Alamat
Jalan Teruku Cik Ditiro, Madras Hulu, Medan, Sumatera Utara 20152
Harga
Gratis
Jam Buka
24 Jam

Mau lihat langsung kampung India yang ada di Indonesia? ke Kampung Keling saja! Di sini tinggal orang India asli yang sejak dulu ada di kota Medan.

Kampung seluas 10 hektar ini sering disebut Little India. Sesuai dengan sebutannya, di sini tinggal orang-orang India yang masih mempertahankan budaya mereka dengan mengenakan sari dan sorban khas.

Kami yakin, ulasan sekilas ini bikin kamu makin penasaran dan tertarik untuk berkunjung. Apalagi jika kamu pengagum dan pencinta Bollywood. Berkunjung ke sana bisa jadi salah satu obat rindu sebelum akhirnya bisa datang langsung ke negara aslinya.

So, yuk kita jelajahi kampung ini sampai selesai dalam artikel ini!

Wisata kampung keling di Medan

Nama lain dari destinasi wisata di Medan ini adalah kampung madras. Ialah sebuah kawasan dengan luas sekitar 10 hektar dengan komunitas India yang lumayan besar. Lokasinya berada di sekitar Medan Petisah dan Polonia.

Bila kamu menginjakkan kaki di sini, maka nuansa indianya begitu kental. Perkampungan warna-warni dengan ukiran khas yang bisa disaksikan di film Bollywood ada di sini.

Sejarah

Para warga asli India ini mulai datang ke Medan karena didatangkan langsung oleh para pemilik perkebunan. Menurut sejarahnya, pada abad ke-19 para pemilik perkebunan mendatangkan mereka untuk mengelola kebun karena dikenal lebih rajin dan ulet.

Etnis india yang datang ke sini kebanyakan adalah Tamil. Tapi seiring berjalannya waktu, etnis lain seperti Punjab dan Cheyttar juga datang.

Kalau kamu suka India tentu tahu bahwa orang Punjab yang cowok sangat menghormati sorbannya. Sejak kecil, mereka sudah harus memakai penutup kepala ini.

Kalau kamu ke sini, kamu juga bisa melihatnya secara langsung lengkap dengan pakaian khas mereka menurut etnis masing-masing. Semuanya hidup berdampingan dan saling menghargai satu sama lain.

Saat ini, jumlah keturunan India di sini mengalami penurunan dibandingkan dengan dulu. Mereka juga kebanyakan sudah memilih tinggal di luar lokasi kampung karena keadaan ekonomi.

Yang tinggal di sini justru kebanyakan masyarakat Tionghoa. Namun begitu, nuansa indianya masih sangat terasa dan orang indianya pun masih ada.

Banyak Ras Keturunan India di Kampung Keling Medan via instagram @barang_monza
Banyak Ras Keturunan India di Kampung Keling Medan via instagram @barang_monza

Lokasinya jadi pusat budaya India

Karena sebagian besar orang India yang datang ke Medan tinggal di kampung ini, maka di sinilah letak pusat kebudayaan mereka. Yang paling dapat dilihat adalah kebudayaan mereka dalam berpakaian dan arsitektur dari bangunan di lokasi yang Bollywood banget.

Warna-warna cerah khas India, patung, dan ukiran-ukiran tertentu yang membuat suasananya makin terasa berbeda dengan Indonesia.

Kamu bisa menjumpai beberapa spot penting seperti:

  1. Kuil, yang paling terkenal adalah kuil Shri Mariaman dan Subramaniem.
  2. Klenteng, yang paling terkenal adalah vihara gunung timur.
  3. Masjid, yakni ghaudiyah mosque. Gaya arsitektur masjid ini khas India sekali.

Di kampung keling, kamu akan melihat beragam etnis, kebudayaan, dan agama (Budha, Hindu, dan islam) hidup berdampingan dengan rukun.

Kuliner kampung keling medan

Kalau ke sini, kamu bisa sekalian mencicipi masakan khas India yang begitu menggiurkan. Misalnya roti canai, nasi briani, martabak kuah kari, hingga kerang rebus. Semuanya menggunakan resep khas india yang kelezatannya tak perlu ditanya lagi.

Berburu Kuliner India Nasi Briyani, Samin, Martabak, Teh Tarik, Roti Cane via instagram @shaqeenakitchen
Berburu Kuliner India Nasi Briyani, Samin, Martabak, Teh Tarik, Roti Cane via instagram @shaqeenakitchen

Festival diwali

Silakan sesuaikan jadwal bila berkunjung ke sini. Sebab ada festival diwali atau deepawali yang selalu ramai dan unik. Perayaan ini biasanya dilakukan sekitar Oktober sampai November.

Upacara Sembahyang Maha Puja Perartenai dan Arcenai di Kampung Madras via instagram @winnievelia
Upacara Sembahyang Maha Puja Perartenai dan Arcenai di Kampung Madras via instagram @winnievelia

Alamat kampung keling Medan

Tempat wisata ini berada di jalan teuku Cik di Tiro, Madras Hulu, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara.

Harga tiket masuk kampung keling dan jam bukanya

Kampung ini bisa dikunjungi secara gratis selama 24 jam setiap hari.

Selamat berlibur dan jangan lupa untuk tetap menjaga kesopanan dan menghormati kebudayaan orang-orang yang ada di sana.

Featured Image via instagram @ms.petualang

Peta Lokasi