Liburan kali ini ingin ke Ciwidey Bandung? Jangan lupa mampir ke kawah putih. Sebuah tempat wisata yang eksotis, romantis, dan menakjubkan. Di sini, para wisatawan akan dimanjakan dengan nuansa keindahan alam khas Bandung lengkap dengan mitosnya yang penuh misteri.

Destinasi wisata ini menyuguhkan pemandangan alam yang khas, yakni sebuah danau berwarna putih yang bisa berubah warna menjadi biru muda atau biru kehijauan. Danau ini terbentuk akibat letusan Gunung Patuha.

Kawah ini mengandung belerang dalam jumlah yang tinggi sehingga warnanya menjadi putih. Warna danau bisa berubah akibat perubahan suhu, cuaca, dan beberapa hal dari faktor luar.

Foto Kawah Putih
Foto Kawah Putih via google maps @김미랑

Sejarah kawah putih, penuh mitos dan misteri

Kawah ini dikenal juga dengan nama kawah Bandung atau Ciwidey sesuai dengan lokasinya. Dahulu kala, konon tidak ada orang yang berani berkunjung ke daerah sini karena dikenal angker. Masyarakat pada zaman dulu sering melihat kawanan burung yang terbang di atas danau mati terkapar.

Gambar Plang Kawah Putih
Plang Kawah Putih via google maps @Christian Andrianto

Hingga pada tahun 1837, seorang peneliti bernama dr. Franz Wilhelm Junghuhn melakukan penelitian di daerah ini dan menemukan sebuah tempat yang sangat keren. Wisata alam yang tidak ada duanya.

Foto Tanda Lokasi
Plang Lainnya via google maps @Bentos Java Wayang

Dari penemuan ini, penduduk yang awalnya takut berkunjung berangsur mau mengunjungi dan hingga pada tahun 1987, lokasi ini makin terkenal sebagai salah satu destinasi wisata andalan Jawa Barat.

Foto Kawah Putih dari Atas
Foto Dari Atas via google maps @Dendy Priatna

Fasilitas kawah putih

Sejak pertama kali dikenal di seluruh Indonesia 30 tahunan lalu, para pengelola terus melakukan perbaikan dan penyempurnaan fasilitas. Jika sebelumnya lokasi ini masih polos, kini sudah ada jalan berpaving sebagai jalur untuk menuju lokasi.

Foto Menyusuri Tangga Menurun
Tangga Turun via google maps @Soetanto Aji Utomo

Jalur ini juga sudah dilengkapi dengan pagar yang bisa difungsikan buat pegangan para lansia agar tidak terjatuh saat menyusuri jalan.

Gambar Area Hutan
Suasana Hutan Sekitar via google maps @Evi Dwi

Di sini, ada banyak sekali penjual makanan dengan patokan harga yang cukup mahal. Bisa 2 sampai 3 kali lipat dari harga di luar tempat wisata. Untuk mi instan yang biasanya bisa dibeli dengan harga 4 ribu rupiah, di sini kamu harus merogoh kocek sampai 10 ribu rupiah.

Maka dari itu, kalau ingin berwisata secara hemat, bawa makanan dari rumah sekalian bisa buat sekeluarga. Tapi pastikan untuk tetap menjaga kebersihan lokasi wisata.

Gambar Liburan Bersama di Kawah
Liburan Bareng via google maps @Dion Hardrock

Larangan di kawah putih

Sebelum pertengahan tahun 2019, ada banyak penjual masker di kawah Ciwidey ini. Namun sekarang, ada larangan untuk berjualan masker. Hal ini sempat mendatangkan protes dari para penjual.

Namun, Dinas Perhutani tegas melarang mereka berjualan setelah ada keluhan dari pengunjung yang mengungkap kalau patokan harga masker yang mereka jual sangat mahal dan tidak logis.

Bayangkan saja, untuk membeli masker yang biasanya seharga 500 sampai 1.000 rupiah, di sini kamu perlu membelinya dengan harga 5.000 sampai 7.000 rupiah.

Maka dari itu, sebaiknya sebelum ke sini kamu membawa masker sendiri. Karena item ini sangat amat dibutuhkan selama kamu berwisata di kawah Bandung.

Tips berkunjung ke kawah ciwidey

Selain masker, ada beberapa barang yang juga wajib dibawa. Berikut ini adalah barang yang wajib dibawa dan trik berwisata di area ini:

Foto Jembatan Kayu
Jembatan Kayu via google maps @Andar Iswanto
  1. Pakailah penutup kepala.
  2. Kenakan baju hangat.
  3. Agendakan liburan saat musim panas.
  4. Datanglah saat hari masih pagi.
  5. Bawalah payung.
  6. Pakailah sandal flat, flat shoes, atau semacamnya.
Gambar Goa Belanda
Goa Belanda via google maps @Upik Supriyanto

Harga tiket masuk kawah putih, alamat, rute, dan jam buka

Tempat wisata ini berlokasi di sebelah selatan kota Bandung, berjarak sekitar 50 meter. Alamat tepatnya adalah di Jalan Raya Soreang km 25.

Gambar Halte Ontang Anting
Halte Ontang Anting via google maps @imron anshori

Rute perjalanannya bisa diambil dari pusat kota Bandung, tepatnya di stadion Jalak Harupat. Dari stadion, kamu bisa menuju ke taman kelinci Ciwidey, lalu ke Ciwidey Valley Resort, Kampoeng stroberi, baru ke lokasi wisata.

Jika kamu berangkat dari Jakarta, maka rute umumnya adalah masuk ke tol Cipularang lalu keluar di pintu tol kopo, masuk ke arah Soreang, daerah Ciwidey.

Jika berangkat menggunakan transportasi umum, naiklah kendaraan menuju Terminal Leuwi Panjang kemudian ke Terminal Ciwidey. Dari sini, kamu bisa ke Situ Patenggang dan lanjut ke kawah putih.

Harga tiket masuk kawah putih adalah Rp 17.000,- untuk wisatawan lokal, Rp 50.000,- untuk wisatawan mancanegara.

Gambar Posko Tiket
Posko Tiket via google maps @Bintang Abin

Jika kamu membawa kendaraan pribadi, mobil bisa diparkir di atas dengan tarif Rp 150.000,- atau di bawah dengan tarif Rp 6.000,-. Sementara untuk motor, parkir atasnya dikenakan tarif Rp 35.000,- sementara parkir bawahnya adalah Rp 5.000,-.

Jika kamu ke sana bareng rombongan satu bus, maka tarifnya adalah Rp 25.000,- sekali parkir.

Foto Gerbang
Gerbang via google maps @Christian Andrianto

Jam buka kawah putih adalah dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore.

Harga tiket masuk kawah putih di atas dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan oleh pengelolanya.

Peta Lokasi