Liburanmu bakal makin bermakna dan seru di Kampung Sadang. Tempat wisata ini suasananya tenang, bisa outbond, ada camping ground, dan cocok buat keluarga besar.

Silakan atur jadwal liburanmu bersama rombongan ke sini. Pilihlah jadwal yang paling longgar buat semua peserta.

Agar makin seru selama berlibur, simak dulu info lengkap mengenai destinasi wisata di Jawa Barat di sini. Selamat membaca.

Kampung wisata di Purwakarta: Kampoeng Sadang

Tempat wisata di Purwakarta ini juga dikenal dengan nama Kampoeng Sadang. Pengucapannya sama, hanya penulisannya saja yang sedikit berbeda. Ditulis dalam ejaan lawas dengan mengganti huruf U dengan OE.

Daya tarik kampung sadang sangat banyak, di antaranya adalah:

Family gathering / outbond

Tempat wisata ini berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 5 ha. Lahan yang luas ini dimanfaatkan dengan baik, salah satunya adalah untuk outbond saat ada family gathering.

Oleh karena itu, kampung wisata ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga. Karena banyak wahana yang akan membuat orang dewasa sekaligus anak-anak betah berada di sini.

Di antara wahana yang tersedia adalah naik ATV, animal farm, flying fox, dan yang lainnya. Artinya selain bisa mengajak anak untuk refreshing, kamu juga bisa mengajak mereka bermain dan belajar mengenai hewan.

Seru-seruan saat outbond bersama keluarga besar
Seru-seruan saat outbond bersama keluarga besar via instagram @kemawonhahan

Menjelajah sungai

Di sini juga ada perahu karet yang biasanya digunakan untuk menjelajah sungai. Di sekeliling sungai terdapat hutan dengan pemandangan yang indah dan menyejukkan. Hutan ini adalah hutan lindung yang sangat terawat dan selalu dijaga.

naik perahu bebek di sungai Kampung Sadang
Yuk naik perahu bebek di sungai Kampung Sadang via googlemaps

Pemandangan yang indah bikin pikiran segar kembali

Selain melakukan kegiatan yang menantang, para pengunjung juga bisa menikmati pemandangan yang indah selama berada di lokasi. Udara yang bersih dan hawa yang sejuk bisa membuat pikiran segar kembali. Kamu pun bisa terhindar dari stres.

Hijau dan segar Kampung Sadang sejauh mata memandang
Hijau dan segar Kampung Sadang sejauh mata memandang via googlemaps

Kampung Sadang Light Festival

Pada waktu tertentu, destinasi wisata ini juga mengadakan light festival. Acara ini dihelat pada malam hari selama lebih dari satu bulan.

Sesuai dengan namanya, konsep acaranya seperti lampu lampion. Di mana ada banyak sekali pilihan taman dengan berbagai bentuk yang ikonik. Semuanya dihiasi dengan lampu-lampu yang indah dan berwarna-warni sehingga tampak memesona di malam hari.

Penuh lampu kelap kelip ketika malam
Penuh lampu kelap kelip ketika malam via instagram @azhari_ari

Camping ground

Bila kamu ingin sekalian berkemah, silakan menghubungi pengelola. Lahan yang luas dan pemandangan yang bagus menjadi salah satu alasan kenapa kamu harus mencoba camping di sini bersama keluarga atau rombongan lainnya.

Biasanya, area camping ground ini dipakai untuk perkemahan sekolah oleh anak-anak pramuka.

Berlatih memanah di Kampung Sadang
Berlatih memanah di Kampung Sadang via instagram @marsquadpwk

Fasilitas memadai

Fasilitas yang ada di lokasi wisata ini sudah sangat memadai. Hal ini bisa dilihat dari jalanan ber-paving yang membuat rute wisata makin mudah hingga fasilitas umum seperti kamar mandi (toilet), area parkir yang luas, cafe atau rumah makan, dan tempat ibadah.

Tak hanya itu, terdapat juga aula dan gazebo dalam jumlah yang banyak. Aula ini bisa dimanfaatkan untuk beristirahat oleh para pengunjung.

musholla
Fasilitas musholla via instagram @ma_rifanadifa

Harga tiket masuk kampung Sadang, jam buka, dan alamatnya

Untuk masuk ke lokasi saja, kamu cukup membayar Rp 10.000,-. Namun, bila ingin sekalian membayar tiket permainan di dalam (all in one), masing-masing orang dikenakan tarif Rp 150.000,- sekali masuk.

Tarif parkir sekitar Rp 5.000,- untuk motor dan Rp 10.000,- untuk mobil.

Warung makan
Fasilitas Warung makan via instagram @bayungw

Jam buka

Wisata Kampoeng Sadang libur di hari Senin. Hari lainnya buka dari pukul 09.00 WIB sampai 16.00 WIB.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamatnya di Jl. Buana Indah, Desa Mulyamekar, Babakancito, Purwakarta Regency, Jawa Barat. Rutenya sangat mudah dilalui dengan kondisi jalan yang sudah bagus. Sekitar 5 km dari area Sate Cibungur, Purwakarta.

Terakhir, siapkan kameramu untuk memotret semua keajaiban dan pemandangan yang ada di kampung sadang Purwakarta. Lemaskan pikiran dan bersiaplah berkeringat biar makin sehat.

Featured Image Tempat Wisata Kampung Sadang Purwakarta via googlemaps

Peta Lokasi