Jembatan selfie Karanganyar menjadi destinasi baru di Jawa Tengah. Sesuai namanya, di sini kamu bisa berfoto dengan latar yang keren dan unik!

Mayoritas pengunjung yang datang ke sini adalah kaum muda. Hal ini karena konsep yang ditawarkan adalah spot foto. Jadi, anak-anak mudalah yang biasanya membutuhkan itu untuk diunggah di sosial media mereka.

Meski begitu, pengunjung yang sudah dewasa jumlahnya juga lumayan. Hal ini karena selain spot foto, tempat wisata ini juga memiliki view yang sangat indah. Bila ke sini, pikiran akan tenang dan nyaman.

Lebih detail tentang destinasi wisata populer ini, silakan simak ulasan berikut.

Wisata Karanganyar terbaru: Jembatan Selfie (TMI)

Pada awal berdiri, tempat wisata di Karanganyar ini disebut TMI oleh warga sekitar. TMI sendiri merupakan kependekan dari Thuk Mangklung Indah.

Tempat wisata ini terbuat dari bambu yang sudah ditali dan dibentuk sedemikian rupa agar tinggi dan dapat dipakai untuk berfoto dengan aman.

Ketinggian bambu yang digunakan mencapai 4,5 meter dan diletakkan di lokasi perbukitan. Dengan begitu, view dataran rendah tampak sangat keren dari atas jembatan bambu ini.

Berfoto di atas jembatan

Lebih dari 90%  bahan utama yang dipakai untuk membuat jembatan adalah bambu. Hal ini membuat jembatan selfie Karanganyar ini tampak sangat natural dan menyatu dengan alam.

Artinya, saat kamu dan rombongan berfoto. Hasil jepretannya pasti natural dan nuansa alamnya sangat kuat. Terlebih pemandangan di sekitarnya adalah pegunungan, hutan, dan di bagian bawah ada perkampungan warga yang juga masih terlihat asri.

Hal lain yang perlu diperhatikan selama swafoto adalah keamanan. Karena tidak terlalu lebar, para pengunjung diharapkan mau antre dan bergantian untuk foto.

Bagaimanapun, bahan konstruksi yang digunakan adalah bambu. Jadi, tidak bisa dinaiki puluhan orang sekali waktu. Maksimal pengunjung yang naik adalah 10 orang. Tergantung berat badan pengunjung.

Terlebih bila langsung berjubel tanpa diatur antre, hasil fotonya pasti tidak akan bagus karena terkesan padat dan tidak teratur.

Jadi, untuk mendapatkan hasil gambar yang bagus, bersabarlah menunggu giliran ya? Kalau giliran sudah datang, view di atas jembatan akan terasa lebih memuaskan dan hasil jepretan lebih bermakna.

Jembatan Cinta via googlemaps
Jembatan Cinta via googlemaps

Melihat pemandangan atas angin

Sambil menunggu giliran foto saat pengunjung sedang banyak, kamu bisa menikmati pemandangan sekitar yang sangat indah khas pegunungan.

Salah satu momen yang sayang dilewatkan saat berada di sini adalah view matahari terbenam atau sunset. Banyak sekali pengunjung yang datang di sore hari untuk berfoto dengan view sunset di sini.

Selain bisa diabadikan dengan jepretan lensa kamera. Pemandangan senja di jembatan selfie ini juga bisa membuat pikiran tenang. Jadi, layak banget untuk dinikmati lebih lama.

Ayunan Tinggi di Jembatan Selfie Karanganyar
Ayunan Tinggi di Jembatan Selfie Karanganyar via googlemaps

Potensi pengembangan wisata

Selain tempat foto, ke depan wisata Karanganyar ini juga akan dikembangkan secara lebih maksimal. Di antaranya akan dibangun kolam, taman, gazebo, akses jalan, dan yang lainnya.

Pada beberapa kesempatan, jembatan ini juga terus berganti wajah. Dari yang tadinya polos biasa hingga ditambahi hiasan love dengan bunga warna-warni. Juga terlihat ada umbul-umbul.

Semua itu dilakukan untuk membuat tampilan jembatan yang lain dari yang lain sehingga pengunjung puas memotret di sana.

Spot Foto dengan Kata-kata Menarik
Spot Foto dengan Kata-kata Menarik via googlemaps

Harga tiket masuk jembatan selfie Karanganyar, alamat, dan jam bukanya

Untuk bisa menikmati seluruh keindahan pemandangan di lokasi wisata dan berfoto di sana, kamu cukup membayar Rp 6.000,- sekali masuk. Bukanya adalah dari jam 08.00 WIB sampai 18.30 WIB.

Alamatnya di Anggrasmanis, Jenawi, Karanganyar, Jawa Tengah.

So, siapkan outfit terbaikmu untuk berfoto di jembatan selfie Karanganyar dan atur jadwalnya supaya pas dengan tema foto yang kamu mau.

Featured Image Jembatan Selfie Karanganyar via googlemaps