Mojokerto memang gudangnya wisata sejarah. Berkunjung ke tempat wisata kolam segaran mojokerto serasa sedang berkunjung ke pantai. Kok Bisa? Kolamnya sangat luas. Bahkan sudah pantas disebut telaga. Airnya juga melimpah.

Kolam ini disebut sebagai kolam sejarah terbesar di Indonesia. Di bangun masa kerajaan Majapahit. Tentu banyak kisah sejarah dan mitos yang menyertainya. Hasil penelitian akan mengungkap apakah misteri itu hanya sekedar cerita rakyat atau memang benar adanya.

Wisata Kolam Segaran Majapahit Mojokerto Jawa Timur

Gambar Tempat Wisata Kolam Segaran Aerial View
Aerial View via twitter @@bpcb_jatim

Ukurannya adalah 373 x 175 meter. Luasnya sekitar 65.626 m2 atau 6,5 ha. Serupa dengan 6 kali luas lapangan sepak bola. Kolam ini memiliki kedalaman 2,88 – 3 meter. Jika penuh, maka mampu menampung air 189.000 m3.

Di sekelilingnya terdapat dinding pembatas setinggi 3,16 meter dengan lebar 1,6 meter. Berdasarkan cerita, dinding ini terbuat dari batu bata merah tanpa perekat. Hanya di gosok-gosokan lalu ditumpuk.

Menurut penelitian, fungsinya sebagai sarana irigasi dan saluran air bagi sawah-sawah di sekitar kerajaan. Sumber air berasal dari Balong Bunder. Lalu ditampung dan didistribusikan menuju sungai-sungai dan dialirkan ke sawah.

Alamat dan Lokasi

Alamatnya berada di Unggaran, Trowulan, Kecamatan Trowulan, kabupaten Mojokerto Jawa Timur. Sangat dekat dengan situs trowulan yang berjarak 2,3 km. Lokasi kolam segaran ini berjarak 200 meter di sebelah selatan jalan Surabaya – Madiun. Dari kota Mojokerto, jaraknya 13 km (22 menit).

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Gambar Sudut Kolam
Sudut Kolam via instagram @letsgetl0st__

Situs purbakala ini buka setiap hari selama 24 jam. Anda bebas masuk karena tidak ada pengenaan tarif tiket masuk.

Anda dapat menikmati suasana kolam sembari duduk dipinggirnya atau sembari memancing ikan. Di kiri dan kanan juga terdapat warung ikan wader dan botok yang enak. Banyak pengunjung yang puas dengan kuliner tersebut.

Fasilitas

Di sekitar tempat wisata sejarah ini terdapat area parkir yang cukup luas, tempat memancing ikan di kolam, kamar mandi, dan warung makan.

Kisah Sejarah Kolam Segaran

Gambar
saat senja via google maps @Alul Hidja

Kolam ini ditemukan oleh insinyur Henry Maclain Pont tahun 1926 ketika Indonesia masih di jajah Belanda. Pada saat itu, kolam ini rata dengan tanah.

Pemugaran pertama dilakukan tahun 1966 ketika Indonesia sudah merdeka. Pemugaran ini hanya berlangsung 1 tahun. Lalu direncanakan pemugaran yang kedua yang lebih terstruktur tahun 1974. Prosesnya berjalan 10 tahun sampai 1984.

Berdasarkan catatan sejarah, kolam segaran merupakan salah satu dari 32 peninggalan kolam kerajaan Majapahit.

Mitos dan Misteri Kolam Segara di Trowulan

Gambar Memancing Bersama
mancing bersama via google maps @Leega Ahmad

Cerita rakyat yang beredar menyebutkan bahwa kolam ini dibuat untuk menunjukkan kemakmuran kerajaan kepada pengunjung dari negara asing.

Dikisahkan pada suatu jamuan, piring-piring dan perangkat jamuan makan yang terbuat dari emas di lempar ke kolam. Oleh karena itu, banyak mitos menyebutkan di dasar kolam ini tersimpan banyak piring emas.

Banyak orang juga percaya bahwa kolam segaran merupakan perwujudan dari kata telaga yang tertulis dalam Kitab Negarakertagama VII:5.3 karangan Mpu Prapanca.

Gambar Pose Foto Kolam Segaran
pose via instagram @vivin__agustin

Namun, menurut sejarawan Ayuhanafiq yang dikutip jawapos radar mojokerto, ada banyak hal yang berseberangan dengan mitos di atas.

Pertama, menurutnya kolam ini dibangun pada abad ke 15. Periode masa kemunduran Majapahit, bukan pada masa kemakmurannya.

Kedua, ketika kitab Negarakertagama selesai dibuat, kolam ini belum dibangun. Itulah kenapa dalam kitab tersebut tidak menyebutkan nama melainkan hanya sebuah telaga.

Kemudian, menurut kompas yang mengutip pernyataan Didi Hermawan, petugas museum trowulan, menyebutkan bahwa kegiatan lempar piring emas setelah jamuan kerajaan itu memang benar adanya. Kegiatan itu juga tercatat dalam berita China ketika ekspedisi Laksamana Cheng Ho.

Namun hal yang perlu diluruskan. Menurutnya, aktivitas itu hanya sebuah citra politik. Ketika acara jamuan sudah selesai dan tamu sudah pulang, piring-piring tersebut akan diangkat kembali menggunakan jaring.

Selain itu, pada masa lalu di tengah kolam terdapat pulau kecil yang disebut Jambhudwipa. Sebuah bangunan suci yang mengibaratkan Pulau Jawa yang dikelilingi lautan. Di tempat ini sering diadakan ritual suci keagamaan. Maka tak heran bila masih banyak warga menganggap airnya suci.

Sayangnya Jambhudwipa sudah tidak ada lagi. Ikut terkeruk bersama tanah lainnya ketika pemugaran terjadi.

Kondisi Kolam Segaran Saat Ini

Gambar Kolam Segaran Kering
ketika mengering via google maps @zaenal abidin

Sampai saat ini, masih berisi air yang melimpah. Hanya saja, kolam segaran trowulan kering pada bulan September 2019. Selain karena musim kemarau yang panjang, hal itu terjadi juga karena banyak kanal air tertutup tanah atau beralih fungsi.

Detail

Alamat

Unggaran, Trowulan Kec. Trowulan Mojokerto

Jam Buka

24 Jam