Jawa Barat

Gunung Bongkok

Pinterest LinkedIn Tumblr

Hanya dalam 1,5 jam, pendaki bisa sampai di puncak gunung Bongkok. Itulah kenapa bukit di Jawa Barat ini cocok untuk semua kalangan, termasuk pemula. Mau ke sini? Simak ulasannya dalam artikel ini dulu ya!

Pada dasarnya, pendakian di bukit ini tidak sulit. Bahkan, kamu tidak perlu membuat jadwal yang jlimet layaknya pendakian di bukit lain, contohnya di Jawa Tengah.

Hal ini karena mendaki di Bongkok bisa ditempuh layaknya karya wisata di akhir pekan. Tak butuh waktu lama tapi tetap harus hati-hati.

Sejarah dan misteri Gunung Bongkok

Ada legenda yang tersimpan di gunung ini, salah satunya adalah tapak kaki Jonggrang Kalapitung. Lokasi jejak tapak kaki ini berada di sebuah bongkahan batu yang sangat besar.

Bila dilihat sekilas bentuknya memang menyerupai kaki manusia, hanya saja sedikit lebih runcing.

Ada dua legenda yang beredar sampai sekarang di masyarakat mengenai jejak ini. Pertama, konon Ki Jonggrang Kalapitung merupakan seseorang yang sakti dan bisa meloncati gunung satu ke gunung lainnya. Nah, salah satu gunung yang dilaluinya adalah Bongkok di Purwakarta ini.

Kisah lainnya adalah tentang Ki Jonggrang Kalapitung yang memancing selama 40 hari 40 malam di Sungai Citarum. Sebelah kaki beliau bertumpu pada gunung yang mengakibatkan bukit tersebut jadi bungkuk hingga namanya jadi Gunung Bongkok (bungkuk).

Legenda ini sampai kini masih jadi misteri yang belum terpecahkan. Meski begitu, bila kamu mau berkunjung ke sana sebaiknya jagalah sopan santun dan selalu mawas diri agar tetap aman.

Jonggrang Kalapitung dan Gunung Bongkok
Jonggrang Kalapitung dan Gunung Bongkok via instagram @edihidayat_

Wisata pendakian di Gunung Bongkok

Bukit ini memiliki tinggi kurang lebih 975 mdpl. Cocok buat pemula atau yang sudah terbiasa mendaki. Jalur pendakian tidak terlalu mudah, juga tidak terlalu sulit. Sebab tetap ada jalanan terjal yang akan memicu adrenalin dan membutuhkan keberanian.

Wisata ke Gunung Bongkok Purwakarta via instagram @staradrayas
Wisata ke Gunung Bongkok Purwakarta via instagram @staradrayas

Berikut ini adalah beberapa hal yang menunggumu di puncak pendakian bukit Bongkok:

Wisata ke dua puncak Bongkok

Tempat wisata di Purwakarta ini memiliki dua puncak. Pertama adalah puncak datar. Ini adalah puncak pertama yang akan kamu temui saat mendaki.

Saat di sini, para pendaki diharapkan berhati-hati sebab lokasinya berhadapan langsung dengan jurang pada dua sisinya. Tak seperti namanya yang ‘datar’, faktanya lokasi ini curam dan membutuhkan kehati-hatian.

Selanjutnya, kamu akan bertemu dengan puncak tertinggi Bongkok yang dikenal dengan nama Watu Tumpang (Batu Tumpuk). Karena berada di atas sendiri, pemandangan di sini sangat epik.

Pemandangan kota Purwakarta secara jelas bisa dilihat dari sini. Kamu juga bisa mengamati indahnya waduk Jatiluhur dan Gunung Parang dari titik ini dengan lebih leluasa. Incredible!

Kamu bisa berfoto dengan lanskap yang indah. Tapi tetap harus hati-hati karena puncak ini hanya bisa menampung beberapa orang saja. Mengantre adalah hal bijak yang harus dilakukan.

Aku Sampai di Puncak Bongkok
Aku Sampai di Puncak Bongkok via googlemaps @Habibi Ambon

Berkemah

Bila kamu ingin berkemah di atas bukit karena ingin berwisata sambil menunggu momen-momen terbaik seperti sunrise, sunset, dan yang lainnya. Maka disarankan untuk tidak berkemah di puncak Watu Tumpang.

Hal ini karena puncak tertingginya berupa batuan dan anginnya kencang. Tidak cocok untuk dipakai berkemah.

Para pendaki biasanya berkemah di Pos Munclu. Rutenya dari Purwakarta ke Plered, lanjut ke Cikandang dan tibalah di Pos Munclu.

Bila memutuskan camping, maka bawalah persediaan air yang cukup. Sebab jarak dari pos Munclu ke penyedia air terdekat adalah sekitar 100 meter.

Gambar Menikmati Makan Pagi di Puncak dengan Berkemah
Menikmati Makan Pagi di Puncak dengan Berkemah via instagram @gunung_bongkok

Harga tiket masuk gunung bongkok purwakarta dan alamat

Tiket masuk ke gunung ini gratis. Hanya kalau mau berkemah, silakan sewa tenda dengan biaya Rp 10.000,-. Biaya parkir untuk motor adalah Rp 2.000,-. Sementara mobil Rp 5.000,-.

Alamatnya di desa Cikandang, Kecamatan Purwakarta, Jawa Barat.

Kamu tidak akan rugi bila ke sini, karena areanya bersih dan terawat. Ikutlah menjaga kebersihan selama di Gunung Bongkok ya!

Featured Image Gunung Bongkok Purwakarta via instagram @anak_tirex

Peta Lokasi