Mau wisata laut yang antimainstream? Pantai kedung tumpang jawabannya. Pantai ini beda banget! Kamu harus berjalan kaki menyusuri jalanan yang terjal bila ingin sampai di tempatnya. Cocok banget buat kamu yang suka adventure!

Tulungagung memang memiliki banyak sekali destinasi wisata laut yang layak buat dikunjungi, salah satunya adalah kedung tumpang. Semua pantai di Tulungagung memiliki ciri khas masing-masing, termasuk yang sedang kita bahas ini.

Bila hobimu adalah bertualang, maka lokasi wisata ini bisa menjadi salah satu spot yang sangat direkomendasikan. Tapi sekali lagi, pantai ini cocok buat yang suka penjelajahan ya? Recommended buat yang berjiwa muda dengan fisik yang oke.

Kalau datangnya bareng anak, rasa-rasanya kurang pas. Atau kalau memang mau mencobanya, kamu harus siap menggendong dan menjaga anakmu dengan baik.

Dari pada penasaran rupa tempat wisatanya, yuk kita simak ulasannya dulu sama-sama!

Mitos pantai kedung tumpang

Sebelum mulai ke sana, kenali dulu adat dan kearifan lokal pantai ini. Supaya saat berlibur pengunjung bisa turut menjaganya, salah satunya adalah dengan mengetahui mitos yang beredar di masyarakat seputar pantai ini.

Menurut sesepuh daerah sini, pengunjung tidak disarankan untuk membawa jeruk saat berkunjung ke sini. Mitosnya, jeruk bisa menyebabkan ombaknya makin besar.

Secara logika, mungkin banyak muda mudi yang tidak bisa menyambungkan antara jeruk dan ombak. Tapi inilah kepercayaan, kita harus menghormatinya.

Terlepas dari benar tidaknya mitos tersebut, kita bisa menghormatinya dengan cara tidak membawa jeruk untuk menghindari kemungkinan penumpukan sampah saat sedang berwisata di sini.

Mitosnya Dilarang Bawa Jeruk

Keindahan pantai kedung tumpang

Mayoritas orang yang berkunjung ke sini adalah kaum dengan usia produktif, seperti mahasiswa, pekerja kantor, dan yang lainnya. Hal ini karena pantai di Tulungagung ini memang beda. Kamu tidak bisa langsung melihat pantai begitu sampai di lokasi, justru harus melewati beberapa titik dulu.

Perjuangan sampai di lokasi

Jika biasanya area pantai dekat sekali dengan tempat parkir, di Kedung Tumpang semuanya tak ada. Bila kamu membawa mobil, maka lokasi parkirnya sangat jauh dari bibir pantai. Kamu perlu berjalan jauh untuk bisa melihat bibir pantainya.

Pertama kamu akan sampai di tempat parkir motor, lalu tetap harus berjalan lagi sampai di lokasi yang kebanyakan adalah batuan karang yang terkikis oleh ombak besar.

Ya, pantai ini memang menghadap langsung ke pantai selatan. Layaknya ciri khas laut selatan yang berombak besar, di kedung tumpang ini pun sama. Ombaknya begitu besar hingga kikisan air laut di batu-batu itu menggambarkannya lewat guratan-guratan alami yang indah.

Foto di Ikon Kedung Tumpang
Foto di Ikon Kedung Tumpang via googlemaps @fwsb27

Berenang di laguna

Lelah berjalan lama untuk menuju spot terbaik untuk menikmati pemandangan laut, Anda bisa turun sebentar untuk berenang di laguna.

Laguna adalah kolam alami yang terbentuk dari cipratan ombak besar. Lokasinya terpisah dari laut secara langsung sehingga cukup tenang bila digunakan untuk berenang. Bahkan, beberapa orang khusus membawa alat seperti ban untuk sekedar berfoto di sini.

Airnya yang jernih dan bersih dengan kedalaman yang tak terlalu besar membuat sebagian besar orang ingin merasakan nikmatnya berada di sini.

Berenang di laguna Pantai Kedung Tumpang
Berenang di laguna Pantai Kedung Tumpang via googlemaps @delladartyan

Gubug dan gazebo untuk menikmati indahnya laut

Bila ombak sudah sangat tinggi dan berada di laguna tidak bisa jadi opsi, para pengunjung bisa memanfaatkan gubug-gubug tradisional yang disediakan di bagian atas laut.

Letaknya tinggi dan cukup menjorok menghadap lautan. Jadi, pemandangan akan terlihat secara sempurna.

Nikmatnya ngopi di Gazebo Pinggir Pantai
Nikmatnya ngopi di Gazebo Pinggir Pantai via googlemaps @mas_priant

Fasilitas umum

Jangan terlalu khawatir soal fasilitas, di sini ada musholla, toilet, tempat makan, dan area parkir.

Jalan Setapak Untuk Menyusuri Pantai
Jalan Setapak Untuk Menyusuri Pantai via googlemaps @enynurayu__

Harga tiket masuk pantai kedung tumpang, alamat, dan jam buka

Tiket masuk ke sini sudah termasuk parkir, untuk mobil Rp 10.000,- dan motor Rp 5.000,-. Alamatnya berada di area perkebunan Dan P, Pucang Laban, Tulungagung. Bukanya setiap hari selama 24 jam.

Kamu tidak akan pernah menyesal meski harus berjalan lebih dari 2 km untuk bisa mencapai keindahan laguna dan pantai kedung tumpang secara menyeluruh. Jadi, happy adventure!

Featured Image Tempat Wisata Pantai Kedung Tumpang via googlemaps @Amqa Rasendra