Jawa Timur

Kebun Raya Purwodadi

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bersih dan sejuknya udara menjadi kekuatan dari kebun raya Purwodadi. Di sini, kamu bisa lari sejenak dari rutinitas yang padat dengan segala efeknya yang membuat stres.

Kalau suka keheningan untuk bisa mendapatkan inspirasi, kebun ini adalah salah satu lokasi yang paling tepat. Meditasi pun bisa dilakukan karena suasana alam yang tenang dan menunjang. Di bawah pohon, di hamparan rerumputan, atau dekat bunga-bunga taman, silakan pilih spot mana yang paling favorit.

Kebun raya ini dikelola oleh LIPI, merupakan wisata edukasi yang sangat populer di Jawa Timur. Setiap bulannya, ada beberapa kunjungan dari sekolah dan kampus. Cocok sekali untuk belajar ilmu biologi karena tersedia beragam tanaman dengan ribuan spesies.

Terdapat setidaknya 2.098 spesies tanaman dengan 12.080 spesimen di lahan yang luasnya sekitar 85 hektar ini. Dari anggrek, bambu, tumbuhan paku, palem, pisang, hingga polong-polongan semuanya ada. Bahkan, di sini juga ada taman tematik.

Agar lebih detail, yuk jelajahi kebun luas ini bersama lewat ringkasannya di bawah ini:

Gerbang Masuk Kebun Raya Purwodadi
Gerbang Masuk Kebun Raya Purwodadi via instagram @andaninasansa

Tanaman dan taman-taman tematik yang keren

KRP merupakan pemekaran dari Kebun Raya Bogor dan didirikan sejak tahun 1941. Selain jenis tumbuhannya yang banyak, pengelola juga membuat taman tematik untuk mengelompokkan tanaman-tanaman tersebut.

Dengan taman tematik ini, pengunjung juga jauh lebih mudah dalam mempelajarinya. Selain memang pengelolaannya juga jauh lebih mudah. Taman-taman tematik yang cukup populer di sini adalah:

Taman Bougenville

Bunga berwarna merah muda, merah, dan oranye yang dimilikinya membuat taman ini selalu ramai. Karena menjadi spot yang sangat instagrammable.

Taman Bougenville Kebun Raya Purwodadi
Taman Bougenville via googlemaps @Amazing Trip – Panorama

Taman Meksiko

Di sini terdapat tanaman ala Meksiko. Berisi tanaman kaktus dan tumbuh di area kering. Kontras dengan kondisi keseluruhan kebun yang sejuk dan asri.

Green House Anggrek

Ada lebih dari 2.000 anggrek dari 319 jenis anggrek berbeda. Tujuh dari ratusan jenis tersebut merupakan endemik di Jawa Timur.

Green House Anggrek Kebun Raya Purwodadi
Green House Anggrek via instagram @kebunrayapurwodadi

Jajaran pohon Janglot

Ada banyak jajaran pohon Janglot di sini, kamu bisa menjadikannya sebagai salah satu spot foto.

Danau wisata

Tak hanya hamparan rumput, di sini juga ada danau wisata yang bisa menjadi tempat bersantai.

Kolam renang anak

Sesekali ajaklah anak bermain di kolam renang ini. Nikmati suasana berenang dengan dikelilingi pepohonan hijau yang rindang.

Fasilitas lain di KRP

Di sini ada banyak sekali gazebo dan tempat duduk untuk sekedar melepas lelah selama berkeliling. Tempat sampah juga sudah tersedia cukup rapat. Jadi biasakan untuk membuang sampah di tempatnya.

Toilet dan mushola juga sudah ada. Lahan parkirnya cukup luas. Jika ingin makanan berat, bawalah dari rumah. Sebab ibu-ibu penjaja makanan hanya menjual makanan ringan dan minuman.

Peta Wisata Kebun Raya Purwodadi
Peta Wisata Kebun Raya Purwodadi via instagram @andaninasansa

Mitos Kebun Raya Purwodadi

Area ini sering digunakan untuk camping rombongan sekolah dan kampus. Jadi, ada mitos bahwa di sini hawanya angker.

Tidak hanya itu, konon ada yang bilang orang yang mengajak pasangannya ke sini bisa putus dengan cepat. Sementara yang jomblo justru bisa segera bertemu dengan pasangannya.

Ini mitos, sebaiknya tidak diyakini kebenarannya.

Piknik di Kebun Raya Purwodadi

Kalau ke sini bersama keluarga atau rombongan lain, bawalah tikar dan makanan. Biar bisa sekalian piknik. Toh, lahan yang tersedia untuk duduk-duduk berpiknik sangat luas.

Rasanya untuk menikmati hijaunya dedaunan dan bersihnya oksigen di sini tidak bisa satu dua jam. Kudu berlama-lama agar bisa benar-benar terasa dan merasuk.

Piknik Bareng Keluarga di Danau Wisata
Piknik Bareng Keluarga di Danau Wisata via googlemaps @wahyudi.arbli

Harga tiket masuk kebun raya Purwodadi

Bagi wisatawan lokal, masuk ke tempat wisata Pasuruan ini hanya butuh uang Rp 9.500,- per orang. Beberapa pengunjung biasanya juga bilang Rp 10.000,- per orang sebagai bentuk pembulatan. Kalau wisatawan mancanegara biasanya harus membayar lebih mahal, sekitar Rp 15.500,-.

Kalau kamu membawa mobil, sebaiknya sekalian dibawa masuk untuk berkeliling karena hanya perlu membayar Rp 15.000,- Kalau motor, harus diparkir di depan dengan membayar biaya Rp 3.000,-. Sementara parkir bus tarifnya Rp 10.500,-.

Setelah masuk ke dalam, kamu bisa menyewa kereta dengan membayar Rp 10.000,-. Kalau tidak ada, bisa sewa sepeda dengan tarif Rp 25.000,- per jam.

Di sana juga ada fotografer yang bisa dibayar secara terpisah. Info tarifnya tidak tersedia.

Alamat dan jam buka

Untuk berwisata di KRP sangat mudah karena lokasinya strategis. Alamatnya di jalan Surabaya-Malang Km 65.

Kalau dari Surabaya, lokasinya di sebelah kiri jalan sebelum masuk lawang (perbatasan Malang Pasuruan). Kalau dari Malang, lokasinya di sebelah kanan setelah keluar dari tapal batas area Malang.

Kalau naik kendaraan umum, naiklah bus ekonomi Surabaya-Malang dari terminal Purabaya (Bungurasih). Saat turun, sudah langsung di depan kebun.

Jangan naik Patas, sebab bus patas sekarang lewatnya di tol panjang yang keluar di exit tol Karanglo (Singosari).

KRP buka dari jam 07.30 WIB – 16.00 WIB.

Penujuk Fasilitas
Penujuk Fasilitas via googlemaps @pohonjanglot

Kalau mau ke kebun raya Purwodadi, bawalah lotion anti nyamuk atau minimal pakai pakaian panjang. Sebab nyamuknya sangat banyak.

Peta Lokasi