Kenali pelestarian budaya Sunda lewat Kampung Budaya Sindang Barang. Tempat wisata edukatif buat keluarga dan rombongan sekolah. Recommended buat kamu!

Ini merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Bogor, khususnya bila kamu suka dengan wisata sejarah dan kebudayaan. Ada banyak hal yang bisa dipelajari di sini. Mulai dari rumah adat, benda-benda yang digunakan pada masa lampau, dll.

Tidak hanya itu, suasana pedesaan juga lekat dengan tempat wisata ini. Menghadirkan nuansa yang begitu asri, alami, dan tenang. Yuk kenali dulu lebih jauh sebelum membuat jadwal liburan ke Jawa Barat.

Carita kampung budaya sindang barang dan wisatanya

Berada di daerah Bogor, kampung ini jelas memiliki hawa yang sangat sejuk. Lokasinya sangat dekat dengan pusat Kota Bogor, hanya berjarak sekitar 8 kilometer saja. Letaknya berada di antara tempat pemukiman warga, jadi masih natural, tak ada kesan dibuat-buat.

Konon, kampung sindangbarang sudah ada sejak abad ke-12. Saat itu, masih masa Kerajaan Sunda. Ia menjadi kampung tertua di kota dan kabupaten Bogor.

Di sini, para pengunjung bisa belajar tentang kebudayaan sunda dengan lebih dekat, juga kebiasaan atau adat yang ada di sana. Apa saja?

Memanah di Kampung Budaya Sindang Barang
Memanah via instagram @mstlicious

Budaya yang bisa dinikmati

Ada banyak budaya yang bisa dikenalkan di sini. Mulai dari tarian hingga permainan masa lalu. Berikut ini di antaranya:

  1. Tari tradisional jaipongan.
  2. Permainan bakiak.
  3. Permainan egrang.
  4. Memanah.
  5. Silat Cimande.
  6. Dampu.
Permainan egrang
Permainan egrang via instagram @theresia_hidayat

Rumah adat

Kamu juga bisa melihat puluhan rumah adat Sunda yang kental unsur budayanya. Rumah-rumah ini sempat direkonstruksi dan dipercantik sehingga bisa memberikan tampilan yang indah dan kokoh.

Fungsi dari masing-masing rumah berbeda. Ada yang digunakan sebagai tempat tinggal warga, ada juga yang jadi lumbung padi, penginapan, hingga balai tempat perkumpulan.

Salah satu rumah tersebut dinamakan Imah Gede yang merupakan tempat tinggal Kepala Adat. Di sampingnya adalah rumah sekretaris yang disebut dengan Sang Gilang Serat.

Ikut Belajar Silat di Depan Rumah Adat
Ikut Belajar Silat di Depan Rumah Adat Kampung Budaya Sindang Barang via googlemaps @Muhammad Setiawan

Saung talu

Tempat wisata di Bogor ini juga menyediakan saung sebagai tempat alat musik tradisional. Mulai dari angklung, gamelan, gong, dan semacamnya. Di sinilah biasanya ada pertunjukan kesenian.

Kesenian Musik Angklung di Kampung Budaya Sindang Barang
Kesenian Musik Angklung via googlemaps @maya nurhikmawati

Keleting angin

Setiap rumah selalu punya keleting angin yang berfungsi untuk mengusir makhluk gaib dan terbuat dari daun pohon rotan.

Upacara adat kampung sindang barang

Setiap satu tahun sekali kampung ini mengadakan upacara adat yang disebut dengan Siren Taun. Upacara ini dilakukan sebagai wujud syukur masyarakat sekitar atas karunia dan nikmat yang diberikan oleh Tuhan berupa hasil bumi dan panen pada tahun tersebut.

Prosesi Upacara adat kampung sindang barang Siren Taun
Prosesi Upacara adat kampung sindang barang Siren Taun via instagram @kasepuhansinarresmi

Dengan upacara ini, warga juga berharap tahun-tahun berikutnya akan mendapatkan hasil panen yang lebih baik lagi dari Tuhan.

Upacara ini biasanya diadakan di alun-alun depan Imah Gede, Rumah Sang Kepala Adat.

Pelatihan budaya gratis

Di sini juga ada pelatihan budaya gratis. Mulai dari pelatihan tari hingga gamelan.

Permainan Anak-anak Melestarikan Budaya
Permainan Anak-anak Melestarikan Budaya via instagram @rieke_dr

Berlokasi di tengah area persawahan

Pemandangan di sini khas kampung dengan dikelilingi oleh area persawahan. Jadi, sangat cocok untuk menjernihkan pikiran dari rutinitas kota yang penuh dan bikin sumpek.

Fasilitas umum yang ada di kampung sindangbarang

Di sini sudah ada banyak sekali fasum, mulai dari kamar kecil, area untuk parkir, mushola, dan aula pertemuan. Bahkan, kamu bisa menyewa salah satu rumah di sini untuk menginap.

Terdapat pilihan rumah dengan satu kamar, dua, dan empat kamar. Tergantung kamu datang dengan siapa. Kalau beramai-ramai, mungkin butuhnya yang agak besar.

Harga tiket masuk, jam buka, dan alamat

Jam buka tempat wisata kampung budaya sindangbarang ini adalah dari jam 09.00 WIB sampai 17.00 WIB.

Harga tiketnya adalah Rp 25.000,- per orang untuk weekdays. Sementara hari libur tarifnya Rp 35.000,- per orang. Kalau mau paket seharian, menikmati makanan dan ikut acara seharian bayar Rp 170.000,-. Tarif ini bisa berubah sewaktu-waktu.

Alamatnya di jalan Endang Sumawijaya, RT 02 RW 08 di Sindang Barang. Tepatnya di Desa Pasir Eurih, Bogor.

Jika kamu mau ke kampung budaya sindang barang, sebaiknya naiklah kendaraan pribadi atau pakai ojek online. Sebab jalannya khas kampung. Cukup kecil dan agak susah untuk papasan bila kendaraannya besar.

Featured Image Kampung Budaya Sindang Barang via instagram @kampungbudayasindangbarang