Alamat
Jl. Brigjend Katamso No.66, A U R, Kec. Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara 20151
Harga
Rp 3.000 – Rp 10.000
Jam Buka
Senin 08.00–17.00, Selasa 08.00–17.00, Rabu 08.00–17.00, Kamis 08.00–17.00, Jumat 08.00–12.00, 14.00–17.00, Sabtu 08.00–17.00, Minggu 08.00–17.00

Istana Maimun adalah ikon kota Medan. Kamu wajib ke destinasi wisata ini untuk mengenal sejarah dan menikmati gaya arsitekturnya yang unik.

Lokasinya berada di pusat kota, tepatnya di Jalan Brigadir Jenderal Katamso. Setiap hari tempat wisata ini selalu ramai. Apalagi bila hari libur tiba, ada banyak keluarga berkumpul sambil menjaga anaknya yang bermain di halaman istana.

Asal-usul Istana Maimun

Tempat wisata di Medan ini merupakan peninggalan dari salah satu raja kesultanan Deli, yakni Sultan Ma’mun Al Rasyid Perkasa Alamsyah. Tempat ini dibangun mulai tanggal 26 Agustus 1888.

Dalam kurun waktu kurang dari 3 tahun, tepatnya pada tanggal 18 Mei 1891, bangunan yang berdiri di atas lahan 2.772 meter persegi tersebut sudah selesai dibangun.

Bangunan ini terdiri dari 2 lantai dengan 3 bagian utama, yakni bangunan induk, sayap kanan, dan kiri. Posisinya berhadapan langsung dengan Masjid Raya Medan. Jadi, para pengunjung yang lelah bermain di sini bisa langsung menunaikan ibadah di masjidnya.

Arsitektur istana Maimun

Berdirinya bangunan berusia lebih dari 1 abad di Medan ini tak lepas dari buah tangan Capt. Theodoore van Erp. Seorang tentara kerajaan Belanda sekaligus arsitektur dari istana maimun. Beliau diperintah langsung oleh Sultan Deli kala itu, yakni Sultan Ma’mun Al Rasyid.

Gaya arsitektur yang diangkat dari bangunan ini adalah gabungan dari Melayu, Belanda, dan Mughal. Saat berkunjung ke sini, kamu akan melihat sebuah bangunan dengan ciri arsitek yang khas dan unik. Nuansanya beragam, mulai dari Belanda, Spanyol, India, Italia, hingga sentuhan islami ada semua.

Singgasana Raja Istana Maimun via googlemaps
Singgasana Raja Istana Maimun via googlemaps

Fungsi istana Maimun

Bangunan ini memiliki banyak sekali ruang. Secara total, ada sekitar 30 ruang yang pada zaman dulu fungsinya adalah untuk gudang, dapur, acara adat kerajaan, ruang tamu kerajaan, dan yang lainnya.

Kini, bangunan ini sudah dialih fungsikan menjadi sebuah museum. Di mana para pengunjung bisa melihat peninggalan benda-benda bersejarah, seperti meriam yang ada di halaman dan juga bangunan dari istananya sendiri yang unik dan kokoh.

Daya tarik wisata Istana Maimun

Setiap hari, ada banyak wisatawan yang berdatangan ke destinasi wisata ini. Hal ini tak lepas dari lokasinya yang cocok untuk segala usia dengan daya tarik yang memikat.

Berikut ini beberapa hal yang populer dilakukan oleh pengunjung saat berada di sini:

Bangunan berwarna kuning cerah khas Melayu yang instagrammable

Saat menginjakkan kaki di lokasi, yang pertama kali akan kamu lihat adalah bangunan besar 2 lantai dengan warna cat yang dominan kuning cerah. Warna kuning cerah ini adalah warna khas Melayu.

Dengan pilihan warna ini, bangunan terlihat begitu indah dan instagrammable. Saat berada di sini, tak lengkap rasanya bila tidak berfoto di halaman berlatarkan keseluruhan bangunan.

Tembok di dominasi warna cat kuning via instagram @fourtinafricilia

Sewa baju adat Melayu

Agar makin asyik, di lokasi ini sudah ada persewaan baju adat Melayu. Untuk mendapatkan harga murah, kamu perlu hunting atau bertanya-tanya dulu kepada para penyewa.

Biasanya, mahal tidaknya harga juga tergantung dari aksesoris yang ingin dipakai. Semakin banyak aksesoris, semakin mahal pula harganya. Yang termurah sekitar Rp 20.000,- dan termahal Rp 50.000,-.

Bisa foto dengan menyewa baju adat via instagram @ramlimuhamad
Bisa foto dengan menyewa baju adat via instagram @ramlimuhamad

Mengenal raja di Kesultanan Deli pada masa lampau

Selain wisatawan umum, tempat ini juga sering dikunjungi rombongan anak sekolah dan turis dari luar negeri. Mereka biasanya belajar mengenai sejarah lewat foto Raja pada zaman dulu yang ada di dalam bangunan.

Nongkrong di halaman bersama keluarga menikmati bangunannya

Kamu juga bisa memanfaatkan waktu luang di sekitar halamannya yang luas. Rumput yang hijau dan empuk bisa jadi tempat duduk dan area bermain anak yang nyaman.

Halaman Istana Maimun bisa dipakai foto dengan naik kuda via instagram @efrydayanti85
Halaman Istana Maimun bisa dipakai foto dengan naik kuda via instagram @efrydayanti85

Fasilitas lain yang memadai

Selain hal-hal di atas, ada banyak hal yang akan mendukung liburanmu selama di sini, seperti:

  1. Area foto yang sudah dikomersilkan. Bisa minta tolong foto sekalian.
  2. Tempat penjualan suvenir dengan harga terjangkau.
  3. Banyak PKL dengan beraneka macam dagangan.
  4. Toilet umum bertarif Rp 3.000,-.
  5. Area parkir yang luas.

Untuk sholat, bisa langsung ke masjid yang ada di seberangnya.

Sebuah bangunan ikonik di samping tempat parkir via instagram @hafizamardhotillah
Sebuah bangunan ikonik di samping tempat parkir via instagram @hafizamardhotillah

Harga tiket masuk istana maimun

Untuk masuk ke sini, kamu cukup membayar Rp 10.000,- untuk orang dewasa. Sementara pelajar memiliki tarif yang lebih murah, yakni Rp 5.000,- saja. Parkir motornya Rp 3.000,- dan mobil Rp 5.000,-.

Alamat lengkap

Destinasi wisata ini berlokasi di Jl. Brigjend Katamso No. 66 AUR Kec. Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara.

Istana Maimun Aerial View via youtube @Sumatera Footage
Istana Maimun Aerial View via youtube @Sumatera Footage

Jam buka

Terakhir, jika ingin ke istana Maimun, jadwalnya adalah mulai pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB. Buka setiap hari. Khusus untuk hari jumat, ada waktu istirahat dari pukul 12.00 WIB sampai 14.00 WIB. Jadi, pada jam tersebut istana akan tutup.

Featured Image Istana Maimun via instagram @keanogass

Peta Lokasi