Jawa Timur

Museum Trowulan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Luas, lengkap, teduh, dan asri. Itulah museum trowulan. Sebuah tempat wisata sejarah yang menyimpan banyak koleksi benda peninggalan kerajaan Majapahit.

Sekarang memiliki nama resmi Museum Majapahit. Orang luar banyak yang menyebutnya dengan nama trowulan archeological museum.

Hebatnya, koleksinya sudah meluas. Tidak hanya eksklusif untuk artefak bekas Majapahit, tetapi juga untuk benda sejarah yang ditemukan di provinsi Jawa Timur.

Wisata Museum Trowulan Mojokerto Jawa Timur

Museum Trowulan

Letak Alamat Museum Trowulan Mojokerto

Lokasinya berada di Jl. Pendopo Agung, Desa Ngelinguk, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Berada tepat di sebelah selatan kolam segaran (200 meter). Kalau dari pendopo agung trowulan, jaraknya 1 km ke arah utara.

Jam Buka Museum Majapahit

Loket Masuk Museum Majapahit
Loket Masuk via instagram @yantoseran11

Buka setiap hari, dari Senin-Minggu. Jam buka mulai pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB.

Harga Tiket Masuk Museum Trowulan

Tiket museum majapahit trowulan dibagi menjadi dua kategori yaitu Dewasa Rp 5.000,- dan Anak-anak Rp 2.500,-. Untuk wisatawan mancanegara, harganya berbeda yaitu Rp 50.000,- per orang.

Fasilitas Pendukung

Fasilitas Pendukung Untuk Anak
Pojok Kreatif Anak via google maps @Linda Hikmayanti

Terdapat banyak fasilitas pendukung yang memadai. Seperti parkir yang luas untuk motor dan mobil (muat 12 bis), Musholla yang nyaman, toilet, warung, dan toko suvenir.

Satu lagi, jika Anda membawa anak-anak yang masih rewel, maka Anda dapat membawanya ke area bermain anak. Hal itu lebih aman dibandingkan jika ada artefak yang mungkin rusak akibat tersenggol rasa keingintahuan anak yang tinggi.

Profil dan Sejarah

Ada cerita sejarah menarik dibalik pembangunan museum ini. Dimulai dari pembentukan Oudheidkundhige Vereeneging Majapahit (OVM) yang jika diterjemahkan artinya Asosiasi Arkeologi Majapahit sekitar tahun 1924.

OVM dibuat atas inisiatif Bupati Mojokerto saat itu, R.A.A. Kromodjojo Adinegoro, berama Henri Mcline Pont, penemu kolam segaran. Jadi keduanya adalah pendiri museum trowulan.

Ketika jumlah penemuannya semakin banyak, OVM memutuskan membuat museum tahun 1926. Pada tahun 1942 tutup karena Henry Maclaine Pont di tawan Jepang akibat kekalahan BelAnda. Baru pada tahun 1987, secara resmi dibuka.

Pada prosesnya, sempat beberapa kali berganti nama dari Balai Penyelamat Arca, menjadi Pusat Informasi Majapahit, dan sekarang bernama Museum Majapahit BPCB Mojokerto.

Koleksi Museum Trowulan Mojokerto

Anda mungkin bertanya-tanya, benda apa sajakah yang tersimpan di dalam museum trowulan?

Koleksi Benda Purbakala Musem
Koleksi Arca dan Prasasti via google maps @Rudy Nayoan

Perlu Anda tahu bahwa isi museum Majapahit sangat lengkap. Koleksi peninggalan sejarah yang dipamerkan meliputi semua aspek kreasi manusia pada zaman itu. Sebut saja bidang pertanian, industri, seni, agama, dagang, sampai arsitektur.

Jika di kelompokan berdasarkan bahan, maka koleksi benda-benda di museum majapahit terbagi menjadi empat kategori yaitu :

  1. Koleksi Tanah Liat : meliputi alat rumah tangga dan produksi, arsitek, dan terakota.
  2. Koleksi Keramik : seperti guci, teko, piring, mangkok dan vas. Kebanyakan dari luar negeri (China, Vietnam, Thailand).
  3. Koleksi Logam : meliputi uang kuno, alat upacara, cermin, lampu, guci, dan alat musik.
  4. Koleksi Batu : berupa arca, relief, prasasti, komponen candi, dan miniatur.

Khusus benda sejarah yang kecil dan mudah pecah, tersimpan rapi di dalam bangunan gedung utama. Sedangkan yang berupa arca dan prasasti tertata di belakang gedung utama.

Situs Pemukiman Majapahit
Situs Pemukiman Majapahit via google maps @Candy Ardhana

Di luar gedung itu, masih terdapat peninggalan Majapahit yang sangat rugi jika di lewatkan yaitu situs pemukiman Majapahit. Meskipun hanya tersisa puing-puingnya saja, Anda dapat melihat bagaimana rupa rumah tinggal masyarakat pada zaman itu.

Foto Reruntuhan Pemukiman Majapahit
Reruntuhan pemukiman majapahit via instagram @bolang_baby

Reruntuhan rumah ini berukuran 5,2 x 2,15 meter dan menghadap ke arah timur laut. Di dalamnya terdapat anak tangga sejumlah 3 undakan.

Bentuk Omah Majapahit
omah mojopahit via instagram @jemmy_dwipa

Anda dapat mengamatinya dari sisi samping maupun atas dengan naik ke anjungan yang dibuat oleh arsitektur ternama Indonesia yaitu Yori Antar. Berkat desainnya, cagar budaya tersebut dapat ternaungi dengan apik tanpa merusak artefak karena minim bersentuhan dengan tanah.

Museum Trowulan Angker?

Situasi di salah satu sudut museum trowulan
via google maps @Farid Nursyah

Entah dari mana kesan ini berasal. Apakah memang pernah ada pengunjung yang punya pengalaman mistis atau hanya sekedar perasaan yang muncul akibat mendapat pelayanan yang biasa saja.

Yang jelas, ada satu fakta unik yaitu larangan keras memotret bagi pengunjung. Larangan ini hanya berlaku untuk orang dewasa. Sedangkan pengunjung anak-anak atau pelajar di izinkan mengambil foto dan video dengan alasan untuk kegiatan sekolah.

Apakah Anda berniat mengunjungi museum trowulan? Saran kami, kunjungi sekaligus semua tempat wisata sejarah yang ada di Mojokerto dengan memulainya dari sini. Anda akan mendapatkan banyak informasi menarik tentang situs peninggalan Majapahit lainnya.

Peta Lokasi