Puncak memang indah, termasuk Wisata Panorama Petung Sewu (WPPS) yang ada di kota Mojokerto. Pemandangan alam gunung yang sangat hijau dan menyejukkan menjadi daya tarik utamanya.

Destinasi wisata alam pegunungan ini terkenal dengan spot foto hutan bambu yang instagenic. Tak heran banyak kaum pemuda yang berkunjung. Namun yang perlu Anda tahu, tempat ini lebih dari sekedar wisata selfie.

Ada banyak hal yang di tawarkan. Seperti tempat berkemah dan tempat untuk menyelenggarakan diklat/outbond.

Wisata Panorama Petung Sewu Pacet Mojokerto

Gambar Panorama Petung Sewu
via google maps @Halimatus Syadiah

Lokasi dan Alamat Petung Sewu Pacet

Tempat Wisata unik ini ada di area hutan lindung TAHURA (Taman Hutan Raya) Raden Soerjo. Berada di kawasan jalur cangar dan wilayah kaki gunung Arjuno yang menghadap gunung Welirang dan Anjasmoro.

Alamat lokasi wisata petung Sewu pacet ada di Hutan, Kec. Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Tepatnya di desa adat Sendi pacet. Oleh karena itu, lokasinya sangat dekat dengan Sendi Adventure. Hanya berjarak 1 km atau 2 menit perjalanan. Kalau dari Obech Avontur juga dekat, hanya 5 km (10 menit).

Jika Anda dari Surabaya, maka rutenya dapat melewati kota Mojokerto atau tanpa melewati kota tersebut dengan total jarak tempuh 70-83 km (1 jam 47 menit).

Sedangkan kalau dari Malang, Anda harus melewati kota Batu dengan total jarak tempuh 45 km atau 1 jam 23 menit perjalanan naik mobil.

Untuk menuju lokasi, Anda perlu jalan kaki sejauh sekitar 30 menit perjalanan karena jalannya masih berupa jalan setapak.

Jalan Setapak dan Sayap Kupu-kupu
via google maps @Asep Saifudin

Jam Buka dan Operasional

Wisata hits wpps petung sewu ini buka setiap hari (Senin – Minggu) mulai pukul 08.00 dan tutup pada pukul 17.00.

Namun, jika memang Anda berniat menginap, Anda bisa menghubungi petugas kehutanan terkait yang jaga untuk mendapatkan izin berkemah.

Harga Tiket Masuk Wisata Panorama Petung Sewu Mojokerto

Sewaktu awal dibuka, Anda hanya cukup membayar biaya parkir kendaraan senilai Rp 5ribu tanpa membayar tiket masuk karena masih uji coba. Sekarang, ada tiket masuk yang dikenakan tarif seharga Rp 10.000.

Yang menarik, harga tiket tersebut untuk semua wahana. Jadi masih murah meriah. Berbeda dengan tempat lain yang menerapkan tarif per titik foto, Anda dapat leluasa berfoto di semua tempat yang disediakan tanpa membayar lagi.

Hanya saja, jika Anda datang pada waktu hari libur atau waktu liburan, Anda harus antri. Maksimal 10 menit per spot foto dan diperbolehkan maksimal 4-5 orang dalam satu foto. Alasannya, pengunjungnya terlalu banyak. Sekali waktu bisa sampai 200 orang.

Saran kami, jika ingin leluasa berfoto, maka datanglah di hari biasa selain libur/tanggal merah. Anda bebas berfoto tanpa antri karena pengunjungnya masih sedikit.

Fasilitas

Objek wisata yang menjadi tempat foto yang disediakan sampai saat ini ada 5 yaitu :

  • Sayap Kupu-kupu
  • Titanic Spot
  • Sky Tree
  • Sarang Burung
  • Hamock

Kelimanya menawarkan spot selfie dengan pemandangan alam yang unik dan amazing. Seperti panorama gunung Anjasmoro dan Welirang, view air terjun, dan aliran sungai, serta rimbunan hutan bambu.

Gambar View Pegunungan di WPPS Wisata Panorama Petung Sewu
Via instagram @wpps.mojokerto

Pihak penyelenggara menyatakan bahwa spot ini masih akan terus bertambah di masa mendatang.

Selain itu, Anda dapat mengadakan acara diklat dan juga berkemah di camping ground. Caranya, datang ke petugas untuk memberitahu dan meminta izin. Pemberitahuan ini jangan disampaikan mendadak. Juga, Anda harus menyiapkan perlengkapan kemah sendiri. Di sini tidak menyediakan.

Fasilitas lain yang menjadi pendukung adalah kamar mandi dan musholla yang masih baru. Ada sekitar 6 petugas polisi hutan yang berjaga dan beberapa anggota pencinta alam.

Yuk segera berwisata alam ke panorama petung sewu untuk menikmati keindahan alam yang masih asri dan rindang.

Detail

Alamat

Hutan, Kec. Pacet, Mojokerto, Jawa Timur 61374

Jam buka:

Selasa 08.00–17.00, Rabu 08.00–17.00, Kamis 08.00–17.00, Jumat 08.00–17.00, Sabtu 08.00–17.00, Minggu 08.00–17.00, Senin 08.00–17.00

Harga Tiket

10 ribu rupiah