Jawa Barat

Gunung Lembu

Pinterest LinkedIn Tumblr

Gunung lembu berada di ketinggian kurang dari 800 mdpl. Pendaki bisa menikmati indahnya waduk Jatiluhur dan berbagai pesona alam yang menarik di sini. Pendakiannya seru, kamu harus mencobanya.

Terlebih bila kamu punya sahabat atau rombongan yang sama-sama hobi melakukan pendakian. Mendaki ke sini tentu harus diagendakan.

Sebab di puncaknya, kamu bisa berfoto bersama dengan lanskap yang tak bisa digambarkan. Momen di sini tidak akan terulang dua kali.

Bagaimana? Mau ke sana? Simak ulasan lengkapnya dalam artikel ini.

Gunung lembu berapa mdpl dan puncaknya yang epik

Bila dibandingkan dengan bukit lain, tempat wisata ini memang tidak terlalu tinggi. Karena secara total ketinggiannya hanya 792 meter di atas permukaan laut. Meski begitu, view di atas bukit tak akan berbohong.

Para pendaki akan takjub begitu sampai di sana.

Sejauh mata memandang hanya ada pemandangan yang sangat keren. Mulai dari Waduk Jatiluhur hingga pegunungan sekitar yang bisa dilihat secara jelas. Ditambah dengan kabut-kabut tipis yang menyempurnakan lanskap menjadi seperti berada di atas awan.

Yang makin menarik lagi, puncaknya berupa batuan besar. Di sini, kamu dan rombongan bisa berfoto bersama. Sekedar duduk-duduk atau tengkurap bersama menikmati keindahan alam yang seolah tak ada habisnya.

Berwisata ke gunung lembu Purwakarta

Meski tidak terlalu tinggi, medan untuk naik ke bukit tergolong menantang. Ada bebatuan terjal dan curam yang harus dilewati. Untuk itu, sebaiknya selama perjalanan dan pendakian, kamu dan rombongan harus mengutamakan keselamatan.

Siapkan benar-benar staminamu sebelum berangkat karena selama pendakian kamu akan berjibaku dengan batuan besar yang kadang menanjak, kadang curam. Berada di sini, baik saat naik maupun turun, semuanya harus terus waspada dan tidak bisa diremehkan.

Wisata Alam Gunung Lembu Purwakarta
Wisata Alam Gunung Lembu Purwakarta via instagram @ekofbrynt

Sekilas tentang sejarah nama gunung lembu

Dalam bahasa Jawa, lembu adalah sebutan untuk sapi. Demikian juga dalam KBBI, lembu bermakna sapi. Meski begitu, ada juga yang mengartikan istilah ini sebagai banteng hutan.

Apa pun makna yang diambil, penamaan destinasi wisata ini tidak bisa lepas dari bentuknya yang seperti memiliki punuk. Punuk sendiri bisa ditemukan pada sapi maupun banteng hutan. Jadi, penamaan ini didasarkan pada bentuk yang menyerupai punuk yang ada di puncaknya.

Pendakian selama 3 jam

Meski tak terlalu tinggi, secara total dibutuhkan waktu 3 jam untuk melakukan pendakian sampai ke puncak.

Banyak pendaki yang menantang Gunung Lembu via instagram @gilanggilang385
Banyak pendaki yang menantang Gunung Lembu via instagram @gilanggilang385

Ada warung makan selama perjalanan

Bila kamu tidak membawa logistik yang cukup, belilah di warung makan yang ada di sekitar tanah lapang sebelum pos 1.

Tiga puncak gunung lembu yang penuh makna

Kamu harus melewati 3 puncak yang ada di sini untuk benar-benar sampai di atas. Puncak pertama akan kamu temui setelah berjalan menyusuri jalan setapak di tengah hutan dengan medan yang cukup menantang.

Lokasi puncak pertama ini setelah pos 2 dan sering disebut dengan jalur tanah datar. Di sini konon ada makam petilasan Jonggrang Kalapitung.

Dari sini lanjutkan pendakian ke puncak kedua. Kamu akan berjalan dengan jalur yang di kedua sisinya berhadapan dengan jurang.

Berpeganglah pada bambu yang tersedia hingga sampai makam Raden Suryakencana, putra dari Pendiri Kota Cianjur. Ini adalah tanda bahwa kamu sampai di puncak kedua.

Puncak kedua inilah yang menjadi spot berkemah tempat wisata di Purwakarta ini.

Setelah melepas lelah, kamu bisa melanjutkan perjalanan hingga puncak ketiga. Bila ingin mendapatkan view terbaik, dari puncak ketiga kamu harus berjalan 100 meter lagi untuk sampai ke Batu Lembu.

Puncak Gunung Lembu
Ada berapa puncak Gunung ya? via instagram @swandar192

Harga tiket masuk gunung lembu, jam buka, dan alamatnya

Tiket masuk ke gunung ini adalah Rp 12.500,-. Ini belum termasuk biaya parkir dan makanan selama kamu melakukan pendakian.

Jam bukanya 24 jam. Tapi agar lebih aman, berangkatlah pagi agar trek lebih jelas terlihat.

Alamat gunung lembu adalah di Kampung Panunggal, Desa Penyindangan, Sukatani, Purwakarta, Jawa Barat.

Featured Image Gunung Lembu Purwakarta via instagram @imannurr35

Peta Lokasi