Pernahkah terlintas di benakmu untuk menginap di hotel gantung gunung parang? Jika iya, kamu harus mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya soal info penginapan di sini.

Sebab selain tiduran di atas pegunungan, view-nya benar-benar tak bisa digambarkan. Kalau kamu ngaku tidak takut ketinggian, cobain deh!

Ulasan ini akan menjadi salah satu sumber informasimu mengenai skylodge yang ada di gunung yang terletak di Purwakarta ini. Kami akan membahas dari wisata hingga harga penginapannya. Penasaran? Simak yuk!

Sekilas tentang Skylodge Purwakarta

Konsep dasar rumah tebing Purwakarta ini menyerupai skylodge yang ada di Peru. Bila skylodge Peru ada di ketinggian 122 meter di atas permukaan laut, skylodge ini berada di ketinggian antara 400 sampai 900 meter di atas permukaan laut.

Bangunan di ketinggian yang terbuka untuk umum ini rampung dikerjakan pada tahun 2017 dan langsung dibuka buat para wisatawan. Yang menarik, para wisatawan yang suka dengan hal-hal menantang rela antre karena jumlah unitnya hanya satu pada saat awal dibangun.

Sampai tahun 2020, ditargetkan ada 11 unit tambahan lagi yang akan bisa dijadikan tempat menginap buat kamu yang suka hal-hal menantang.

Skylodge Purwakarta
Sekilas Skylodge Purwakarta Hotel Gantung Gunung Parang via instagram @skylodge.indonesia

Wisata di rumah tebing Purwakarta

Penginapan ini sangat unik. Tak heran bila banyak pengunjung yang rela memesan dan menunggu beberapa waktu untuk bisa datang.

Selain unik, pemandangan dan fasilitas yang ditawarkan juga bukan main-main. Kamu pasti akan mendapatkan kepuasan, kenyamanan, dan keamanan selama berada di sini. Berikut ulasannya!

Keamanan dari awal sampai akhir

Hal pertama yang jadi pertimbangan sebelum datang ke lokasi tentu adalah keamanan. Kabar baiknya, pihak pengelola sudah memastikan keamanan dari awal sampai akhir. Mulai dari briefing sebelum menapaki pegunungan hingga saat sudah menginap di lokasi.

Para pengunjung akan di-briefing oleh pemandu di basecamp lalu menaiki tangga besi (ferrata) yang sudah tersedia. Selanjutnya, kamu menapaki pegunungan hingga sampai di skylodge. Semuanya dilakukan bersama dengan pemandu. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih 3 jam.

Pintu rumah tebing ini ada di atas, jadi kamu bisa masuk melalui bagian atas. Tim pemandu akan membuat tenda di ketinggian 200 meter dan siap 24 jam kapan pun dibutuhkan. Jadi, bila ada hal-hal yang kamu butuhkan selama menginap, tim akan langsung bergegas naik untuk membantu.

Keamanan Menuju Skylodge Purwakarta
Keamanan Menuju Skylodge Purwakarta via instagram @ledyputriii

Pemandangan di lokasi

Tempat wisata di Purwakarta ini memiliki pemandangan yang sangat keren. Kamu bisa berfoto di atas rumah, selfie di atas kasur dengan view lereng gunung, waduk, dan gunung-gunung di sekitarnya. Sungguh pemandangan yang tiada duanya.

Kamu juga bisa berfoto saat menyeberang menggunakan tali, biar kesan ekstremnya dapat.

Gambar Pemandangan Waduk dan Gununf dari Hotel Gantung Gunung Parang
Pemandangan Waduk dan Gununf dari Hotel Gantung Gunung Parang via instagram @skylodge.indonesia

Fasilitas untuk menunjang kenyamanan selama menginap

Fasilitas yang ada di sini sudah sangat lengkap seperti colokan listrik, wastafel, toilet portabel, pemanas listrik, AC, empat kasur, bantal, selimut, televisi, meja makan, sendok, gelas, air mineral, handy talkie, microwave, dan yang lainnya.

Bahkan, kamu juga akan mendapatkan tiga kali makanan siap saji yang enak dan menggugah selera.

Fasilitas di dalam kamar Skylodge Purwakarta
Fasilitas di dalam kamar Skylodge Purwakarta via instagram @ayodolan

Harga dan biaya menginap di hotel gantung gunung Parang

Dengan berbagai fasilitas sebagaimana disebutkan di atas, berapa biaya yang harus dikeluarkan?

Tarif menginapnya adalah Rp 4 juta sampai Rp 5 juta rupiah. Bila memesan, kamu harus membayar uang muka sebesar 50% dan harus lunas seminggu sebelum hari yang telah ditentukan.

Tarif ini sudah termasuk seluruh fasilitas yang dibahas di atas, pemandu, keamanan, dan penjemputan dari kota Purwakarta menggunakan minibus jika kamu tidak membawa kendaraan pribadi.

Satu kamar idealnya digunakan untuk 4 orang dewasa, namun bisa diisi maksimal enam orang.

Skylodge Purwakarta kuat menahan banyak orang
Skylodge Purwakarta maksimal 6 orang via instagram @fitri_alfarez

Alamat hotel gantung Purwakarta

Rumah tebing ini terletak di kampung Cisaga, Desa Sukamulya, Tegalwaru, Purwakarta.

Terakhir, sebelum berangkat ke hotel gantung gunung parang, siapkan kondisi tubuhmu. Sebab syarat khusus ke sini adalah memiliki tinggi badan di atas 1 meter, tidak takut ketinggian, dan sehat (stamina prima).

Featured Image Hotel Gantung Gunung Parang via instagram @badegaparang

Peta Lokasi