Jawa Timur

Pantai Pangi

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pantai Pangi jadi salah satu wisata alam yang recommended di Blitar Selatan. Pemandangannya masih alami dan memesona. Mau ke sini? Simak ulasannya dulu dalam artikel ini.

Sebagaimana diketahui, Blitar menjadi salah satu daerah yang berada di bagian selatan Provinsi Jawa Timur. Tak heran, bila kamu bisa melihat pantai selatan di wilayah yang jadi tempat peristirahatan terakhir Bung Karno ini.

Berbeda dengan pantai di daerah lain yang sudah banyak pengunjungnya, Pangi menjadi salah satu area yang belum banyak dikunjungi. Bahkan, banyak traveller yang menyebut destinasi wisata ini sebagai destinasi wisata yang masih perawan.

Daya tarik wisata dan keindahan Pantai Pangi

Bila kamu ke sini, ada banyak hal yang bisa didapatkan yang mayoritas adalah soal keindahan alamnya. Berikut ini adalah ulasannya untukmu:

Batu pengapit yang membuat lokasinya unik

Salah satu keunikan dari tempat ini adalah adanya batu pengapit di sisi kanan dan kiri. Batu ini seolah mengapit pantai dan jadi salah satu spot instagrammable karena tidak ditemukan di tempat lain.

Airnya sangat jernih dengan bebatuan yang terlihat jelas dari permukaan. Kamu juga bisa berfoto di atas bebatuan karang kecil dengan view lepas pantai yang kece banget.

Nelayan di Pantai Pangi Bersiap Berlayar
Nelayan di Pantai Pangi Bersiap Berlayar via googlemaps

Ciri khas ombak besar pantai selatan

Seperti halnya pantai dan laut selatan yang lain, Pantai Pangi juga memiliki ombak yang sangat besar. Maka dari itu, selama berwisata pengunjung dihimbau untuk tetap berhati-hati agar tidak terjadi tragedi yang tidak diinginkan.

Sebagaimana diketahui, tempat wisata di Blitar ini beberapa kali mengalami tragedi pengunjung yang terseret arus. Info seperti ini sebaiknya tidak membuatmu takut. Tapi gunakan sebagai sesuatu yang penting untuk lebih waspada saat berwisata.

Ombak Menerjang Batu Karang via instagram @cak_da
Ombak Menerjang Batu Karang via instagram @cak_da

Bermain air dan berenang di area wisata

Karena kejernihan air dan keindahan pemandangannya, kamu dan rombongan bisa bermain air di sini. Sekedar di pinggir pantai sambil main cipratan air atau berenang di area-area yang masih wajar. Bukan masuk ke bagian tengah, tapi masih di pinggir.

Selama bermain air dan berenang, kamu tetap harus mengutamakan keselamatan. Bilamana memang dilihat ombak sedang pasang sekali, sebaiknya jangan dilakukan.

 

Berenang di laut seru sekali bareng kamu
Berenang di laut seru sekali bareng kamu via instagram @stmn_jr

Pohon pinus dekat bibir pantai jadi spot yang meneduhkan

Lelah berlarian di bibir pantai atau kulit terasa tersengat matahari, kamu dan rombongan bisa sejenak merasakan teduhnya rerimbunan pohon pinus.

Di sini, kamu juga bisa sekalian berfoto untuk diunggah di sosial media. Hijaunya dedaunan, birunya laut, dan coklat dari bebatuan karang seolah kontras dan menghasilkan kombinasi warna yang indah bila dijepret dengan lensa kamera.

Foto dulu di depan Plang Pantai
Foto dulu di depan Plang Pantai via instagram @hasanmubarokh

Berkemah di area datar pantai Pangi

Destinasi wisata di Blitar ini juga menyediakan tempat untuk camping atau berkemah. Tepatnya di area datar dekat dengan pohon pinus. Jadi, selain tanahnya enak dipakai berkemah, udaranya juga sejuk baik saat siang maupun sore hari.

Kemah di Pantai Pangi Blitar Juga Bisa
Kemah di Pantai Pangi Blitar Juga Bisa via instagram @si_alvi

Ada telaga indah untuk mendapatkan air bersih

Bila kamu tidak berniat kemah, telaga ini bisa jadi tempat yang menarik untuk dinikmati keindahannya. Namun bila niat berkemah, fungsinya akan bertambah. Karena di sinilah kamu akan mendapatkan air bersih selama camping.

Telaga di sebelah pantai airnya jernih
Telaga di sebelah pantai airnya jernih via instagram @rosika_y

Alamat dan rute Pantai Pangi Blitar

Bila kamu berangkat dari pusat kota Blitar, silakan arahkan kendaraan ke selatan, yakni area perempatan Kawi. Ikuti terus jalan tersebut sampai di kecamatan Kademangan. Lalu ke selatan melalui jalan Trisula. Ikuti terus jalannya hingga tiba di kantor desa Tumpakkepuh.

Dari kantor desa ini silakan belok kanan hingga kamu menemukan pintu masuk ke Pantai Pangi.

Kalau bingung, silakan cari alamat Dusun Krajan, Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung, Blitar, Jawa Timur.

Harga tiket masuk pantai pangi dan jam bukanya

Harga tiket masuknya hanya Rp 8.000,- per orang. Bila parkir kendaraan roda dua akan dikenai tarif Rp 2.000,- per kendaraan. Sementara mobil dikenai tarif Rp 5.000,- per kendaraan.

Jam bukanya 24 jam setiap hari.

Berburu kuliner khas pantai via instagram @gao_alle
Berburu kuliner khas pantai via instagram @gao_alle

Di pantai pangi fasilitasnya lumayan lengkap dan kulinernya sangat murah. Jadi, recommended buat para pencinta makanan.

Featured Image Pantai Pangi Blitar via instagram @donyriff