Tak hanya dipakai sebagai tempat menyeberang, Jembatan Suramadu ternyata juga memiliki eksotisme sendiri sehingga layak dijadikan sebagai obyek wisata.

Saat malam hari, lampu-lampu penerang jembatan terlihat sangat indah dengan suasana yang romantis. Tak hanya saat malam, kamu juga bisa menikmati indahnya matahari terbit dan terbenam di garis pantai yang menakjubkan.

Jembatan Suramadu
Jembatan Suramadu via googlemaps @Aji Fajri

Kamu bisa berkunjung ke sini bersama keluarga. Ajaklah anak-anak agar mereka bisa bermain di pantai dengan leluasa. Bermain pasir dan mengenal beberapa hewan laut yang sesekali terdampar di pinggir pantai.

Fakta unik Jembatan Suramadu

Sesuai dengan namanya, jembatan ini menghubungkan Surabaya dan Madura. Membentang dari daerah Kenjeran-Surabaya ke Madura. Dengan kehadiran jembatan ini, akses ke Pulau Madura bisa lebih cepat.

Jika biasanya untuk ke sana harus menggunakan kapal dengan waktu tempuh sekitar setengah jam. Kini hanya dengan 10 menit kendaraan bermotor, kamu sudah bisa sampai ke Madura. Baik itu menggunakan mobil maupun motor.

Ada beberapa fakta menarik seputar jembatan nasional ini, di antaranya adalah:

Merupakan jembatan terpanjang di Indonesia

Suramadu merupakan jembatan terpanjang di Indonesia dan tercatat dalam Rekor MURI. Dengan total panjang mencapai 5.348 meter. Letaknya pas di atas selat Madura.

Total lebar jembatan ini adalah sekitar 30 meter dengan 3,5 meter untuk setiap lajur yang totalnya ada empat lajur dua arah dan 2,75 meternya adalah jalur darurat.

Jembatan Suramadu Aerial View
Jembatan Suramadu Aerial View via instagram @thisisjava_

Terdiri dari 3 bagian utama

Tiga bagian utama yang ada di sini adalah jembatan penghubung, jalan layang, dan main bridge.

Ada Festival Suramadu

Festival Suramadu ini mulai diselenggarakan pada tahun 2017. Tujuannya adalah untuk menggerakkan sektor pariwisata di daerah sini. Biasanya, dalam festival ini terdapat acara kerajinan tangan, olahraga, budaya, seni, pameran, dan kuliner.

Diperkirakan kuat 100 tahun

Konstruksi bangunan Suramadu diperkirakan kuat hingga 1 abad, lho!

Diresmikan oleh dua presiden

Pembangunan Suramadu diawali pada Agustus, 2003, di mana Presiden Megawati Soekarno Putrilah yang membuka pembangunannya. Sementara Juni 2009, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meresmikannya dan dibuka sampai sekarang.

Biaya Jembatan Suramadu

Biaya pembangunan penghubung Surabaya dan Madura ini mencapai 4,5 triliun. Biayanya ditanggung oleh pemerintah sebanyak 55% dan 45%-nya pinjam dari China. Secara angka, pinjamannya adalah sekitar 2,1 triliun.

Pada awalnya, penghubung ini masuk dalam kategori jembatan tol. Namun, pada akhir 2018 lalu, Presiden Joko Widodo resmi mencabut biaya jembatan Suramadu.

Semua kendaraan yang lewat tak perlu membayar alias Gratis layaknya lewat di jembatan biasa. Hal ini menyusul informasi bahwa pendapatan jembatan ini hanya 120 miliar per tahun. Menurut pemerintah, ini angka pendapatan yang kecil.

Wisata Jembatan Suramadu di malam hari, pagi, dan sore

Festival merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk menggerakkan sektor wisata di area ini. Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini adalah:

Melihat sunrise dan sunset

Pantai selalu menawarkan keindahan yang tanpa batas. Kamu bisa melihat matahari terbit dan terbenam di Selat Madura dengan keindahannya yang khas dan jembatan sebagai salah satu background yang indah.

Gambar Saat Sunset
Saat Sunset via googlemaps @Khoirul Amin

Kuliner bebek sinjay

Ada banyak kuliner yang ditawarkan di Jembatan Suramadu, seperti sate madura dan bebek sinjay. Makanan khas daerah Madura ini memang sudah cukup populer dan membuka cabang di berbagai daerah. Kalau ke sini, rasanya tak lengkap bila tak mencicipi pedasnya bebek bersambal hijau ini.

Belanja oleh-oleh

Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan adalah belanja oleh-oleh seperti pecut-pecutan (mainan cambuk) atau benda-benda khas Madura dan Surabaya.

Naik perahu di atas selat Sunda

Kamu bisa menghampiri nelayan dan berwisata di atas selat sunda. Kamu bisa sekalian melintasi bagian bawah jembatan. Melihatnya dari sisi lain.

Tarifnya beragam, kisaran Rp 10.000,- sampai Rp 50.000,-. Ombaknya tenang, khususnya saat sore hari.

Bersantai di Seberang
Bersantai di Seberang via instagram @aldi_pradana

Spot foto yang bagus

Spot foto di sini sangat bagus-bagus. Dari pagi sampai malam, selalu ada spot yang cantik untuk diunggah ke media sosial. Salah satunya adalah foto pendar lampu jembatan di malam hari.

Foto Suramadu Ketika Malam
Suramadu Ketika Malam via googlemaps @febriyan joko

Bermain di pantai bersama anak

Jika ke sini bersama keluarga, kamu juga bisa mengajak anak untuk bermain kerang, jangkar, pasir, atau hewan laut lainnya. Kenalkan mereka akan laut yang indah dan rasa syukur pada pencipta-Nya.

Kalau kamu berangkat dari arah Surabaya, masuklah ke tol Surabaya-Gresik dan keluar tol Dupak. Teruslah mengikuti jalan sampai menemukan pasar atom yang letaknya di kiri jalan. Setelah itu, beloklah ke kiri, yakni masuk ke jalan Gembong.

Dari sini, terus ikuti jalan sampai bertemu perempatan. Beloklah ke kanan ke arah jalan Kapasan – Kenjeran. Ikuti jalan tersebut terus sampai pada perempatan ketiga baru kamu belok kiri ke jalan Kedung Cowek.

Dari jalan ini kamu tinggal lurus terus sampai masuk ke Jembatan Suramadu. Stay safe di jalan ya! Selamat berlibur menikmati wisata malam di sekitar kota surabaya ya!

Peta Lokasi