Jadi ikon Palangkaraya, inilah Jembatan Kahayan. Mayoritas orang yang berkunjung ke Kalimantan Tengah ingin berfoto dengan latar jembatan yang membentang sepanjang Sungai Kahayan ini. Kamu mau?

Sebelum berangkat ke sana, ada baiknya cari tahu dulu apa saja yang bisa dilakukan di sini berikut informasi lengkapnya. Biar rencana liburan yang dibuat makin matang. Siap? Yuk jelajahi bersama!

Sekilas tentang sejarah jembatan sungai Kahayan

Seperti yang sudah disampaikan di atas, jembatan ini membentang di atas sungai Kahayan. Panjang jembatannya mencapai 640 meter dengan lebar 9 meter.

Jika dilihat dari ukurannya memang tak sebesar Jembatan Ampera yang ada di Sumatera Selatan. Tapi bentuknya sangat ikonik dengan warna oranye menyala berbentuk setengah lingkaran.

Fungsinya sebagai penghubung kota Palangkaraya dengan kabupaten-kabupaten di Kalimantan Tengah seperti Barito. Bahkan, bagi kamu yang ingin ke provinsi Kalimantan Timur lewat jalan darat, bisa melewati Kahayan Bridge ini.

Dibangun sejak 1995 dan selesai pada tahun 2001, peresmian jembatannya langsung dilakukan oleh presiden Megawati Soekarno Putri.

Bila pada awal dibuat fungsinya hanya sebagai penghubung dan lalu lintas darat supaya makin cepat, kini masyarakat sekitar menjadikan lokasi ini sebagai salah satu tempat wisata di Palangka Raya.

Kahayan Bridge ini menjadi ikon Palangkaraya dan membuka banyak lapangan kerja buat warga sekitar. Mulai dari pemilik kapal hingga penjual makanan. Roda ekonomi pun berputar di sana.

Ketika Sunset di Kahayan
Ketika Sunset di Kahayan via instagram @ariefgendes

Aktivitas wisata di Jembatan Kahayan

Tentu kamu bertanya-tanya, apa saja pesona yang ditawarkan oleh Kahayan untuk para pelancong. Berikut di antaranya:

Melihat ikon Palangkaraya secara langsung

Kamu bisa mengagumi keindahan jembatan secara langsung dengan latar air yang tenang. Sungai yang luas ini berpadu dengan perumahan penduduk dan hijaunya dedaunan. Suasana yang tenang juga bisa merasuk ke dalam jiwa. Menenangkan dan membuat kamu lebih rileks.

Sunset yang indah

Melihat sunset selalu bisa bikin takjub, apalagi bila latarnya tak biasa. Dengan scenery berupa jembatan yang membentang, hasil jepretan matahari terbenam berwarna jingga itu makin terasa meneduhkan dan luar biasa.

Lampu malam di jembatan

Nikmati malam dengan lampu kota yang terpasang di sepanjang jembatannya. Pasti indahnya! Jangan lupa abadikan dengan lensa kameramu!

Suasana Lampu malam di jembatan
Suasana Lampu malam di jembatan via instagram @joy_arhil.m

Bermain bersama keluarga di taman Pasuk Kameluh

Di samping bagian bawah jembatan sudah dibangun taman lengkap dengan tempat duduk, lampu kota, dan beberapa ikon yang bisa dijadikan tempat berfoto. Dari taman ini, kamu bisa melihat indahnya Kahayan Bridge secara sempurna dan leluasa.

Taman ini masuk dalam bagian kompleks wisata bawah Jembatan Kahayan. Sangat cocok untuk bermain bersama anak-anak dan keluarga besar.

Susur sungai di atas kapal

Bila ingin melihat pemandangan di bawahnya, kamu bisa menyewa kapal yang sudah disediakan dengan harga yang sangat terjangkau. Kapal-kapal motor ini bisa membawamu dengan aman dan nyaman ke lokasi yang dikehendaki.

Sebab di kapal-kapalnya sudah tersedia tempat duduk yang layak seperti sofa empuk dan tentunya cocok buat foto-foto.

Foto di depan ikon kapal Jembatan Kahayan
Foto di depan ikon kapal Jembatan Kahayan via instagram @disbudparkalteng

Kuliner di kompleks wisata bawah jembatan

Kamu juga bisa menikmati makanan dan minuman di deretan warung yang ada di bawah jembatan bagian samping. Di situ, tersedia makanan khas yang ramah dengan kantong. Bahkan, bila dibandingkan dengan harga makanan orang Jawa pun tetap harganya murah.

Musholla/masjid buat sholat

Salah satu fasilitas sekaligus tempat beristirahat di sini adalah musholla atau masjid. Di sini, para wisatawan yang belum sempat sholat bisa menunaikan kewajibannya. Tempatnya bersih.

Masjid Yang Bersih
Masjid Yang Bersih via googlemaps @iyempe

Memancing

Bila hobi memancing, kamu bisa bawa alat pancing sekalian mencari ikan di sini.

Fasilitas lainnya

Berikut ini adalah beberapa fasilitas lain yang ada di sini:

  1. Toilet umum.
  2. Parkir

Harga tiket masuk Jembatan Kahayan, jam buka, dan alamatnya

Terakhir, kamu bisa mengunjungi ikon Palangkaraya ini kapan saja karena buka 24 jam, setiap hari. Alamatnya berada di Jalan Kapten Piere Tendean, di Kec. Jekan Raya.

Soal harga tiket masuk Jembatan Kahayan, gratis karena ini termasuk jembatan biasa, bukan tol. Yang perlu kamu siapkan adalah uang untuk parkir, makan, dan sewa-sewa kapal bila memang mau menyusuri sungai. Sayangnya, belum ada info harga pastinya.

Featured Image Jembatan Kahayan via googlemaps @obama 1022

Peta Lokasi