Hamparan dedaunan hijau dan sejuknya udara di kebun teh Rancabali memang mendamaikan hati. Siapa pun, bila ke sini, akan ikut merasakan tenang dan mengagumi ciptaan-Nya.

Rancabali menjadi salah satu destinasi wisata yang ada di Bandung. Hamparan kebun teh ini menjadi tempat yang cocok untuk refreshing sebab suasananya tenang dan sangat sejuk.

Uniknya, kebun ini sudah ada sejak zaman Belanda. Di sini, selain berwisata, kamu juga bisa sekalian melihat pengolahan teh di pabrik setempat.

Sejarah perkebunan teh Rancabali

Menjadi salah satu perkebunan yang sudah ada dari zaman Belanda, tentu tempat ini menyimpan sejarah tersendiri. Tempat ini tercatat dibangun sejak tahun 1870. Selain itu, konon di sini berdiri rumah peninggalan K.A.R. Bosscha atau Karel Albert Rudolf Bosscha.

Dia adalah seorang berkebangsaan Belanda yang sangat peduli atas kesejahteraan rakyat pribumi Hindia Belanda. Tidak hanya itu, Bosscha juga diketahui sebagai salah satu pemerhati ilmu astronomi.

Selain perkebunan ini, Bosscha juga menjadi juragan dari seluruh perkebunan teh di kecamatan Pengalengan, Bandung.

Berwisata ke kebun teh Rancabali

Tempat wisata di Bandung ini berada di ketinggian lebih dari 1600 meter di atas permukaan laut. Tidak heran bila udara di sini sangat sejuk dan menenangkan.

Kalau kamu tidak tahan dengan dingin, pakailah jaket. Karena ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan. Jadi, agar bisa di sini lebih lama baiknya persiapkan diri sejak awal.

Jalan-jalan di tengah perkebunan

Kamu dan keluarga bisa berjalan-jalan di tengah kebun. Merasakan sejuknya udara dan menghirup oksigen bersih yang melimpah ruah di tengah dedaunan sambil melihat kabut-kabut tipis yang terlihat di kejauhan.

Jalan-jalan dan Foto di Kebun Teh Rancabali
Lagi Jalan-jalan dan Foto di Kebun Teh Rancabali via instagram @tiaraochemm

Berfoto

Jika kamu mencari spot foto terbaik di Bandung, maka di sini adalah salah satu pilihan terbaik. Hamparan kebun yang luas jika dijepret akan terlihat seperti karpet bersih alami.

Semuanya terlihat seperti lukisan dengan garis-garis lurus yang memiliki pola unik. Kamu bisa berfoto di tengah-tengah kebun atau memilih berada di pinggir jalan berkelok sehingga tampilannya terlihat beda.

Hal ini karena kebun teh ini cukup unik. Bila biasanya perkebunan letaknya berada di bagian atas jalan, yang ini beda. Beberapa spot-nya berada di kanan kiri jalan.

Wisata pabrik teh

Di sekitar lokasi ada pabrik teh yang terbuka untuk wisata edukasi. Untuk itu, kamu bisa mengajak anak dan keluarga untuk melihat bagaimana pembibitan teh dilakukan, bagaimana perawatannya, hingga pengemasan dan finishing-nya sampai produknya bisa dijual di pasaran.

Nama pabrik teh ini adalah Walini. Untuk masuk ke sini, pengunjung cukup membayar senilai Rp 5.000,- per orang saja.

Galeri Teh Walini
Galeri Teh Walini

Berfoto di atas Batu Gede

Batu gede memiliki arti Batu Besar. Di sini adalah salah satu spot favorit pengunjung yang datang. Mayoritas pengunjung yang ke Rancabali pasti berfoto di atas batu besar ini.

Letaknya di tengah perkebunan teh. Artinya, di spot ini kamu bisa mendapatkan jepretan yang baik dengan pemandangan perkebunan, gunung, dan perkampungan yang ada di sekitar lokasi.

Spot Foto Unik di Atas Batu Besar
Spot Foto Unik di Atas Batu Besar via instagram @dindin__permana

Berkemah

Para pengunjung juga bisa camping dan glamping lake agar bisa lebih dekat dengan alam.

Flying fox

Tersedia juga permainan yang menguji keberanian dan adrenalin. Kalau mau coba, silakan ikut main.

objek wisata rumah kapal di Kebun Teh Rancabali
Ada objek wisata rumah kapal di Kebun Teh Rancabali via instagram @happy_holidaybdg

Harga tiket masuk, jam buka, dan alamat

Untuk masuk ke sini, tidak ada biaya yang harus dibayarkan. Hanya perlu menyediakan uang untuk parkir sebesar Rp 2.000,- saja.

Tempat wisata ini buka setiap hari selama 24 jam. Untuk mendapatkan pemandangan yang bagus, datang di pagi dan sore hari adalah pilihan yang tepat.

Alamatnya ada di Patengan, Rancabali, Bandung.

Nah, setelah membaca ulasannya, kamu tak perlu ragu lagi untuk mampir ke sini. Apalagi fasilitas di kebun teh Rancabali juga lengkap. Mulai dari penginapan, area parkir, wahana anak, wisata sejarah, kuliner, musala, dan yang lainnya. Semuanya sudah ada.

Featured Image Kebun Teh Rancabali via googlemaps @Rangga Pramana