Jawa Timur

Istana Gebang Blitar

Pinterest LinkedIn Tumblr

Dikunjungi ribuan wisatawan setiap hari, destinasi wisata istana Gebang Blitar memang keren dan recommended. Di sini, terekam jelas masa kecil Bung Karno hingga saat beliau jadi presiden RI.

Kalau kamu sedang berada di Blitar, Jawa Timur. Berkunjung ke sini haruslah disempatkan. Apalagi jalan ke lokasi sudah mulus dan lebar. Sangat mudah dijangkau karena masuk dalam wilayah kota.

Pihak pengelola juga melakukan berbagai pengembangan agar destinasi wisata ini cocok untuk dikunjungi kaum muda. Bikin betah untuk belajar sejarah sambil berwisata.

Sebelum ke sana langsung, yuk kita lihat apa saja yang ada di dalam tempat wisata sejarah ini lewat ulasan berikut.

Wisata istana gebang Blitar

Ada rasa teduh yang menyeruak manakala menginjakkan kaki pertama kali di halaman rumah dengan bangunan khas Belanda ini.

Hal ini karena menurut sejarahnya, rumah ini dibeli oleh Ayah Sang Proklamator dari seorang pegawai kereta api berkebangsaan Belanda. Saat itu, sang Ayah, Soekemi Sosrodihardjo, memang ditugaskan di sekolah yang saat ini menjadi SMAN 1 Blitar.

Rumah ini diperkirakan dibangun pada tahun 1914. Sedangkan Ayah Bung Karno dipindah tugaskan ke Blitar pada tahun 1917. Pada saat awal dibangun, Bung Karno masih sekolah di HBS Surabaya.

Sekarang Menjadi Museum - Area Ruang Tamu
Sekarang Menjadi Museum – Area Ruang Tamu via instagram @beta_arie

 

Museum yang mengisahkan presiden pertama dengan lengkap

Saat berkunjung ke sini, kamu akan melihat jejak-jejak tumbuh kembang presiden pertama RI sampai beliau sudah menjadi presiden.

Di atas lahan seluas 1,8 hektar tersebut berdiri rumah keluarga yang terdiri dari 1 rumah induk dengan 8 bangunan lainnya. Saat masuk ke bangunan rumah utama, penataannya begitu khas dan masih seperti aslinya.

Meja Kerja Presiden via instagram @ramelia_phietaloka
Meja Kerja Presiden via instagram @ramelia_phietaloka

Kamu bisa melihat kamar bung karno yang didesain seperti aslinya dengan ranjang besi, kasur, dan sprei berwarna putih. Tak lupa juga ada kelambu putih yang melindungi pemakai kamar dari gigitan nyamuk saat tidur di malam hari.

Kamar Pribadi Presiden Soekarno
Kamar Pribadi Presiden Soekarno via instagram @ganjar_pranowo

Jejak peninggalan keluarga presiden ini juga bisa kamu lihat di kamar-kamar utama (kamar orang tua Bung karno), dapur, halaman belakang, sumur tua, ruang tamu, dan yang lainnya.

Kesan teduh begitu kental saat berada di rumah ini. Nyaman meski dengan perabot klasik. Kenyamanan ini juga didapatkan dari kebersihan dan harumnya ruangan yang selalu dijaga oleh pengelola.

Bahkan, kamu juga bisa melihat mobil yang dulu sering dipakai oleh Pak Karno saat berada di Blitar. Mobil tua klasik ini begitu gagah meski umurnya sudah sangat tua. Dengan plat AG khas Blitar.

Ada banyak Mobil dan Motor Kepresidenan di Garasi via instagram @anlimanalendra
Ada banyak Mobil dan Motor Kepresidenan di Garasi via instagram @anlimanalendra

Halaman dan taman yang luas

Di bagian depan rumah, kamu bisa melihat patung Bung Karno berdiri gagah dengan pemandangan taman hijau dan tertata rapi.

Destinasi Wisata Istana Gebang Blitar
Destinasi Wisata Istana Gebang Blitar via instagram @dinins

Parkir yang luas untuk para pengunjung

Karena wisatawan yang makin banyak jumlahnya, pihak pengelola sudah membuat lahan parkir yang sangat luas. Kalau kamu ke sini bersama rombongan, mau naik kendaraan pribadi atau bus, semuanya bisa terparkir di sini.

Jalur Keluar Museum via instagram @tirza_anugrah
Jalur Keluar Museum via instagram @tirza_anugrah

Halte becak untuk wisata lanjutan di tempat lain

Pihak pengelola juga memanfaatkan budaya setempat dengan sangat baik. Hal ini terlihat dari tawaran untuk naik becak menuju lokasi wisata lain yang jaraknya dekat seperti Makam Bung Karno.

Spot selfie ditambah

Untuk memanjakan seluruh wisatawan, tim pengelola (Dinas pariwisata dan kebudayaan) juga akan membuat spot foto yang sangat banyak di sekitar taman. Jadi, pasti akan bikin pengunjung makin betah.

Spot foto selfie gong perdamaian
Spot foto selfie gong perdamaian via instagram @stevanny_neno

Pergelaran rutin di istana Gebang

Setiap tahun pada tanggal 6 Juni, tempat wisata di Blitar ini memperingati hari lahir Bung Karno.

Tidak hanya itu, setiap Minggu juga ada acara kesenian tradisional yang dimulai pada jam 10 pagi. Sementara di salah satu bangunan di kompleks wisata tersebut, ada agenda latihan kesenian dan kebudayaan rutin setiap hari.

Jadi, kalau kamu suka dengan hal-hal berbau seni, berkunjung ke sini jadi momen yang tak akan terlupakan.

Rute menuju lokasi istana gebang Blitar

Alamatnya di Jalan Sultan Agung no.59, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar. Kalau dari stasiun jaraknya sangat dekat bahkan bisa ditempuh dengan naik becak. Kamu tinggal bilang mau ke istana gebang, maka tukang becak akan langsung mengantarkan.

Kalau dari terminal, silakan naik ojek atau angkutan umum menuju lokasi.

Sementara bila pakai kendaraan pribadi, lokasinya sangat mudah dijangkau karena berada di pusat kota. Silakan manfaatkan Google Maps.

Foto keluarga dulu sebelum pulang via instagram @gitasiwi07
Foto keluarga dulu sebelum pulang via instagram @gitasiwi07

Harga tiket masuk istana gebang Blitar dan jam bukanya

Harga tiket masuk ke sini awalnya tidak ada alias gratis. Namun, ada beberapa pengunjung yang punya pengalaman ditarik Rp 3.000,- untuk masuk. Selain tiket, kamu juga perlu membayar parkir sesuai dengan jenis kendaraan yang dipakai, motor Rp 2.000,- dan mobil Rp 10.000,-.

Kalau mau ke istana gebang Blitar, kamu bebas mau pilih hari apa. Soal jam, destinasi wisata Blitar ini buka dari pukul 07.00 WIB sampai 17.00 WIB. Selamat berlibur!

Featured Image Istana Gebang Blitar via gmaps @Eko Adi Septiyanto

Peta Lokasi