kakinya mengharuskan ia pensiun sebagai penari balet. Setelah pensiun ia harus menghadapi kesultian ekonomi, akhirnya ia menyetujui tawaran saudaranya untuk bergabung menjadi agen rahasia Rusia.

11. Kebaikan berujung kemalangan: Greta (2019)

Tak disangka, film yang dibuat dengan latar sederhana ini mampu membuat setiap penonton ikut merasakan kepanikan seperti yang dialami tokoh utamanya.

Film ini menceritakan Frances McCullen (Chloë Grace Moretz) yang menemukan tas di stasiun lalu menemukan alamat rumahnya dan mengembalikannya. Siapa sangka, hal itu justru jadi awal menuju hal tragis yang akan dialaminya.

12. The Girl in the Spiders Web (2018)

Sebenarnya genre utama film ini adalah action. Namun dengan tampilan visual yang mencekam dan juga ada sosok psikopat di akhir film, menjadikan The Girl in the Spiders Web sebagai film yang layak untuk kamu tonton.

Film ini diadaptasi dari novel karya David Lagercrantz. Berisikan kisah seorang hacker wanita bernama Lisbeth Salander yang ikut terlibat kasus kriminal besar setelah berusaha membongkar file penting milik pemerintah.

13. Film thriller asia terbaik dan peraih penghargaan Oscar:Parasite (2020)

Walaupun termasuk film Asia, film ini sangat keren loh, kamu pasti akan menyesalinya jika melewatkannya. Bahkan film ini berhasil menyabet 4 macam penghargaan oscar sekaligus sebagai film best original screenplay, best picture, best director, dan best international feature.

Parasite menceritakan tentang sekeluarga yang kekurangan secara ekonomi. Namun ada sahabat yang menawari kepada salah satu dari anggota keluarganya untuk menjadikan guru les privat di sebuah keluarga kaya. Dengan tipu muslihatnya, satu keluarganya menjadi bekerja di rumah tersebut. Pada akhirnya, mereka semua terlibat dalam konflik yang sulit diatasi.

14. Kisah 2 orang detektif muda dan senior memburu pembunuh berantai: Se7en (1995)

Walau tergolong film lama karena dirilis pada tahun 1995, namun se7en masih sangat relevan untuk kamu tonton sebagai film thriller terbaik. Se7en menceritakan 2 orang detektif muda dan senior yang melakukan perburuan terhadap pembunuh berantai.

Pembunuh berantai dalam film ini cukup unik, menggunakan 7 deadly sins atau 7 dosa sebagai modus aksinya. 7 dosa tersebut berupa wrath, sloth, greed, envy, lust, pride, dan gluttony. Ia menggunakannya sebagai alasan pembunuhannya.

15. Adaptasi novel legendaris karya Stephen King: Pet Sematary (2019)

2019 memang surganya berbagai film thriller terbaik luar negeri. Salah satunya ialah film Pet Sematary yang merupakan kategori film remake dari film pendahulunya yang dirilis tahun 1989. Pet Sematary diambil dari kisah dalam novel legendaris karya Stephen King.

Film ini memiliki kisah yang unik. Yaitu tentang keluarga Louis Creed yang mendapatkan berbagai teror setelah mendapatkan kucingnya mati dan dikuburkan di pemakan khusus hewan yang ada di dekat rumahnya.

16. Liburan yang membawa malapetaka: Fantasy Island (2020)

Film thriller terbaru ini diadaptasi dari serial film horor TV yang diproduksi tahun 1970 an. Jeff Wadlow sebagai produser film memang menata film ini dengan sungguh apik. Menceritakan sekelompok pemuda yang berlibur ke pulau terpencil di daerah tropis.

Tak disangka liburannya yang awalnya sesuai fantasi mereka, berakhir dengan hal-hal buruk. Dimulai dari gangguan yang ia terima di tempat penginapannya hingga bertemu dengan sosok misterius yang ingin membunuh mereka semuanya.

17. Film thriller dari kisah nyata di San Fransisco: Zodiac (2007)

Yang menarik dari film zodiac adalah filmnya yang diadaptasi dari kasus asli yang terjadi di San Fransisco pada tahun 70 an. Bahkan sampai saat ini kasus nya juga belum diselesaikan oleh pihak berwenang.

Zodiac adalah nama dari kasus yang terjadi dari pelaku pembunuhan yang selalu mengirimkan cerita pembunuhannya ke kantor media massa. Dengan cerita yang padat, membuat alurnya begitu berat dan menegangkan.

18. Terinspirasi dari game di Jepang: Escape Room (2019)

Selain bergenre thriller, film ini mengandung unsur drama dan action yang membuat setiap penonton bersemangat sekaligus bergidik merinding.

Lihat juga:  20 Film Pencurian dengan Jalan Cerita yang Memukau

Film yang terinspirasi dari permainan ala Jepang ini mempertemukan beberapa orang yang mendapatkan surat undangan ke sebuah ruangan misteri. Justru yang terjadi adalah mereka harus menemui berbagai teror yang mengancam nyawanya.

19. Para janda yang melakukan tindakan kriminal: Widows (2018)

Widows merupakan film bergenre chrime thriller yang populer di tahun 2018. Berisikan alur yang padat dan penuh dengan intrik di setiap tokoh utamanya. Menceritakan 4 orang wanita yang merupakan 4 orang istri yang sama-sama kehilangan suaminya yang tewas saat melakukan tindakan kriminal.

Karena kematian suaminya, ada banyak masalah yang dialaminya, mulai dari ekonomi, sosial, hingga hukum. Akhirnya salah satu dari mereka meminta yang lainnya untuk bergabung untuk melakukan tindak kriminal yang belum diselesaikan para suami mereka.

20. Mantan tentara yang berurusan dengan mafia: Rambo: Last Blood (2019)

Yang suka dengan film thriller saya yakin pasti kamu sudah menonton film ini. Film yang merupakan serial ke 5 dari Rambo ini masih sama diperankan oleh John Rambo (Sylvester Stallone). mengisahkan tentang seorang veteran yang sudah pensiun tapi harus berurusan dengan kelompok mafia.

Gabrielle yang merupakan keponakan dari Rambo pergi ke Meksiko karena menemui fakta dari ayah kandungnya. Kepergiannya justru jadi awal terlibat konflik dengan kelompok mafia pengedar narkoba dan pelacur di negaranya. Akankan Rambo bisa mengatasinya seorang diri?

21. Film thriller yang diadaptasi dari kisah nyata di Norwegia: Utøya: July 22 (2018)

Para pentonton yang sudah menonton film ini pasti merasa trenyuh dan ngeri atas cerita yang ada didalamnya. Film yang disutradrai oleh Paul GreenGrass ini merupakan film yang diangkat dari kisah nyata tentang tragedi kemanusiaan yang terjadi di Pulau Utoya, Norwegia pada 22 Juli 2011.

Mengisahkan Breivik, seorang teroris warga negara Norwegia bermadzhab neo nazisme yang melakukan pengeboman dibeberapa titik penting seperti ladang pertanian dan gedung pemerintahan. Akibatnya ratusan orang tak berdosa meninggal kala itu.

22. Meraih 2 penghargaan Oscar: Momento (2000)

Sebagai sutradara, Christopher Nolan memang tidak diragukan lagi dalam pembuatan berbagai film thriller, termasuk film momentoo. Walau termasuk film jadul karena dirilis pada tahun 2000, namun momento kala itu mendapatkan 2 penghargaan oscar sekaligus sebagi best writing dan best film editing.

Momento menceritakan tentang pria yang bernama Leonardo yang harus mengalami ingatan jangka pendek setelah diserang oleh pembunuh istrinya. Semua ingatannya akan hilang dalam beberapa menit. Namun dengan foto dan tato di badannya, ia berhasil menemukan petunjuk tentang pelaku penyerangan.

23. Banyak scene yang kejam dan disturbing: The Silence of The Lamb (1991)

Dari sekian list yang ada, film The Silence of The Lamb memang film yang paling jadul. Tapi jangan salah sangka, film ini merupakan sebuah masterpiece yang mendapatkan berbagai penghargaan oscar kala itu.

Yang mmentalnya kurang kuat, film ini kurang rekomen untuk ditonton. Berisikan berbagai adegan disturbing yang kuat dan kejam. Menceritakan tentang narapidana yang kabur dengan cara membunuh dan menguliti muka polisi lalu digunakannya untuk menyamar agar bisa keluar penjara.

25. Film pembunuhan yang dibintangi Sylvester Stallone: Escape Plan: The Extractors (2019)

Merupakan film serial escape plan yang dibintangi oleh aktor laga senior yakni Sylvester Stallone. Gabungan antara action dan thriller membuat film ini dipenuhi adegan-adegan penuh aksi mencekam dan menegangkan.

Menceritakan tentang penculikan seorang yang memiliki alat berteknologi tinggi di sebuah penjara rahasia yang sulit ditemukan dan juga berteknologi tinggi. Dengan bantuan beberapa pihak dan tim yang handal, akhirnya penjara tersebut dapat ditemukan dan dibobolnya.

26. Terjebak di dalam gua bersama hiu putih pembunuh: 47 Meters Down Uncaged (2020)

 

47 Meters Down Uncaged merupakan list film thriller terbaik terakhir yang sangat bagus untuk kamu tonton. Dengan mengusung tema survival thriller, film ini berhasil membuat penonton terkesima sekaligus tegang.

Lisa dan Kate yang merupakan saudara ipar pergi berlibur ke Mexico untuk mencoba sangkar selam di sebuah gua laut bersama 2 orang kawannya. Tanpa disangka, kabel yang yang menahan sangkarnya putus, sehingga mereka terjebak di gua dengan kedalam 47 meter. Mereka semua harus bertahan hidup dan keluar dari gua yang ternyata adalah sarang hiu putih.

Demikianlah beberapa list film thriller terbaik yang dapat kamu tonton. Hanya dengan membaca ringkasan sinopsisnya, tentu kamu tidak akan bisa merasakan sensasi yang sama saat dengan menonton di layar kaca / layar bioskop. Dan yang terpenting, karena film thriler mencakup berbagai adegan penuh kekerasan dan disturbing, pastikan untuk tidak mengajak anak-anak atau orang yang punya jantung lemah ya. Ini demi kebaikan mereka semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *