Jangan lupa mampir ke Gapura Wringin Lawang bila berwisata ke kawasan candi Trowulan. Ini juga menjadi salah satu peninggalan sejarah Kerajaan Majapahit yang menyimpan segudang cerita.

Gapura ini unik atau berbeda dari gapura-gapura lainnya. Sebab ukurannya sangat besar hingga menyerupai candi. Tak heran bila banyak yang menyebutnya candi Wringin Lawang.

Tempat Wisata Gapura Wringin Lawang
Tempat Wisata Gapura Wringin Lawang via instagram @priy_at

Sejarah candi Wringin Lawang dan fungsinya

Masyarakat sekitar memang menyebut gapura ini sebagai candi sebab ukurannya yang besar menyerupai sebuah candi.

Wringin artinya adalah Beringin. Konon dulunya di lokasi ada pohon beringin besar. Sementara Lawang artinya adalah pintu.

Penamaan lawang ini tak lepas dari fungsi gapura sebagai pintu, yang secara khusus menurut sejarahnya difungsikan sebagai:

  1. Pintu untuk masuk kawasan keraton atau kerajaan Majapahit.
  2. Pintu masuk ke rumah Mahapatih Gajah Mada.
  3. Sebuah pintu yang berfungsi untuk menyambut tamu-tamu penting yang datang ke kerajaan Majapahit.

Meskipun menurut sejarah demikian, sayangnya hingga kini gapura ini belum terbukti dijadikan sebagai pintu masuk ke kerajaan Majapahit. Kenapa?

Hal ini karena pintu ke kerajaan konon berupa pagar besi yang bisa dilewati oleh kereta, sementara gapura ini cukup kecil jaraknya antara gapura satu dengan yang lainnya.

Sejarah candi Wringin Lawang
Sejarah candi Wringin Lawang via instagram @janice_febry

Yang pasti, menurut sejarahnya candi ini sudah ada sejak abad ke-14. Pada saat ditemukan pertama kali masih dipenuhi dengan lumut dan ada beberapa kerusakan. Pada tahun 1991 sampai dengan 1995, tempat wisata di Mojokerto ini dipugar hingga terlihat kokoh berdiri seperti sekarang ini.

Oleh masyarakat islam kejawen, gapura ini masih cukup keramat. Bila mau ada hajatan, ada yang melakukan ritual dengan cara memberikan sesajen ekor ayam atau kepalanya di tempat ini.

Tinggi gapura ini mencapai 15,5 meter dengan total lebar 11 meter. Sementara itu, panjangnya mencapai 13 meter. Di bagian tengah terdapat bukaan seperti pintu, lengkap dengan tangga untuk keluar masuk.

Terbentuk dari batu bata merah yang bertumpuk dengan kokoh dan desain ala masa lalu, candi ini sangat recommended untuk kamu kunjungi.

Wisata ke gapura wringin lawang

Sebagai salah satu lokasi wisata yang termasuk ke dalam kompleks wisata situs Trowulan, destinasi wisata ini mudah sekali dijangkau. Kamu bisa mengunjungi gapura ini sebelum candi tikus, candi bajang ratu, dan candi brahu yang juga berada di kompleks yang sama.

Sayangnya, jarak antara destinasi wisata memang terpisah-pisah antara desa. Jadi, kamu perlu mempelajari jaraknya dengan detail sebelum berkunjung.

Gambar Rombongan Wisata Sekolah
Rombongan Wisata Sekolah via instagram @sitiradhan_

Jarak dengan candi brahu

Jarak tempuh dari wringin lawang ke brahu hanya sekitar 6-7 menit melalui Jl. Kejagan.

Wringin lawang ke candi tikus

Kalau ke candi tikus, biasanya butuh waktu sekitar 10 sampai 11 menit.

Gapura bajang ratu ke Wringinlawang

Sementara jaraknya dari bajang ratu adalah sekitar 10 menit melalui jalan candi tikus.

Jarak-jarak tempuh di atas bisa menjadi gambaran umum bagaimana bila kamu berwisata ke sini menggunakan kendaraan pribadi. Agar tidak kesasar, kamu bisa mengaktifkan Google Maps.

Suasana Sekitar Candi dan Gapura Saat Pagi Hari
Suasana Sekitar Candi dan Gapura Saat Pagi Hari via instagram @wahyunitri7

Aktivitas yang bisa dilakukan

Aktivitas yang bisa dilakukan di sini adalah mempelajari seputar cagar budaya yang ada. Melihat indahnya bangunan masa lampau di tengah hamparan taman yang hijau dan asri.

Kamu bisa berfoto di lokasi yang bersih dengan rumput-rumput yang terjaga dan tertata. Sejauh mata memandang, lokasi wisata ini cukup bisa meneduhkan dan menenteramkan.

Beberapa orang juga memanfaatkan lokasi ini untuk foto pra nikah (prewedding). Ada spot yang bisa dimanfaatkan, khususnya berlatar candi, taman, dan bunga-bunga.

Bisa Foto Prewedding di Gapura Wringin Lawang
Bisa Foto Prewedding di Gapura Wringin Lawang via instagram @otografer_handal_

Harga tiket masuk gapura wringin lawang, jam buka, dan alamat

Yang makin menarik, untuk masuk ke sini tak ada patokan tarif masuk. Yang wajib dilakukan hanya mengisi buku tamu. Beberapa pengunjung memberikan uang seikhlasnya kepada pengelola guna menjaga kelestarian lokasi wisata.

Tarif parkirnya juga masih gratis. Kamu hanya perlu ikut menjaga kebersihan selama berada di sini.

Gambar Warung kopi yang buka waktu malam di dekat Gapura Wringin Lawang
Warung kopi yang buka waktu malam di dekat Gapura Wringin Lawang via instagram @mochammad_saifudin

Destinasi wisata ini buka dari jam 07.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB. Alamat gapura wringin lawang ada di Desa Jatipasar, Kecamatan Trowulan, Jawa Timur. Tak heran, bila ia juga sering disebut sebagai Gapura Jati Pasar.

Featured Image Gapura Wringin Lawang via instagram @janice_febry