Rute Menuju Hutan Mangrove Trenggalek

Apabila Anda berkendara dari Kota Tulungagung menuju ke Trenggalek akan memakan waktu kurang lebih sekitar 2 jam. Kawasan wisata mangrove ini sangat ramai di kunjungi oleh wisatawan apalagi pada saat hari libur dan tanggal merah.

mangrove trenggalek
salah satu spot di mangrove trenggalek

Suasana di Hutan Mangrove

Banyak wisatawan yang datang ke hutan mangrove trenggalek hanya untuk sekedar menikmati alam yang masih begitu asri dan bersih.

Untuk dapat berkeliling di seputaran hutan ini, Anda dapat memanfaatkan jembatan kayu yang biasa di sebut sebagai jembatan galau.

Unik memang nama yang di sematkan untuk nama jembatan ini, akan tetapi dengan jembatan inilah para wisatawan dapat berkeliling melihat tanaman bakau yang rindang dan asri.

Sekitar kawasan wisata hutan mangrove ini terdapat pegunungan yang memiliki panorama yang indah, di tambah lagi dengan cuaca yang sangat cerah sehingga para pengunjung dapat dengan leluasa melihat keindahan sekeliling hutan mangrove tersebut.

Tak seperti hutan mangrove di daerah lain, di kawasan ini pohon mangrove yang tumbuh belum terlalu lebat sehingga tidak mampu memberikan kerindangan yang begitu maksimal.

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa menikmati keindahan alam di hutan Mangrove ini, Anda cukup membayar biaya parkir sebesar Rp 3000, dan tiket masuk yang terbilang cukup murah, hanya Rp 5000 saja.

Fasilitas di Hutan Mangrove Trenggalek

Saat lelah setelah berjalan-jalan menyusuri sepanjang kawasan hutan mangrove, Anda dapat beristirahat di gazebo yang banyak di sediakan di setiap sudut hutan.

Di sana anda dapat beristirahat sembari menikmati keindahan dan kesejukan hutan.

Beberapa fasilitas yang ada di kawasan wisata ini belum cukup banyak seperti wisata lainnya.

  • Kamar mandi
  • Warung-warung makan
  • Mushola

Tempat wisata hutan mangrove trenggalek ini sangat cocok di kunjungi oleh para pelajar maupun mahasiswa yang ingin belajar tentang tanaman mangrove.

Tentunya dengan pembelajaran dengan melalui alam jauh lebih menyenangkan dan bermanfaat.

Dengan mengetahui cara penanaman bakau serta merawatnya maka secara tidak langsung bisa memberikan edukasi kepada semua pengunjung untuk selalu mencintai dan menjaga kelestarian hutan mangrove.

Seperti kita ketahui bersama bahwa hutan mangrove memiliki peranan penting bagi kehidupan salah satunya untuk mencegah timbulnya abrasi yang sering terjadi di kawasan sekitar pantai.

Selain itu tanaman bakau juga dapat diambil kayunya sebagai bahan bakar untuk masyarakat sekitar, mangrove juga dapat berfungsi sebagai sumber pangan yang biasa di sebut dengan rantai makanan.

Namun tak hanya itu saja mangrove juga memiliki peran sebagai pelindung saat ada ombak besar yang menerjang.

spot foto favorit mangrove trenggalek
salah satu spot foto favorit mangrove trenggalek

Spot foto di Hutan Mangrove Trenggalek

Hutan mangrove terbukti memiliki manfaat yang luar biasa bagi kehidupan manusia, untuk itu sebagai warga yang baik tentunya kita harus selalu menjaga kelestarian hutan mangrove dengan tidak membuang sambah sembarangan ketika berkunjung ke objek wisata tersebut.

Banyaknya sampah yang di buang di sekitar hutan mangrove secara tidak langsung dapat merusak ekosistem yang ada.

Menjaga kelestarian hutan mangrove trenggalek bukan hanya tugas pemerintah daerah saja namun menjadi tugas kita bersama demi kelangsungan hidup anak cucu kita kelak.

Peta Lokasi