Sejuk, edukatif, dan menghibur adalah 3 kata yang dapat menggambarkan kebun raya bogor. Tempat wisata ini memiliki luas lebih dari 80 hektar dan terbuka untuk umum. Kamu bisa datang ke sini bersama teman, gebetan, atau keluarga.

Berdirinya istana negara di kawasan kebun ini menjadi daya tarik tersendiri, tak hanya buat wisatawan lokal tetapi juga mancanegara. Di samping istana kepresidenan, di sini kamu juga bisa melihat ragam peninggalan sejarah dan fauna yang ada di Indonesia. Sangat lengkap!

Gambar 1 Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor via google maps @Guruh Amir Putra

Buat kamu yang ingin mengajak anak ke kebun ini, tak perlu khawatir. Sebab tempat ini merupakan area wisata yang sangat ramah anak. Mulai dari balita hingga remaja.

Buat kamu yang belum berumah tangga, kamu bisa datang bersama teman atau gebetan. Banyak spot-spot instagrammable yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah berfoto dekat istana negara.

Biar pembahasan makin lengkap, yuk simak panduan wisata ke kebun raya di Bogor berikut ini!

Fasilitas kebun raya bogor

Sebelum berangkat ke lokasi, tentu banyak yang bertanya apa saja fasilitas tempat wisata ini. Bagusnya, di sini fasilitasnya sudah tergolong lengkap.

Gambar 2 Monumen Lady Rafless
Monumen Lady Rafless via instagram @monica_oemardi

Di antaranya dekat dengan guest house, ada persewaan mobil dan sepeda, sewa lapangan, pemandu wisata, sewa gedung, tempat magang dan penelitian, jasa ilmiah, dan yang lainnya. Soal tempat makan, di sini juga sudah banyak tersedia area makan untuk para pengunjung.

Objek wisata yang sejuk, bernilai sejarah, dan instagrammable

Gambar 3 Jembatan Putus Cinta
Jembatan Putus Cinta via instagram @astridhere

Ada banyak sekali objek wisata yang bisa dikunjungi saat berada di sini. Mulai dari wisata edukasi hingga tempat-tempat yang menawarkan konsep selfie terbaik. Berikut ini adalah kumpulan lokasi yang sayang untuk dilewatkan saat berada di kebun ini:

  1. Monumen Lady Raffles.
  2. Danau Gunting.
  3. Prasasti Reindwardt.
  4. Patung The Little Mermaid.
  5. Tugu Teijsman dan tamannya.
  6. Taman Meksiko.
  7. Patung Tangan Tuhan.
  8. Pemakaman Belanda Kuno.
  9. Laboratorium Treub.
  10. Wisma Tamu Nusa Indah.
  11. Jembatan Putus Cinta.
  12. Museum Zoologi.
  13. Taman Astrid.
  14. Jalan Astrid dan Jalan Kenari.
  15. Rumah Anggrek.
  16. Makam Mbah Jepra.
  17. Taman Soedjana Kassan.
  18. Halaman Belakang Istana, dll.

Kebun raya bogor berdiri di atas lahan sekitar 87 hektar, jadi ada banyak sekali spot yang bisa dikunjungi. Kalau mau mengunjungi semuanya, rasanya waktu satu hari tidak akan cukup. Apalagi jika niatnya menikmati satu per satu.

Gambar 4 Taman Astrid
Taman Astrid via instagram @ninirrahayu

Pintu masuk KRB

Dulu ada 4 pintu yang bisa dipakai untuk masuk, tapi sekarang yang aktif dan bisa digunakan hanya 3, yakni:

Pintu utama

Gambar 5 Pintu 1
Pintu 1 via google maps @Santi Septiana Dewi

Pintu atau gerbang masuk utama ini terletak di ujung jalan Juanda. Terletak di pertigaan jalan antara Juanda, Suryakencana, dan Otto Iskandardinata.

Pintu kedua

Gambar 6 Pintu 2
Pintu 2 via google image @Info Backpacker

Lokasinya di sebelah barat atau sebelah kantor pos Bogor. Pintu ini tidak dibuka pada hari Sabtu.

Pintu ketiga

Gambar 7 Pintu 3 kebun raya bogor
Pintu 3 via google maps street view

Pintu ini terletak di pertemuan antara jalan Jalak Harupat dan Pajajaran. Jika kamu pernah ke taman perlintasan bogor, maka lokasi pintu ini adalah di seberangnya.

Harga tiket masuk kebun raya bogor, alamat, dan jam bukanya

Kebun ini terletak di jalan Juanda (Ir. H. Juanda) No. 13. Salah satu jalan di kelurahan Paledang yang terletak di Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Harga tiket masuk KRB yang dibebankan untuk wisatawan domestik dan mancanegara berbeda.

Untuk wisatawan domestik, dikenakan biaya sekitar Rp 15.000,- saja. Sementara bule dikenai biaya senilai Rp 25.000,-

Jika kamu membawa kendaraan sendiri, peraturan terbaru 2020 menyatakan kendaraan ini harus di parkir secara terpisah. Pengunjung tidak diperkenankan berkeliling kebun memakai kendaraan pribadi.

Kalau capek, kamu bisa menyewa sepeda atau mobil untuk berkeliling. Harga sewa mobilnya adalah Rp 15.000,- per orang dewasa dan Rp 10.000,- per anak-anak. Untuk sepeda tarifnya per jam, yakni Rp 15.000,-.

Tarif parkir yang dibebankan untuk mobil adalah Rp 30.000,- per sekali parkir (hanya untuk mobil dan tidak berlaku untuk orang di dalamnya). Sedangkan motor dikenai biaya Rp 5.000,- untuk sekali parkir.

Kamu bisa mengunjungi kebun raya bogor dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Perhatikan pintu masuk mana yang beroperasi saat kamu berkunjung di waktu weekend. Jangan pakai high heels dan sedialah payung sebab kota ini sering hujan. Pasti nyesal kalau tidak bisa menikmati wisata di kota bogor. Jangan lupa penuhi daya baterai supaya aman dipakai foto seharian.

Peta Lokasi