Alami, sepi, dan asri, itulah Hidden Canyon Beji Guwang. Lokasi wisata Bali ini belum banyak terjamah dan sangat direkomendasikan buat kamu yang suka menguji adrenalin.

Canyon merupakan lokasi wisata yang tergolong baru di Bali. Jika biasanya Pulau Dewata dikenal dengan pantainya, Hidden Canyon ini cocok buat meng-explore bari dari sisi lain. Terlebih, lokasi wisata ini cukup populer meski masih baru.

Kepopuleran tempat wisata ini diawali dengan unggahan seorang fotografer asal Klungkung di internet. Karena hasil jepretan yang indah dan memesona, banyak pelancong baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri yang ingin langsung membuktikan keindahannya. Melihat sendiri bagaimana pesona canyon ala Indonesia.

Sejarah Hidden Canyon Beji Guwang

Tempat wisata Bali selain pantai ini terbentuk dari erosi dari aliran sungai yang terus menerus selama ribuan tahun. Dengan erosi yang terus menerus dan bertahap inilah terbentuk ngarai yang indah dengan warna-warna yang memesona.

Siapapun tidak akan bisa memungkiri keindahan canyon ini. Tak heran bila setelah diunggah ke internet, ada banyak wisatawan yang ingin langsung mengunjunginya.

Dulunya, Canyon Beji Guwang ini merupakan tempat yang cukup sakral. Kata Beji dalam namanya berarti sungai yang dianggap suci. Fungsi dari sungai ini adalah untuk mengisi air suci di Pura dan sebagai air minum untuk masyarakat sekitar.

Bahkan sampai ada mitos bahwa mereka yang punya indra keenam bisa melihat makhluk berbentuk naga di sini. Namun, ini hanya mitos dan makhluk tersebut tidak mengganggu.

Kemilau Tebing Karena Pantulan Cahaya dari Air
Kemilau Tebing Karena Pantulan Cahaya dari Air via googlemaps @Guna Arta

Aktivitas Grand Canyon di Bali

Aktivitas utama yang bisa dilakukan di sini adalah trekking di bebatuan dan sesekali terkena air. Menyusuri sungai atau susur sungai.

Karena lahannya berupa tebing yang licin dan penuh liku, sebaiknya sewalah jasa guide.

Selama menyusuri sungai, kamu bisa mengambil foto atau mengabadikan momen dengan latar foto yang luar biasa.

Hal ini sesuai dengan nama yang disematkan, “hidden”, yang artinya tersembunyi. Setelah bersusah payah mengikuti trekking yang ekstrem, kamu akan puas dengan keindahan alam yang tersembunyi di sana. Sebuah pesona yang tak bisa digambarkan dengan kata-kata.

Saat berada di sini sebaiknya kamu menjaga diri dan ucapan dengan baik. Sebab tempat wisata ini sangat sakral.

Banyak Bule Yang Berkunjung ke Hidden Canyon Beji Guwang
Banyak Bule Yang Berkunjung via instagram @iwayanyudikwahyudi

Harga tiket hidden canyon Gianyar

Harga tiket masuk terbaru adalah Rp 200.000,- per orang. Beli tiket untuk 2 orang harganya Rp 300.000 – Rp 350.000,- . Tiket masuk untuk 3 orang Rp 400.000,-.

Harga ini sama untuk wisatawan lokal dan mancanegara. Sudah termasuk jasa guide dengan komposisi 1 guide untuk maksimal 3 orang. Harga yang dibebankan sudah termasuk loker, air mineral, handuk muka, handuk mandi, ruang ganti, dll.

Semakin ramai rombongan, biasanya beban biaya masuknya akan jauh lebih ringan.

Lokasi wisata ini tidak disarankan untuk orang yang sudah lanjut usia (lansia), anak-anak, dan yang punya riwayat sakit. Sebab perlu menyusuri jalan yang menantang selama kurang lebih 2 jam.

Saat trekking selesai, kamu akan melihat hamparan sawah warga dan berbagai tanaman yang mereka budidayakan di lahan tersebut. Ke mana pun mata memandang pasti terasa segar.

Lobby Hidden Canyon Beji Guwang
Lobby Hidden Canyon Beji Guwang via googlemaps @Micko

Cara ke Hidden Canyon Beji Guwang dan alamatnya

Banyak yang penasaran dengan lokasi wisata satu ini. Apakah kamu salah satunya? Jika iya, kamu bisa ke sana dengan melalui rute di bawah ini:

Berangkat dari kota Denpasar melalui by pass Ida Bagus Mantra. Telusuri jalan sampai di perempatan Ketewel. Sampai di sini, ambillah jalur ke arah jalan raya Ketewel. Kemudian sampai di jalan raya Guwang.

Di sini, kamu akan menjumpai patung garuda. Jalan terus sampai 750 meter, kamu akan mendapati Pura Dalem.

Kendaraan bisa diparkir di lokasi ini. Lahan parkir cukup luas jadi pengunjung bisa lebih tenang. Dari Pura Dalem, perjalanan dilakukan dengan berjalan kaki menuju Hidden Canyon.

Alamatnya adalah di Sukowati, Kabupaten Gianyar. Tepatnya di jalan Sahadewa, Banjar Wangbung, di Guwang.

Situasi Sekitar Sungai Sebelum ke Lokasi Tebing
Situasi Sekitar Sungai Sebelum ke Lokasi Tebing via googlemaps @Fajar Wahyudi

Jam buka

Kamu bisa mengunjungi lokasi wisata ini dari pagi jam 08.00 – 17.30 WITA.

Sebaiknya, kunjungilah Grand Canyon Gianyar ini di musim kemarau agar bebatuan tak terlalu licin. Kamu juga tidak harus was-was bila hujan turun karena ini merupakan wisata outdoor.

Peta Lokasi